Tas Gunung

November 23, 2016 § Tinggalkan komentar

Tas, kantung (lazimnya berukuran besar) yang digunakan untuk membawa barang-barang, bisa dibedakan menjadi berbagai macam nama turunan bergantung kepada jenis/model, pemakai, bentuk, sampai dengan kapan dipakenya.

Sejak kecil sampai dengan dewasa sekarang, sepertinya sudah belasan atau puluhan tas saya gunakan. Baik itu untuk keperluan sekolah, perjalanan jauh, sampai dengan bekerja. Beragam model dan ukuran pernah saya gunakan, pun juga warna dan bahan. Sedikit banyak, dari sekian banyak tas tersebut yang paling saya gemari adalah tas ransel — tas punggung berukuran cukup besar yang biasanya dirilis oleh produsen keperluan mendaki gunung.

Yep, you read that right: tas gunung, tapi bukan yang buat mendaki ya. Atau bisa juga dibilang tas buat outdoor yang ukurannya lebih kecil daripada buat mendaki.

Alasan saya memilihnya? Sepertinya sederhana, sbb:

  1. Isian/kantongnya banyak. Mulai dari yang paling kecil hingga paling besar. Mulai dari yang mudah diakses seperti di samping, sampai dengan yang kantung utamanya. Kantongnya banyak tersebut memudahkan saya untuk membawa beberapa barang dengan jenis berbeda — jika/saat diperlukan, tanpa harus membawa organizer lagi dan atau menyesuaikan tata letak di dalam lagi.
  2. (Biasanya) Bahannya tahan lama. Iya, serius. Tahan lama dalam artian bisa digunakan lebih dari 1-2 tahun. Buat saya, tas yang digunakan sehari-hari bisa berumur lebih dari 1-2 tahun itu hebat. Belum lagi kalopun rusak — biasanya, rusaknya justru di retsleting atau kaitan antara selempang dan bodi tas. Itupun masih bisa diperbaiki lagi — walau tentu kualitasnya berbeda dengan yang baru.
  3. Ringkas. Tas gunung identik dengan bentuknya yang ringkas, karena tujuannya tentu untuk memudahkan pergerakan dan tidak perlu takut nyangkut atau membuat susah berjalan.
  4. Dilengkapi tempat-tempat yang strategis untuk menambahkan aksesori. Iya, seperti gantungan kunci, pin, dan masih banyak lagi. Tapi ini sepertinya subyektif saya aja, karena mungkin saya ga tau apa fungsi aslinya jika digunakan untuk naik gunung.😆

Beberapa merek produsen keperluan mendaki gunung yang merilis tas gunung yang saya kenal dan pernah saya gunakan antara lain Alpina, Eiger, Bodypack (ini kaya’nya bukan ya..), sampai dengan Consina. Khusus untuk merek terakhir — Consina, ini yang belakangan masih saya gunakan. Harganya juga bervariasi, namun cenderung di range 250rb-500rb. Harga-harga tersebut sudah cukup untuk mendapatkan tas gunung yang bagus dan fungsional.

Anyway, alasan saya menggunakan tas gunung juga karena belakangan modelnya makin modis — sederhananya dari warna yang lebih ngejreng dan ga kalem lagi. Lebih kekinian kalo kata anak jaman sekarang!

Kalo kamu, suka pake tas macam apa?

Nge-sosmed

November 16, 2016 § Tinggalkan komentar

Friendster. Social media pertama yang saya kenal dan saya pake. Kalo ga salah sejak jaman SMA sampe dengan masa-masa akhirnya saya masih pake. Dulu fitur di dalamnya yang biasa dipake udah jelas testi dan juga buletin. Trus kemudian ada blognya. Kurang lebih, di FS (singkatan populernya dulu) saya jadi belajar nulis dan juga belajar cara komunikasi via tulisan yang baik dengan orang lain.

