#FiksiBlogfam Week 1: Outline

Januari 17, 2014 § 4 Komentar

Outline “Februa”

1: Februa atau biasa dipanggil Febi, cewek remaja kelas 2 SMA ini paling rempong di keluarganya. Selain karena dia anak cewek satu-satunya, juga karena dia anak tengah. Tapi sebenernya yang paling bikin dia rempong adalah, kenyataan bahwa dia lahir di 13 Februari, beberapa menit sebelom tengah malam. Kenyataan itu yang selalu bikin dia keki tiap kali ketemu orang, baik itu kenalan baru, maupun juga kenalan lama soalnya suka nebak-nebak/becanda soal “nanggung bener lahirnya udah deket banget sama Valentine’s Day”.

2: Februa punya beberapa temen deket cewek, yaitu Laura dan Jessy. Walaupun temen deket, mereka bedua juga suka ngebecandain waktu lahir Februa yang “nanggung banget” itu. Walau begitu, Laura dan Jessy juga paling vokal ngebela/ngejawab becandaan orang lain ke Februa. That’s what friends are for – adalah frasa yang paling sering diucap mereka betiga.

Selain jadi temennya Februa dengan segala kerempongannya, Laura dan Jessy juga punya kesibukan masing-masing. Laura sibuk dengan ngelakuin semua keinginan orangtuanya – mulai dari les balet, les piano, dan masih banyak lagi – walau sebenernya Laura lama-lama bosen dan pengen coba hal-hal yang beneran dia pengen seperti pencinta alam gitu. Sementara itu, Jessy sibuk dengan belajar dan belajar karena dia ngincer buat dapetin beasiswa. Maklum, Jessy berasal dari keluarga dengan kemampuan ekonomi pas-pasan, sementara Jessy pengen banget buat bisa lanjut sekolah sampe sarjana.

3: Suatu ketika, Februa, Jessy, dan Laura lagi ngumpul betiga dan ngomongin hal-hal yang masing-masing pengen banget. Februa pun ngomong kalo dia kepengen tanggal 13 Februari ga pernah ada, jadi dia bakal lahir di tanggal 14 Februari – pas Hari Kasih Sayang seluruh dunia. Sementara itu, Laura bilang kalo dia pengen keluarganya stop ngasih dia les macem-macem dan ngebebasin dia buat ngelakuin yang dia mau, dan Jessy ngarep supaya dia berasal keluarga yang ekonominya mampu banget.

Kelar ngomongin impian masing-masing, Februa pun keingetan kalo dia pernah baca di sebuah buku tua di perpus sekolahan kalo ada cara-cara tertentu gimana caranya bisa ngejalanin impian di kehidupan nyata sekarang. Salah satunya, bedoa sungguh-sungguh di saat bintang jatuh/komet lewat malam hari, sampe kemudian ketiduran. Dan, dalam waktu dekat kebetulan banget diramalin kalo bakal ada hujan meteor/komet lewat.

4: Di hari yang udah ditentuin kalo komet bakal lewat/meteor bakal rame bikin meriah langit malam, Februa, Laura, dan Jessy ngumpul bareng di rumahnya Februa. Mereka udah nyiapin buat bedoa sungguh-sungguh.

Lama nunggu sampe jam 11an, meteor/kometnya ga kejadian juga. Pas banget udah desperate dan mau tidur, eh… meteor/kometnya kejadian. Buru-buru deh Februa, Jessy, dan Laura bedoa sungguh-sungguh. Minta hal-hal yang jadi impian masing-masing, sampe kemudian lelah dan ketiduran.

5: Next day, Februa kebangun di kamarnya sendirian. Tidur di atas kasurnya, hampir ga ada yang berbeda di dalam kamarnya dengan beberapa hari sebelumnya kecuali Jessy dan Laura ga ada di sana. Dia pun mikir kalo Jessy dan Laura udah pulang duluan di pagi harinya. Ga pake mikir macem-macem, Februa pun keluar kamar dan langsung ke dapur ketemu Mama-nya. All things went as usual. Februa masih belom nyadar atau belom tau ada perubahan atau engga sampai kemudian… ada telepon dari Jessy.

Telepon dari Jessy langsung diangkat Februa dan Jessy bilang kalo dia bangun pagi ini dengan perubahan tertentu. Dia ga tinggal lagi di rumah sederhana, melainkan di kamar yang cukup besar dan rumah yang gedongan! Keluarganya ternyata jadi mampu banget secara ekonomi, dan Jessy pun langsung percaya kalo yang semalem dia minta dengan sungguh-sungguh kejadian.

