gangster cinta VS mafia cinta

November 17, 2008 § 7 Komentar

sebenernya, apa bedanya coba gangster sama mafia? toh, dua2nya juga sama2 penjahat kan? bad guy! tapi koq,, anehnya, ada beberapa orang yang berpikir kalo kedua istilah jabatan penjahat tersebut berbeda.. hmm.. emang iya ya?

kalo kata wikipedia, mafia itu…

Mafia, juga dirujuk sebagai La Cosa Nostra (bahasa Italia: Hal Kami), adalah panggilan kolektif untuk beberapa organisasi rahasia di Sisilia dan AS. Mafia awalnya merupakan nama sebuah konfederasi yang orang-orang di Sisilia masuki pada Abad Pertengahan untuk tujuan perlindungan dan penegakan hukum sendiri (“main hakim“). Konfederasi ini kemudian mulai melakukan kejahatan terorganisir.

Anggota Mafia disebut “mafioso“, yang berarti “pria terhormat“.

Mafia melebarkan sayap ke AS melalui imigrasi pada abad ke-20.

Kekuatan Mafia mencapai puncaknya di AS pada pertengahan abad ke-20, hingga rentetan penyelidikan FBI pada tahun 1970-an dan 1980-an agak mengurangi pengaruh mereka. Meski kejatuhannya tersebut, Mafia dan reputasinya telah tertanam di budaya populer Amerika, difilmkan di televisi dan bahkan iklan-iklan.

Istilah “mafia” kini telah melebar hingga dapat merujuk kepada kelompok besar apapun yang melakukan kejahatan terorganisir (bandingkan dengan Mafia Rusia dan Yakuza di Jepang).

nah, masih kata wikipedia,, gangster itu…

Gangster adalah kriminal yang merupakan anggota organisasi kejahatan pembuat kekacauan, seperti gang. Istilah gangster digunakan untuk merujukan anggota organisasi kriminal yang berhubungan dengan Mafia, seperti Chicago Outfit dan Five Families, dan individu seperti Al Capone dan Bugsy Siegel.

jadi? mending mana? kalo sekilas menurut wikipedia,, masih lebih terhormat mafia. karena, mafia tidak disebutkan sebagai organisasi kejahatan. bahkan, di awal berdirinya cenderung sebagai pelindung. tapi kemudian hari, sampe sekarang ini, jadi diasosiasikan dengan kejahatan. sementara gangster, langsung disebut aja, organisasi kejahatan. hahah.. weirdo

nah,, kalo udah berhubungan dengan perasaan bernama cinta, gimana coba? apa iya,, mafia itu masih bisa disebut pelindung cinta dan gangster sebagai kejahatan cinta? hmm… perlu pendalaman materi ala anak kuliahan nih, kaya’nya πŸ˜›

atau, ada yang mau share?

§ 7 Responses to gangster cinta VS mafia cinta

  • ernit mengatakan:

    elu…
    nyuruh gw komen di pembahasan yg “njelimet” begini?
    haduh,,,haduh,,,

    sebenarnya gw gak ngerti istilah mafia or gangster, scr gw gak terlalu suka nonton film ttg itu (*mending gw disuruh nonton film perang deh…ato gak yg cinta2an skalian, ehehehe ;p)
    cuma yg bikin gw agak “menyadari” kehadiran mereka adalah… cerita salah satu sohib gw beberapa tahun lalu, yg bilang bahwa dia pacaran sama salah 1 anak dari “mafia” di Indonesia! (*Damn, I really surprised bout it…)

    awalnya sih gw sempat “nyuruh” dia buat “bubar jalan” sama cowok itu. tp berhubung sohib gw itu udah ngrasa sayang banget, yasud gw mo ngomong apa lagi? gw gak punya hak lebih buat “maksa” dia ninggalin cowoknya… so, gw angkat tangan deh.

    sekarang sih dia udah beneran “masuk” ke keluarga itu, secara mereka udah merit juga. hmm, lagi2 gw gak mo ikut campur terlalu jauh deh. tatut!!! ;p

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    hahahah.. emang sengaja gue suruh loe komen. gantian donks.. loe aja, udah nyuruh gue komen di 2 postingan serius loe πŸ˜›

    anyway,, sebenernya mafia/gangster di Indonesia itu emangnya seperti apa sih? seriusan deh.. gue ga tau banyak. tapi, yang gue tau sih, klan dan keluarga besar. kaya’ cendana gitu..

    tapi,, kalo gitu, kalo ada konsep keluarga besar yang make satu nama keluarga yang sama, atau masih tergabung dalam keluarga besar itu, berarti klan juga yak? atau malah jadi mafia? secara… nama keluarga gue tuh,, keluarga besar..
    πŸ˜‰

    Billy K.
    https://iamthebilly.wordpress.com
    http://bersambung.wordpress.com

  • ernit mengatakan:

    dudulz,,,
    gw jg keluarga besar, tp gw gak mau dibilang klan mafia (*sumpe deh ;p)

    gw beneran gak ngerti yg kayak gimana, yg jelas emang beneran ada keluarga kayak begitu di Indonesia ini. hmm, intinya sih mereka gak akan segan buat ngebela kepentingan mereka sendiri walau harus “mengorbankan nyawa” orang lain di sekitarnya. itu yg sebenarnya membuat gw agak2 gimana… gitu sekarang ama temen gw itu. sieun euy…

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    jangan sieun.. tapi jaga diri ajee.. πŸ˜‰

    anyway,, emang nama keluarga besar loe paan, nit?

    kalo gue kan, jelas tuh.. koesoemadinata. loe cari di google aja, langsung keluar banyak – ada yang raden2 segala malah!
    πŸ˜›

    Billy K.
    https://iamthebilly.wordpress.com
    http://bersambung.wordpress.com

  • ernit mengatakan:

    nama keluarga gw???
    ada deeeehhh…
    ehehehe πŸ˜€

    sama sih, ada raden2an juga,,,makanya gw males nyantumin ;p

    piss ah πŸ˜‰

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    hahahah…

    gue sih,, nebaknya gayatri itu..

    bener kagak?
    πŸ˜‰

    Billy K.
    https://iamthebilly.wordpress.com
    http://bersambung.wordpress.com

  • winda mengatakan:

    What ever… What do you want to know about gangster cinta.
    Ya kayak yg ΞšΜ‡Μ£ΜΗŽΜœΜΜ£ΠΌΜˆΜ€Μ‡Μ£Μ²Μ£Μ₯Ο…Μ²Μ£Μ₯ bilang. Saya sendiri beranggapan,, gangster cinta,, ya bs diartiin dg Penjahat cinta. Ya kerjaannya,kebanyakan galau,,disakitin atau malah nyakitin,, ya ntu sih dlm masalah percintaan.

    πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading gangster cinta VS mafia cinta at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