Lanjut kuliah, Facebook mulai rame dipake banyak orang. Meski masih susah pindah platform, akhirnya punya akun juga di sana. Dan makin kepake banget waktu mulai kerja di grup Gramedia — lebih karena ngelola komunitas kerjaan waktu itu dan juga facebook page. Tapi masih berasa ada yang kurang, alhasil blog yg di friendster dimatikan dan pindah ke blogspot trus pindah ke sini — ke wordpress ini.

Setelah itu, tinggal sejarah karena kemudian berbagai channel social media dicoba-coba dan punya akunnya. Sebutlah twitter, plurk, koprol (waktu itu), dan masih banyak lagi.

Dulu saya awal-awal aktif di social media (nge-sosmed) ga lain buat jaga komunikasi dan hubungan dengan teman-teman lama (halah). Maklum lah, SMP dan SMA di kota mana, kuliah dan kerja di kota mana. Jadi udah hampir pasti jarang ketemu — kalo ga dibilang ga pernah ketemu (lagi). Pun waktu dulu kaya’nya pemikirannya masih sederhana, nge-sosmed ya macam ngobrol online meski ga live chat (mIRC dan aplikasi lainnya).

Makin ke sini, disebabkan oleh “booming”-nya tata cara pemasaran (marketing) yang baru via digital, social media pun kemudian dikenal dan dipake banyak orang. Juga kemudian dipake sama banyak merek/produk terkenal buat nyampein materi promosi/pesan-pesannya. Yang juga jadi salah satu pekerjaan saya — nge-sosmed.

Dulu-dulu waktu masih awal nge-sosmed, beberapa temen seangkatan saya bingung dan bertanya-tanya: ngapain sih kerjaannya internetan dan aktif di social media mulu — kaya’ ga ada kerjaan yang lebih produktif aja. Tapi kemudian mereka juga tau sendiri kalo ternyata social media channel itu bisa banget dipake buat banyak hal. Pun juga banyak orang yang lebih memilih untuk dihubungi via social media-nya — kalo ga tau kontak langsung buat japri.

Belakangan apakah masih nge-sosmed? Jelas masih. Tapi cara makenya ga sama lagi seperti di awal-awal dulu. Bandinginnya gini: dulu login paling banter seminggu 3-4x, sementara sekarang bisa tiap hari. Eh, salah ya?😛 Oke, diulang.. Dulu pake sosmed sering banget ngepos apapun, di-share ke publik pula. Sekarang? Masih ngepos, tapi publish cukup buat diri sendiri. Dulu asik banget diskusi di sana-sini, sekarang? Sesekali aja, seperlunya aja. Dulu ngepromoin akun social media buat nambah temen/followers/dikenal banyak orang. Sekarang? Biarlah organik aja. Bahkan bisa dibilang lebih selektif lagi buat approve jadi temen — kalo pake sistem approval.

Berubahnya cara pake social media itu ga serta-merta, tapi bertahap kok. Perlu beberapa bulan sampai dengan setahun. Pun dengan sebab yang kebanyakan eksternal: BISING. Yep, you read that right. Social media cenderung bising karena seperti yang banyak orang tau, masing-masing orang ibarat pake toa ngumumin hal-hal individu-nya.

Engga, saya ga ngenilai yang suka koar-koar atau publish terus ke khalayak ramai itu salah. Engga ya. Itu hal personal, dan layak untuk dimaklumi saja. Karena dasarnya karakter tiap orang kan beda-beda. Pun dengan proses belajarnya. Begitu juga dengan fase perubahannya. Saya juga ga ngajakin supaya semuanya sama seperti saya. Saya cuma ngasitau fakta aja — meski kebacanya seperti komen. That’s it.

Kamu masih nge-sosmed di mana aja?