Setengah ga percaya, Februa pun nelepon ke Laura buat mastiin apakah ada perbedaan. Lama ga diangkat-angkat, Februa pun mikir kalo Jessy boong. Taunya, Laura emang lagi ga bisa ditelepon karena dia lagi di perjalanan naik gunung. SMS pun Laura kirim ke Februa, ngasitau kalo dia lagi diajakin naik gunung dan udah berangkat sejak pagi-pagi banget!

Masih ga percaya, Februa pun nanya ke Mama-nya kapan dia lahir. Surprisingly, Mama-nya bilang kalo dia lahir di 14 Februari. Girang dong Februa.

6: Karena itu hari libur, Februa pun ga ke sekolah, tapi dia jalan-jalan bareng Jessy. Dan bener aja, Jessy berubah – dari tampilan aja langsung keliatan kalo dia jadi keluarga gedongan dan bukan lagi keluarga pas-pasan. Sambil becanda, Februa pun bilang “kalo tau yang semalem kita lakuin bakal berhasil, mungkin impian gue ga sekadar 13 Februari itu ilang. Tapi juga perdamaian dunia.”

Jessy pun jawab kalo Februa udah mulai kaya’ peserta putri kecantikan. Pemikirannya lebih dewasa ketimbang penampilan aslinya.

7: Laura yang lagi berpetualang di alam pun ngerasa asik banget bisa ngelakuin yang dia pengen. Kemping, bawa ransel, hiking, sampe rafting! Semua hal-hal yang ga pernah dia lakuin sebelomnya. Walau begitu, beberapa kali orangtuanya ngelakuin itu ga barengan sama dia. Kalo ga papanya doang, ya mamanya doang sama dia.

8: Buat ngebuktiin apakah keinginannya bener-bener terkabul, Februa pun ngecek kalender di rumahnya setelah ketemu Jessy. Dia nyari tau apakah tanggal 13 Februari masih ada, atau ilang beneran. Dan, dia kaget banget begitu tau setelah tanggal 12 Februari ya 14 Februari. Ga ada tanggal 13 Februari.

Masih dengan rasa penasaran, Februa pun nanya ke Mama-nya, sejak kapan tanggal 13 Februari itu ga ada. Mama-nya bilang kalo dia ga inget, yang pasti sejak Mama-nya kecil emang tanggal itu ga ada. Trus, Februa pun nanya lagi ke Mama-nya, kapan waktu persis dia dilahirin, Mama-nya pun bilang kalo dia lahir di 14 Februari pagi hari. Dalam hatinya, Februa pun mulai bingung kenapa jam lahirnya berbeda seperti sebelumnya, walau keinginan dia “cuman” minta 13 Februari ilang.

9: Jessy yang udah mulai ngerasa nyaman dengan kondisi ekonomi keluarganya yang lebih mampu, ternyata mulai ngerasa ada yang aneh di rumahnya itu. Orangtuanya yang sebelumnya sering banget dia temuin, sekarang jadi makin jarang ketemu. Trus, saudara kandungnya yang semula ada 3 orang, jadi tinggal 1. Itupun, dia ga kenal – berbeda dengan saudara kandungnya sebelumnya.

10: Laura yang lagi di alam liar, juga mulai ngerasa aneh sama gelagat orangtuanya yang ngajak dia jalan. Serba misah terus – ya makan, ya tidur, ya ngobrol. Hampir semuanya. Pada saat Laura nanya ke Papa-nya, dijawablah kalo Papa-Mama-nya Laura mau pisah – cerai. Beda sama kondisi sebelumnya, Papa-Mama-nya Laura itu nempel banget. Ga ada indikasi bakal cerai.

11: Laura, Februa, dan Jessy pun akhirnya mutusin buat ketemu lagi. Mereka ngungkapin keanehan-keanehan yang ditemuin masing-masing trus dibahas. Sambil masih ketakutan bakal ada kejadian apa selanjutnya, ketiganya kembali ke rumah masing-masing dan kemudian nunggu info pertemuan selanjutnya.