Coolpad Sky 3: Lengkap dan Melengkapi

Oktober 14, 2016 § 3 Komentar

Awal taun lalu, saya pernah ngepost kalo hape yang pernah nemenin saya cukup lama dan jalan ke sana-sini rusak. Aktivitas sempat terganggu, karena beberapa keperluan saya bisa dipenuhi oleh hape tersebut. Foto-foto, musik, internetan, sampai dengan catatan yang muncul di kepala. Alhamdulillah, pertengahan tahun istri tersayang ada rejeki lebih untuk beliin pengganti yang sepadan — secara fungsi sudah terpenuhi meski speknya beda. Tapi tetep, dalam hati bedoa khusyuk supaya suatu saat nanti punya rejeki lain, kali-kali dapet yang speknya setara juga. Kan kaya’ generasi langgas (millenials) lainnya yang ga cukup punya hape 1 aja.😛

Fast forward sedikit, saya pun ketemu dengan Coolpad Sky 3. Hape yang di pasaran berharga Rp 2.399.000 ini menarik perhatian saya banget, apalagi beberapa speknya kayanya cocok sama keperluan saya: RAM 2GB, dual camera masing-masing 8MP, dan ukuran layar yang cukup gede, seperti yang dilansir Tabloid Pulsa. Terlebih ketika tau OS-nya yang udah Marshmallow dan secara fisik ramping pula. Udah deh, ngebet banget. Dan namanya rejeki ya, sampailah ke tangan saya.:mrgreen:

img_20161012_124318

Daily Companion. Originally posted on Instagram @billykoesoemadinata


foto di atas diambil menggunakan hape lain dan dipost di instagram saya menggunakan filter.

Udah sekitar seminggu lebih saya pake hape Coolpad Sky 3 ini — meski tanggal di foto di atas tanggal 11 Okt. Satu kata awal untuk hape ini adalah LENGKAP. Sesuai dengan speknya, hape ini melengkapi kebutuhan saya mulai dari foto-foto, internetan, musik, sampai dengan bikin catetan. Layarnya lebar, cukup buat jari-jari saya yang panjang dan gede untuk ngetap (ngetik) dengan nyaman. Meski begitu, tetep masuk ke dalam kantong saya, jaket maupun juga celana panjang.

img_20161011_094237

Fit for my pocket. Originally posted on instagram @billykoesoemadinata


foto diambil menggunakan kamera dslr

Selain nyaman untuk ngetik, saya belum ngalamin namanya ngelag pas lagi pake hape Coolpad Sky 3 ini. Mungkin karena masih baru, mungkin juga karena RAM-nya yang 2GB, mungkin juga karena prosesornya yang mumpuni, atau mungkin karena hapenya belom (dan mudah-mudahan ga bakal) saya installin banyak aplikasi. Manapun alasan aslinya, yang penting nyaman untuk digunakan — karena kalo udah nyaman, pasti bakal nempel terus bukan? :p

Meski begitu, saya sebagai pengguna hape sejak lama *halah*, pas awal-awal pake agak bingung juga karena ga ada kontainer untuk menu. Jadi langsung via desktop gitu. Usut punya usut, ternyata hape jaman sekarang rata-rata begitu sih ya. Jadi ya saya yang harus menyesuaikan. Pertama-tama agak bingung emang — ga biasa, tapi lama-lama kok ya rasanya lebih praktis. Tinggal buka kunci dan bisa langsung pake aplikasi yang dibutuhin. Lagipula, ada opsi folder untuk nampung aplikasi-aplikasi yang dibutuhin kalo emang berasa penuh banget layarnya atau kebanyakan page.

Salah satu fitur bawaan yang sekarang cukup bikin saya nyaman juga adalah “Theme”, “Rock Wallpaper”, dan “c” button yang bisa dipindah-pindah. Theme nyaman karena saya bisa pilih theme yang cocok buat Coolpad Sky 3 saya tanpa harus takut ga compatible — seperti kalo download terpisah di google playstore. Rock wallpaper juga bikin nyaman karena saya gampang buat ganti wallpaper hape tanpa harus buka folder image. Dan “c” button jelas bikin nyaman karena jadi shortcut buat beberapa task yang sebelumnya mungkin harus bikin saya pegang hape dengan 2 tangan — contohnya bikin skrinsut.