12: Februa, Laura, dan Jessy kemudian sadar kalo mereka ga cocok sama kehidupan yang dijalanin setelah ada hujan meteor/komet lewat itu. Ga bebas, kata mereka. Akhirnya, setelah cari-cari informasi soal hujan meteor/komet lewat lagi, yaitu beberapa hari lagi. Mereka pun akhirnya bikin janjian lagi buat jadi seperti semula.

13: Hujan meteor/komet datang lagi, kesempatan buat berdoa sungguh-sungguh pun butuh cepet buat dilaksanain. Berbekal perlengkapan/peralatan sederhana, Februa, Laura, dan Jessy bedoa sungguh-sungguh lagi. Kali ini di rumah Februa lagi, dan kemudian mereka ketiduran lagi. Besok harinya, semuanya balik seperti semula dan Februa, Laura, Jessy ga lagi-lagi berusaha buat ngewujudin impian mereka pake cara yang aneh-aneh lagi.

Penghuni Baru di Rumah

Desember 30, 2013 § 8 Komentar

Kalo rumah kedatangan penghuni baru, pasti ada rasa “excitement” yang susah dijelasin. Apalagi, kalo penghuni itu punya fungsi dan kegunaan yang bener-bener diperluin di rumah. :mrgreen:

Bukan, bukan orang kok. Penghuni baru ini perangkat elektronik, tepatnya Pioneer X-CM51V-K. Perangkat elektronik yang serba-bisa, karena bisa buat “muter” DVD Video, DVD R/RW, CD Audio, CD R/RW, USB, lewat jaringan, sampai dengan iPod dan iPhone!

Pioneer X-CM51V-K

Pioneer X-CM51V-K

Ga sabar buat cepetan pasang dan cobain segala macam fiturnya.. :) Apalagi jelang taun baru gini, pas banget rasanya buat test drive kemampuan suaranya pas malam taun baru nanti.. :mrgreen:

Jelang taun baru, ada penghuni baru juga ga di rumah kamu?

Akhir Tahun, Saatnya Belanja?

Desember 16, 2013 § 11 Komentar

SALE!

Keramaian di Myeongdong, kawasan Hyper-Shopping di Seoul, Korea Selatan. Foto diambil pada 15 Des 2013 malam hari.

Keramaian di Myeongdong, kawasan Hyper-Shopping di Seoul, Korea Selatan. Foto diambil pada 15 Des 2013 malam hari.

Begitu tulisan di berbagai tempat yang saya temui belakangan ini. Sale alias jual barang dengan potongan harga atau bisa juga disebut dengan obral, sepertinya lazim ditemui di berbagai toko. Apalagi akhir tahun begini – sepertinya karena mau ganti stok barang baru atau apalah alasan pastinya saya kurang tahu.

Anyway, walau riilnya ada sale bukan berarti semua barang bakal dijual dengan potongan harga. Ada juga kok yang tetap dijual tanpa potongan harga. On budget atau engga, itu yang tergantung si pembeli. Yang harus dipastiin adalah, kita membeli yang kita perlu – atau, kelak kita perlukan. Iya, saya masukin kata “kelak” karena bisa jadi saat ini “kita beli yang kita inginkan” yang suatu waktu nanti jadi “kita butuhkan”.

Bingung? Ya.. intinya sih kalo mau belanja ya tinggal belanja aja. Apalagi akhir tahun begini. Kenapa? Begini…

  1. Seperti yang udah saya bilang sebelomnya tadi, saat akhir tahun itu kebanyakan toko/penjual bakal ngasih sale ke barang-barang dagangannya. Nah, kalo beberapa waktu sebelumnya udah bikin daftar incaran barang yang mau dibeli, sekaranglah saatnya buat beli siapa tau dapet potongan harga kan?
  2. Toko/penjual mau ngapdet stok barangnya buat tahun mendatang, jadi stok barang yang sekarang diabisin dulu. Engga, belom tentu stok barang yang sekarang bakal ketinggalan mode/jaman di taun depan, bisa jadi malah barang yang ada sekarang lebih ngehits atau ngetren ketimbang yang taun depan. Ini lebih ke soal pertimbangan toko/penjual yang pengen selalu ngapdet stoknya, supaya ga berlama-lama di gudang/penyimpanan. Soalnya, semakin lama berada di penyimpanan, semakin bertambah juga biayanya atau peluang kerusakannya. – Yang pernah belajar production planning pasti ngerti perihal ini. *lirik kartu mahasiswa Teknik Industri*
  3. Nah, di nomer 2 kan saya udah bilang kalo bakal ada stok baru ya. Biasanya juga di periode akhir tahun gini, stok baru itu ada yang muncul duluan dengan harga promo. Nah, ini kesempatan juga buat beli barang baru dengan harga yang masih “bersahabat” sebelom orang lain. Apalagi, kalo lagi di luar negeri (kaya’ saya beberapa hari terakhir). :mrgreen:

Trus, kalo udah dapet alesan sebenernya buat belanja – apapun itu, ya.. rencanain dengan matang. Jangan sampe out of budget yang bikin kepala pusing di bulan depan. :mrgreen: Apalagi, kalo harus belinya di toko yang letaknya jauh dari rumah, sementara ada juga toko online macam Zalora yang barangnya bisa diantar dan bayar di rumah. Emang sih experience-nya beda, tapi ga ada salahnya kan? :)

Jadi, udah siap belanja akhir tahun?

#InKorea: Week 1, 4-10 Des 2013

Desember 12, 2013 § 12 Komentar

Nyambung postingan sebelomnya soal berangkat ke Korea, berikut ini recap seminggu pertama di Korea. Ya, aslinya panjang-panjang sih – alias banyak yang terjadi di setiap harinya. tapi ya, dirangkum aja biar lebih hemat waktu ngetiknya. :mrgreen:

Day 1 – 4 Des: Rahang Nyut-Nyutan
Keimigrasian di Korea Selatan kemaren pas saya dateng itu lumayan cepet & friendly. Sesuai beberapa review. Beda sama waktu di Sydney kemaren. – it will be another story to be told (kalo ga lupa). Trus setelah ketemu jemputan, langsung menuju penginapan yang udah di-book. Namanya? Nanti aja ya, kalo saya udah pulang. Yang pasti ajib punya.

Kelar beberes, makan brunch atas kebaikan tawaran dari pengurus penginapan, trus saya ketiduran gitu di tengah-tengah diskusi. :lol: harap maklum, semalemnya saya kan susah tidur. #pembenaran. Anyway, setelah dirasa agak fit, sorenya pun jalan-jalan bentar ke sekeliling dan nemu TrickEye Museum yang ternyata sekomplek sama Ice Museum. 15.000 Won udah dapet 1 tiket terusan buat masuk ke dua tempat itu. Mau tau apa aja yang ada di TrickEye Museum & Ice Museum? Review lengkapnya dibikin ntar lagi, atau di tempat lain aja ah :P

#LevitasiHore level TrickEye Museum

#LevitasiHore level TrickEye Museum

Kelar dari situ, gathering lagi semuanya dan kita cari makan malam. Sepulangnya, sebagian dari kekhawatiran saya sebelom berangkat terjadi juga. RAHANG SAYA NYUT-NYUTAN! (sebelom berangkat saya khawatirnya gigi saya yang nyut-nyutan). Mungkin karena dingin, mungkin karena gigi bolongnya berulah, dan lain-lain. Yang pasti, selama 1-2 jam di malam itu saya sibuk nyari info soal dokter gigi, minum pereda sakit dll sampe akhirnya terlelap.

Day 2 – 5 Des: Team Prep
Setelah hari pertama yang diselimuti rasa dingin di mana-mana, hari kedua ini diisi meeting setim. Intinya, hari ini bahas kerjaan. Apa aja yang dibahas, itu ga saya share di sini ah. Rahasia perusahaan. :mrgreen:

Anyway, di hari kedua ini juga mulai masak-masak sendiri di guesthouse yang disewa. Selain biar hemat, juga biar tau apa aja lauk yang dimakan. Kalo makan di luar kan, rada sulit buat ngenalin lauknya – kecuali kalo ada tulisan bahasa Inggrisnya. Bahan makanannya? Udah dibeli di hari pertama kemaren kelar dari cari makan malam.

Day 3 – 6 Des: Jumatan
Salah satu pencapaian di hari ini adalah datang ke Seoul Central Masjid di Itaewon buat Jumatan. Perasaan begitu seneng banget bisa ketemu masjid & Jumatan, walau letaknya lumayan jauh dari penginapan. Pada saat berangkat, udah sempet pesimis bakal dapet Jumatan karena waktunya udah mepet. Alhamdulillah, karena udah ada yang pernah ke sana serta khutbahnya 3 bahasa, jadilah masih keburu buat Jumatan!