Secara fisik juga hape ini bisa bikin orang penasaran dan nanya lebih jauh. Ga sekali-dua kali rekan kerja maupun juga kerabat nanya: “Hape apaan tuh? Warnanya bagus. Pasti mahal, ya?”

img_20161006_204134

Perfect for tonight: frappe coffee & Coolpad Sky 3


foto diambil menggunakan kamera dslr

Tapi yang paling saya suka dan MELENGKAPI saya dari Coolpad Sky 3 ini adalah kameranya. Singkatnya udah tau kan kamera depan dan belakang masing-masing 8MP? Nah, ternyata ada fitur untuk beauty shot & juga gif maker. Mayan, kalo selfie-selfie bisa keliatan lebih cakep (dan lebih muda?).😆

img_20161013_144415

Tadi pagi selagi ngantri lampu merah, sekali2 selfie. Mumpung ada fitur beauty di kamera depan #coolpadsky3. Difoto menggunakan coolpad sky 3 dari @coolpadindonesia. #coolforlife #coolpadindonesia | Originally posted on instagram @billykoesoemadinata


difoto menggunakan kamera depan Coolpad Sky 3

Kalo mau tau gimana hasil foto-foto dari kamera belakangnya dan foto-foto lain untuk Coolpad Sky 3 ini, silakan cek aja instagram saya.🙂

Jadi, kalo buat saya sih Coolpad Sky 3 ini LENGKAP fiturnya dan juga MELENGKAPI kebutuhan saya. Mudah-mudahan awet.:mrgreen:

DISCLAIMER: Tanpa mengurangi kandungan isi, postingan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba ngeblog yang diselenggarakan oleh Coolpad kepada blogger terpilih. Informasi lebih lanjut bisa diliat di sini.

Pilkada

Oktober 6, 2016 § 1 Komentar

Ngomongin yang terkait politik dikit ya. Sekali-sekali.🙂

Sebulan terakhir saya termasuk yang kurang nyaman dengan berita di sana-sini terkait politik, ga lain karena ada proses pilkada di wilayah yang jadi tempat tinggal saya saat ini. Diperjelas dikit: bukan ga nyaman dengan pilkada-nya, atau prosesnya, melainkan ga nyaman dengan berita serta sharing beritanya. Rasanya riuh bin berisik banget jalur komunikasi dan sosialisasi yang saya gunakan dengan berita terkait pilkada. Makanya, belakangan ini saya mengaktifkan lagi upaya untuk menyaring informasi.

Menyaring informasi yang saya lakukan bukan yang ribet atau dengan bantuan intelegensi pintar, cukup dengan memilih siapa/apa yang hendak saya baca/ikuti dan juga siapa/apa yang perlu saya share mengenai pandangan saya. Termasuk di blog ini. Karena blogpost ini menurut saya termasuk sarana saya untuk aspirasi terkait politik, tapi tidak langsung menjurus ke paham tertentu — setidaknya menurut saya.

Soal paham politik, azas, aliran, partai, sampai dengan kandidat mana yang saya dukung, orang-orang terdekat saya lebih tahu. Kalo mau nebak, silakan. Belum tentu saya jawab atau saya iyakan.🙂 Tapi satu hal yang jelas adalah: (sepertinya) saya tidak termasuk golongan grass-root, bukan pula termasuk golongan aktif berpolitik dan bergolongan. Saya hanya berharap saya cukup disebut melek politik.

Anyway, karena judulnya udah kadung pilkada, maka sudah selazimnya saya bahas juga terkait itu. Dan itu berarti bukan melulu kandidat atau kampanyenya, melainkan juga proses dan harapan-harapan terkait. Untuk prosesnya sendiri, saya cukup senang dengan yang dilakukan oleh KPUD. Antara lain promosi mengenai kepastian penduduk terdaftar sebagai pemilih dilakukan dengan cara jemput bola — setidaknya itu yang saya rasakan di sekitar tempat tinggal saya. Harapannya tentu adalah ketika proses awalnya saja sudah aktif dan jemput bola, maka setelah kandidat terpilih nanti juga aktif dan jemput bola terkait hal-hal yang bisa diputuskan oleh pejabat kepala daerah.