Seoul Central Masjid, Itaewon

Seoul Central Masjid, Itaewon

Sepulangnya dari Masjid, sambil nikmatin suasana Seoul, juga mampir bentar ke kawasan N Seoul Tower. Salah satu “menara” tertinggi di Asia, yang juga jadi landmark kota Seoul. Oiya, di kawasan N Seoul Tower ini jadi satu sama salah satu lokasi “terkenal” soal cinta lho. Yaitu, lokasinya gembok cinta. Konon katanya, kalo pasangan yang pasang gembok di sini, hubungannya bakal bertahan sepanjang masa (gemboknya belom lepas *eh*).

Gembok Cinta N Seoul Tower

Gembok Cinta N Seoul Tower

Day 4 – 7 Des: “Ibadah” ke Stadion
Sempet ngobrol sama beberapa temen, katanya tiap orang kalo ke kota atau negara lain punya ciri tersendiri yang dilakonin. Saya pun mikir, apa ya ciri yang saya lakuin? Ternyata hampir ga ada. Kalopun ada, sepertinya adalah kesukaan saya buat jalan sendiri aja – solo trip menyusuri jalanan kota atau ngunjungi apa yang ada di situ, tapi ga ada di Indonesia. Tapi, kaya’nya itu udah mainstream ya, banyak orang yang ngelakuin. Akhirnya, per kali ini saya pun mencoba sesuatu yang baru. Yaitu, mengunjungi stadion sepakbola!

Yups, di hari keempat ini saya sempetin diri buat “ibadah” ke stadion sepakbola di Seoul – Seoul World Cup Stadium. Konon, stadion ini terbesar di Asia – saat ini. Stadion ini juga yang dipake buat pembukaan World Cup 2002 lalu (kalo ga salah sih). Komentarnya? MEGAH! Trus yang bikin lebih tercengang lagi adalah… ternyata selain jadi stadion, juga ada mall hypermarket & bioskop gitu. :lol: Jadi komplek belanja gitu – mungkin supaya kalo stadion lagi sepi (ga ada pertandingan) kawasannya tetep hidup kali ya. Secara deket-deket situ ada komplek rusun.

Nampang dikit depan Stadion Seoul World Cup

Nampang dikit depan Stadion Seoul World Cup

Day 5 – 8 Des: DMZ & Makanan Indonesia!
Korea – 2 negeri yang terletak di semenanjung antara China dan Jepang ini sebenernya adalah sebuah negara yang terbagi 2. Utara dan Selatan. Singkat cerita, kedua negara ini masih dalam kondisi berperang, karena sejak konfrontasi terbuka terakhir pada era 1950an, kondisi “damai”-nya tercapai dalam gencatan bersenjata. Ga ada sama sekali kesepakatan mengenai perdamaian. Makanya kadang-kadang kedengeran aja gitu berita soal Korea Utara yang “usil” ke Korea Selatan, ataupun Korea Selatan yang dianggap melanggar kedaulatan Korea Utara.

Eh.. itu pengantarnya kepanjangan. Intinya sih, di hari ini saya ikutan tur ke DMZ – De Militarized Zone (CMIIW). Yaitu kawasan perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Secara resmi, kawasan ini dijaga kedua belah pihak supaya ga ada pelanggaran perbatasan/kedaulatan. Katanya pula, kawasan ini terjaga alami selama 50 tahun terakhir karena ga ada aktivitas apapun. Lengkapnya, gugling aja yak.. :P

Salah satu spot DMZ

Salah satu spot DMZ

Eiya, kalo mau ikutan tur DMZ ini, ada 3 macem (AFAIK), yaitu tur pagi jam 08-14, tur sore 12-18, dan tur seharian. Kalo tur pagi dan tur sore, itu bisa jadi tujuan yang dicapainya sama, yakni: Imjin, DMZ, 3rd tunnel. Kalo seharian, bisa jadi lebih banyak yang dikunjunginya – saya ga tau soalnya kemaren ikut yang tur pagi doang. Eiya, kalo mau ikutan tur DMZ yang ada agenda mengunjungi 3rd tunnel, pastiin aja bawa minum botolan, dan siapin fisik yang cukup kuat. Soalnya, nanti bakal naik turun ke terowongan bawah tanah – yang dulunya (katanya) disiapin Korea Utara buat nyerang ke Korea Selatan. Naik turunnya lumayan jauh, 350 meter secara jarak – 75 meter ke dalam tanah. Trus udah gitu, lebih dalem lagi sekitar 250an meter di dalam terowongannya.

Eh.. eh.. di hari yang ini juga, kelar tur DMZ, turun di Itaewon (kawasan yang deket sama pangkalan tentara US) trus banyak penduduk muslim juga. Berhubung siang, jadinya cari makan siang di sekitar situ TRUS NEMU RUMAH MAKAN INDONESIA, dong! *joget pisang* Namanya Siti Hajar, letaknya di Itaewon mengarah ke Seoul Central Masjid. Kemaren pun (akhirnya) makan rawon plus tahu isi. NIKMAT!

Kelar dari situ, sambil jalan pulang menuju penginapan lagi ngelewatin aja ke War Memorial of Korea yang jadi tempat “penyimpanan” dari perang Korea di 1950-an.

Day 6 – 9 Des: “Mampir” KBRI
Dulu, saya pernah punya cita-cita buat kerja di luar negeri. Maksudnya, jadi tenaga ekspat di negeri asing gitu – TKI terlatih gitu deh. Kalopun ga bisa jadi TKI, ya… minimal jadi staf di KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia). Tapi ya, mungkin cita-cita itu belum (saatnya) terwujud. Yang terwujud justru “mampir” di KBRI. Tadinya mau lapor diri – konon katanya harus lapor diri, tapi ternyata ga harus dan jadilah hari ini ketemuan sama beberapa staf/atase untuk keperluan pekerjaan.

Future Indonesia's Ambassador for Korea

Future Indonesia’s Ambassador for Korea (amin! amin! amin!)

Eiya, ada cerita unik dikit dari perjalanan hari ini. Jadi, sebelum naik kereta menuju halte terdekat ke KBRI, ketemu sama seorang WN Korea buat nanya arah. Ternyata, dari situ malah dapet info soal acara di salah satu gedung di Seoul yang berkaitan sama pekerjaan. Jadi, setelah kelar dari KBRI dan gagal makan siang masakan Indonesia (di Café Terima Kasih deket KBRI), jadilah menuju ke acara itu. Dan… rencana itu bisa dibilang SUKSES! (ga dibahas di sini karena itu keperluan pekerjaan)

Day 7 – 10 Des: Team Prep 2 & Namdaemun
Berkaitan dengan pekerjaan, hari ini juga dipenuhi dengan meeting setim. Ngebahas rencana dan juga goals. Singkatnya, sibuk dari pagi sampe sorean. Agak malamnya, baru deh nyempetin jalan ke luar penginapan. Ya.. semacam survei tempat gitu deh. Baik untuk sekadar tau, ataupun buat balik lagi. :mrgreen:

Eiya, di hari ini survey tempat ke Namdaemun. Di situ ada salah satu pasar/market tertua yang ada di Seoul. tapi, berhubung udah agak sore dan jelang malam ke sananya, jadinya kebanyakan toko udah tutup. Ada stall di pinggir jalan, juga udah mulai tutup sebagian karena makin malem makin dingin. Anyway, sempet bingung juga mau ke Namdaemun itu lewat mana, karena ga ada petunjuk yang bilang kalo itu Namdaemun Market. Tapi… setelah nanya ke para petugas (baik hati) yang pake jubah khusus bertuliskan “tourist information” jadilah ga nyasar. Survey sukses!

Christmas is coming to Namdaemun.

Christmas is coming to Namdaemun.

Kamu pernah ke salah satu tempat yang disebutin di atas ga?

Tempat Kopdar Paling Seru di Jakarta: Menurut Gue

Desember 10, 2013 § 12 Komentar

Planetarium! *nyebut Planetarium buat jawab judul :P *

Gedung Planetarium Jakarta (dilihat dari sisi barat)

Gedung Planetarium Jakarta (dilihat dari sisi barat)

Sebagai salah satu lokasi yang jadi lokasi wajib kunjung buat para penggemar langit – astronomi, ilmu bintang, atau bahkan edukasi mengenai luar angkasa, Planetarium juga cocok buat jadi tempat kopi darat (kopdar) yang seru! Ralat, khusus buat blogpost ini, Planetarium itu tempat kopdar PALING SERU di Jakarta. :mrgreen:

Kenapa? Nih.. begini ya.. « Read the rest of this entry »

#InKorea, the beginning

Desember 5, 2013 § 16 Komentar

Tae Kwon Do, seni bela diri itu yang pertama kali mengenalkan saya terhadap negara Korea Selatan. Begini-begini, saya sempat menyandang ban (sabuk) biru Tae Kwon Do, setara dengan level 4 di seni bela diri yang lain. Saya sebut sempat, karena sudah lama saya tak berlatih, dan gerakan-gerakannya pun banyak yang lupa. Anyway, balik lagi ke negeri Korea Selatan itu sendiri, akhirnya saat ini saya punya kesempatan buat mengunjunginya. Tak hanya mengunjungi, bahkan stay beberapa minggu untuk urusan pekerjaan.