Jika postingan ini terasa rumit, maka sudah jelas dan sesuai tujuannya. Karena politik itu memang rumit, dan ga semua orang mengerti. Saya yang sudah mulai belajar berpolitik dari SMP (pemilihan ketua OSIS) saja masih merasa rumit, apalagi yang baru mengikuti belakangan ini?

DISCLAIMER: Blogpost ini bukan bentuk dukungan terhadap salah satu bakal calon atau calon kepala daerah dan atau wakilnya. Bukan pula bentuk dukungan terhadap organisasi atau massa pendukungnya. 

Sehat Itu Mahal(?)

September 28, 2016 § 1 Komentar

Kalo dijaga baik atau lagi ga sakit, kesehatan ga berasa mahalnya. Baru berasa mahalnya ketika harus dirawat, baik itu ke dokter aja atau dirawat di RS.

Seumur-umur dan seingat saya bisa mengingat, saya belum pernah dirawat di RS. Bukannya saya sombong, saya justru bersyukur banget bisa (cukup) menjaga kesehatan. Caranya sederhana, mulai dari mengenali tubuh sendiri & sinyal-sinyal yg timbul ketika tidak enak badan, sampai dengan menjaga pola hidup — makan, istirahat, aktivitas.

Tapi, itu bukan berarti saya ga pernah sakit..

Sakit yang cukup bikin ga enak sama sekali pernah saya alamin juga. Mulai dari penyakit kulit yang seperti cacar/bruntusan (atau emang cacar beneran bisa jadi), gejala tipes, sampai dengan sakit gigi. Sakit-sakit tersebut pernah bikin saya drop & harus istirahat minimal 3 hari sampai dengan maksimal seminggu. Harusnya sih, istirahatnya sampai lebih dari seminggu, tapi saya menolak untuk terus sakit & atau merasakan sakit. I mean, ketika sakit itu berarti peluang untuk lebih mengenali badan dan juga tau kapan badan udah siap untuk “dipaksakan” sehat lagi.

Balik lagi ke judul postingan, sehat itu mahal — dengan tanda tanya, karena menjaga kesehatan ga akan berasa mahalnya apabila dipelihara dengan cara yang tepat. Contohnya gini: udah tau punya sakit maag, ya makanan dan juga pola makan dibuat teratur dan dipilih yang tidak menimbulkan potensi maag. Ga perlu/harus makanan yang menyehatkan banget seperti 4 sehat 5 sempurna setiap saat, tapi bisa dimulai dengan tidak mengonsumsi yang bisa menyebabkan penyakit. Sederhananya, sakit selama 3 hari akibat sakit maag bisa jadi menghabiskan Rp 300,000 untuk ke dokter dan obat-obatan. Coba kalo selama setahun dijaga sama sekali, Rp 300,000 dibagi 365 hari itu setara dengan 800-900 perak per hari untuk mencegah sakit maag.

Murah apa mahal, tuh?

Contoh lainnya, adalah sakit gigi. Dulu awal-awal jadi dewasa, saya suka ga ngerti kenapa tarif dokter gigi bisa beda banget sama dokter umum biasa. Udah gitu, dianjurkan untuk rutin. Begitu saya sakit gigi, dan beneran harus ke dokter gigi, baru deh ngerti kenapa tarifnya begitu dan juga anjuran untuk rutin. Karena gigi termasuk bagian tubuh yang bekerja hampir ga henti selama sadar (ga tidur), sejak kecil. Selain itu, terpapar oleh berbagai macam zat dan perilaku. Otomatis, perawatannya beda dibandingkan bagian tubuh lainnya. Dan, pencegahan untuk sakitnya bisa dilakukan lebih murah lagi dan lebih sederhana lagi.

So, balik lagi ke kalimat pertama, sehat itu ga (berasa) mahalnya kalo dirawat pada saat ga sakit. Makanya beberapa tahun belakangan ini, doa yang saya panjatkan ke Tuhan bertambah satu lagi: memohon kesehatan dan sanggup tetap berada di jalan-NYA.