Kunjungan ke Korea Selatan kali ini, adalah kunjungan pertama saya. Tapi, kalo dibilang kunjungan ke negeri Asia Timur, atau kunjungan ke negeri dengan tulisan simbol (bukan tulisan latin) adalah kunjungan kedua saya – sebelumnya, saya kunjungan ke China. Trus, kalo kunjungan ke negeri saat winter, ini berarti ketiga kalinya – kedua kalinya dalam setahun terakhir #penting.

Bintang Korea, musik Korea (K-Pop), hingga serial drama Korea belakangan ini memang booming. Artis-artis Korea pun sudah cukup sering yang kunjungan atau menggelar konser di Indonesia. Bagi yang tidak terlalu memperhatikan, mungkin mengira artis-artis Korea itu sama saja dengan artis Mandarin. Padahal beda. Tapi ya, blogpost saya ga bakal ngebahas itu sih. :mrgreen: Melainkan, ngebahas perjalanan saya.

Sejak mid-November saya sudah tahu bakal ke Korea untuk beberapa minggu. Sejak itu pula saya mulai bikin list apa aja yang harus disiapin, karena di periode kunjungan saya kali ini bertepatan dengan winter. Iya, winter alias musim dingin. Lagi-lagi dalam setaun ini saya bakal ke negara yang lagi winter. Pakaian dalam yang bisa menahan tetap hangat, jaket winter, dan lain-lain sudah saya siapin dalam list. Trus, berkat info & juga meminjam sana-sini, akhirnya didapatlah semuanya. Alhamdulillah, senangnya punya banyak teman yang membantu.

Selain list, juga nyiapin uang buat selama di sini. Setelah nyari ke beberapa money changer & liat kurs sana-sini, ternyata susah juga nyari Won di Indonesia. Setelah cari-cari tahu dan juga berkat informasi rekan setim yang berangkat bersama, akhirnya dapatlah Won dengan kurs yang acceptable di Ayu Masagung, lokasinya di Toko Gunung Agung Kwitang.

Setelahnya nyiapin obat-obatan pribadi, keperluan pribadi, dan beberapa hal kecil seperti dokumen perjalanan dll. All set, all packed, and here I go!

Berangkaaaaaatttt!

Night Flight to Korea

Night Flight to Korea

Berangkat dari Soekarno-Hatta International Airport itu malam hari Selasa kemarin. Maskapai Korean Air jadi pilihan buat terbang dari Soekarno-Hatta menuju Incheon. Kenapa Korean Air & penerbangan malam? Karena Korean Air tarif totalnya saat dibandingkan dengan maskapai lain lebih murah, dan penerbangan malam karena itu direct flight – ga ada transit. Penerbangan malam untuk jarak jauh itu ada untung dan risikonya buat saya, untungnya ga perlu capek-capek turun-naik pesawat, risikonya bisa bosen kalo ga bisa tidur sementara film-film yang disediain di pesawatnya lagi ga menarik perhatian. Dan, risiko itu terjadi kemarin! *doh*

Oiya, sebelum-sebelumnya saya sempet mikir kalo naik maskapai penerbangan asing dari Jakarta-Indonesia menuju tujuan, pasti semua pramugarinya ga ada yang bisa ngomong bahasa Indonesia. Paling banter, ngomongnya ya bahasa Inggris. Tapi ternyata, di Korean Air kemaren ada seenggaknya 2 orang pramugari yang bisa ngomong bahasa Indonesia. Kaya’nya, ada aturan internal gitu kali ya buat menarik penumpang Indonesia ga takut naik maskapainya. Kalo maskapai lain ke tempat tujuan lain macam Belanda/Jerman gitu, gimana ya? *siap-siap bikin itinerary project ke sana* *eh*

Trus… trus… trus… nanti aja ya diapdet lagi. :mrgreen:

Kamu pernah ke Korea ga? Pengen ke Korea juga?

Siapa Mau Tinggal di Sinar Mas Land?

November 26, 2013 § 7 Komentar

Pertengahan tahun 2004 saya hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan kuliah. Di saat itu saya masih “hijau” akan Jakarta dan sekitarnya. Bisa dibilang, salah naik bus atau baru pertama kali naik bus ke jurusan yang baru saja, saya akan ketakutan setengah mati akan nyasar dan ga bisa pulang. Maklum, ada semacam “culture shock” yang saya alami dengan perpindahan dari sebuah kota madya ke kota metropolitan.

Berkat pindah ke Jakarta pula saya mulai sering mendengar mengenai Sinar Mas Land. Pada waktu itu, beberapa teman kampus saya ada yang tinggal di Serpong, Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi. Saya sendiri yang masih “hijau” akan Jakarta, hanya bisa manggut-manggut ketika mereka berbicara mengenai kawasan-kawasan seperti BSD City, Grand Wisata, Legenda Wisata, dan lain-lain yang menjadi proyek hunian dari Sinar Mas Land.

Moda transportasi yang beragam, kawasan perumahan yang tertata, kawasan pelayanan terpadu, adalah sebagian dari konsep kawasan yang jadi salah satu model hunian impian saya. Dan itulah gambaran yang saya dapatkan dari cerita-cerita mengenai Sinar Mas Land.

Berkat penasaran dan ingin tahu lebih jauh, saya pun coba mengunjungi sendiri kawasan terpadu yang masih grup dari Sinar Mas Land. Saya mengunjungi BSD City & Legenda Wisata sebagai dua dari sekian banyak proyek hunian yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Ternyata benar seperti cerita yang telah saya dengar, kawasan-kawasan tersebut merupakan kawasan terpadu: ada hunian, tempat belanja kebutuhan sehari-hari, akses transportasi (jalan raya, jalan perumahan, maupun juga shuttle bus), hingga sekolah, taman bermain, dan area terbuka hijau.

Peta BSD City - contoh pengembangan kawasan hunian terpadu milik Sinar Mas Land

Peta BSD City – contoh pengembangan kawasan hunian terpadu milik Sinar Mas Land

Kota satelit – kalo merujuk istilah yang saya pelajari sewaktu sekolah dulu. Adalah sebuah kota yang berada di sekitar kota utama, namun memiliki fasilitas-fasilitas mandiri yang membuat warganya tak selalu tergantung kepada kota utama. Proyek-proyek hunian: residensial maupun kawasan dari Sinar Mas Land menurut saya berjenis kota satelit ini.

Salah satu hal yang patut dicermati dari kota satelit – kawasan terpadu di Sinar Mas Land ini adalah.. kualitas kehidupan dari para penduduknya. Seperti sudah diketahui, masih di dalam satu kawasan hunian saja, seluruh kebutuhan dapat terpenuhi. Sudah hampir dapat dipastikan, warganya akan lebih kecil risiko dari stress, terhindar dari kemacetan tak perlu, serta diliputi rasa aman.

Bisa dibayangkan jika menjadi penduduk dari kawasan terpadu Sinar Mas Land itu, kegiatan hariannya apabila tak ke kota utama adalah bangun pagi disuguhi matahari cerah dan kawasan terbuka, lalu ke pusat perbelanjaan atau mengajak main keluarga, atau mengantar ke pusat pendidikan seperti sekolah dan universitas. Ga perlu takut nyasar karena salah bis. Ga perlu juga bermacet-macet ria di perjalanan jauh. Hidup rasanya lebih tentram.

Saya sendiri, sebagai warga ibukota Jakarta punya mimpi untuk memiliki properti di kawasan terpadu Sinar Mas Land. Bukan sekadar untuk “menyingkir” dari ibukota, melainkan juga untuk mendapatkan best living moment bersama keluarga. Jadi, kalo ditanya “Siapa mau tinggal di proyek huniannya Sinar Mas Land?” Saya pasti bakal (ikutan) jawab “SAYA MAU!”

Kalo kamu, mau ga tinggal di proyeknya Sinar Mas Land?

NB: blogpost ini tengah saya ikutsertakan di Sinar Mas Land Writing & Photo Contest 2013.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.227 pengikut lainnya.