Kamu pernah ngabisin biaya berapa untuk tetap sehat?

Di Mana Info Promo Terbaik untuk Belanja Online?

September 23, 2016 § Tinggalkan komentar

money-shopping

Sumber gambar: dari sini.

Siapa yang ga suka belanja? Sekecil atau sejarang apapun, begitu bisa belanja – membeli barang yang dipengenin atau dibutuhin dengan duit sendiri, pasti rasanya nyaman. Dulu kalo mau begitu harus mampir ke shopping center, tapi sekarang? Cukup nyambung ke internet, trus klik sana-sini pake jari. Saya masih inget dulu belanja pertama di internet adalah beli buku – karena emang produknya baru itu aja yang available dan banyak pilihannya. Tapi sekarang? Mulai dari alat tulis sampe kendaraan pun ada. Dan bukannya ga laku, melainkan cepet laku. Bukti kalo masyarakat sekarang udah makin terbiasa untuk belanja via internet atau online.

Alesan saya untuk belanja online itu sederhana: PRAKTIS. Seperti udah disebut di paragraf sebelumnya, belanja online itu ga perlu keluar rumah dan pilihannya BANYAK! Belom lagi pemilik website belanja (e-commerce) sering ngasih promo di saat bersamaan pada tanggal spesial, pun di periode berbeda. Kaya’ ga berenti gitu jadinya. Tapi sayangnya, ga semua orang tau lagi ada promo apa di mana, kaya’ gimana, dst. Cuma orang yang sering konek ke internet aja (kayanya) yang selalu tau ada apa di mana, cari apa di mana, dan promo apa di mana.

Orang-orang awam pastinya juga kepengen dong tau ada promo apa di mana. Kali-kali aja kan cocok pas mau beli sesuatu. Pilihan utamanya pasti pengennya liat cukup di 1 tempat aja untuk semua informasinya. Bisa berupa kode voucher atau lagi ada diskon apaan. Nah, setelah iseng gugling sana-sini, saya nemu Saleduck. 1 tempat yang cukup komplit ngasih info-info berguna buat belanja online.

Di Saleduck ini ada info promo apa di mana, kapan, dan gimana. Termasuk juga kode voucher yg bisa dimasukin untuk dapetin potongan harga sebelum checkout untuk bayar. Ya kali-kali aja kan lagi mau beli hape baru, atau mau beli aksesori yg dipengenin udah lama tapi kepentok harga, jadinya bisa dapet lebih murah. Atau lagi planning buat jalan-jalan dalam waktu dekat, tapi budgetnya pas-pasan?

Berhubung internet udah nyampe ke mana aja di Indonesia, dan bisa diakses di hape terbaru apapun, harusnya udah jarang sih ya orang yang ga konek ke internet – kecuali emang ga dapet sinyal. Dan udah pasti bisa ngecek tiap hari – minimal sehari sekali. Kalo udah gitu, pastinya promo-promo bakalan cepet abis kuotanya. Makanya, biar ga ketinggalan banget bisa juga join aja sama newsletter-nya. Atau langsung pake kode promonya begitu dapet dan cocok sama barang yang lagi dipengenin.

Yuk, belanja online, yuk!

 

Kenapa (Tidak) Nonton Film Indonesia?

September 13, 2016 § Tinggalkan komentar

Seingat saya, pertama kali menonton film Indonesia (di bioskop) adalah Saur Sepuh, diajak oleh (alm.) Ayah saya. Kalo ga salah, waktu itu di Blok A, Jakarta. Semasa kecil, film Saur Sepuh itu memukau banget. Apalagi ada adegan kolosal berupa perang di tanah terbuka yang melibatkan banyak orang. Belum lagi adu ajian antara para patih dan panglima. Pokoknya memukau, deh.

Kemudian ketika TV swasta mulai siaran lebih sering, seingat saya juga (pada masih kecil itu) ada satu lagi film Indonesia tayang di TV yang memukau yakni film Cut Nyak Dien. Di kemudian hari saya baru tau kalo film tersebut menang Piala Citra (dari FFI), dan pemeran Cut Nyak Dien adalah Christine Hakim. Dan juga baru tau kalo aslinya film itu adalah tayang di bioskop. Maklum, masih kecil ga tau apa bedanya film TV dan bioskop.

Film-film Indonesia lain yang saya tonton juga di kala masih kecil antara lain Wolter Monginsidi (pemerannya Roy Marten, nonton di TV), Warkop DKI (seringkali di TV), dan beberapa film Kabayan (kebanyakan juga nontonnya di TV). Salah satu film Kabayan yang paling saya ingat adalah Kabayan Saba Kota dan juga Kabayan dan Anak Jin. Dan betul, saya waktu itu ga tau ada film Catatan Si Boy atau yang lain-lain. Pilihan film Indonesia bagi saya pada saat masih kecil ga jauh dari Kabayan, Warkop DKI, atau film kepahlawanan.

Oiya, film soal G30S/PKI sih ga pernah saya nonton ya — untungnya.

Back to topic…

Apa kaitan postingan dengan judulnya adalah saya lagi pengen nemu alasan untuk menonton film Indonesia seperti kala saya kecil itu. Saya ingin terpukau dengan film-film Indonesia. Saya ingin menonton dengan rasa penasaran sekaligus berharap yang tinggi terhadap film tersebut. Ga boleh sih emang, karena bisa jadi kecewa. Tapi itu yang amat sangat saya cari terhadap film-film Indonesia. Saya ingin dibuat terkesima.

Sepertinya sulit untuk mewujudkan hal itu. Bukan karena film Indonesia-nya ga bermutu, tapi lebih karena saya-nya yang ‘keterlaluan’ — alias terlalu berharap.:mrgreen: Belum lagi masa tayang film Indonesia di bioskop lebih cepat ketimbang film non-Indonesia, juga udah setahun lebih saya amat-sangat-mengurangi menonton TV siaran stasiun Indonesia.

Anyways, hal ini bukan berarti saya ga nonton film Indonesia sama sekali, ya. AADC (yang pertama) saya sempat nonton di awal-awal tayangnya, bahkan sampe 2-3x — kebetulan saat itu saya masih SMA seperti setting filmnya. Film-film Shandy Aulia & Samuel Rizal juga saya tonton. Jelangkung dan sekuelnya juga. Rumah Dara, dan yang terbaru adalah film Garuda 19 di tahun lalu. Itu semua beberapa film Indonesia yang saya (sempat) tonton di bioskop. Lain-lainnya seperti Janji Joni, Gie, Ungu Violet, Kunti….. (duh saya ga berani untuk nulis lengkap) dan sekuelnya, sampai Biarkan Bintang Menari, sempat saya tonton di luar bioskop — kalo ga di komputer teman ya di TV.

Untuk film-film keluaran 5-6 tahun terakhir yang saya punya harapan cukup tinggi antara lain Habibie & Ainun (karena saya sudah baca bukunya), tapi kemudian…. #yagitudeh. Juga ada Di Bawah Lindungan Kabah, yang kemudian rada kecele (dan iya, saya pernah baca bukunya waktu sekolah dulu).  Selain itu ada film-film lain yang saya belum nonton sama sekali seperti Pendekar Tongkat Emas, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk — ini saya penasaran banget, Rudy Habibie (bukunya saya udah baca), Sabtu Bersama Bapak, dan terakhir adalah 3 Srikandi. Nope, ini bukan kode untuk minta undangan atau dikasih screening khusus. Karena biar gimanapun, saya hampir pasti ga bakal bisa nonton di bioskop — karena 1 dan lain hal, kecuali midnite.

Mudah-mudahan suatu ketika nanti saya bisa terkesima sama salah satu film Indonesia yang saya tonton di bioskop sebelum habis masa tayangnya.