Engine(er?)

November 18, 2008 § Tinggalkan komentar

Udah hampir setaun gue pake gelar A.Md., alias Ahli Manipulasi data. Hahah! Freak! Emang suka aneh2 orang Indonesia kalo bikin plesetan singkatan2. atau bahkan, bikin singkatan2 yang aneh2 dari beberapa kata. Anyway,, gue lagi ga ngebahas soal singkatan2 kreatif dari beberapa kata. Tapi juga, bukan ngebahas soal kepanjangan kreatif dari beberapa singkatan. Ini murni, gue pengen ngebahas soal status A.Md. gue yang gue dapet dari status gue sebagai bekas(?) mahasiswa teknik.

So… sebenernya kalo di luar negeri,, status gue tuh, ga ada. Alias, gelar A.Md. itu ga ada artinya, selain kalo gue cuman lulusan Associate Degree – atau sebangsanya lah. Coz, setau gue di luar negeri gelar buat diploma itu ga ada. πŸ˜› sotoy banget ya gue? Tapi,, yang jadi fokus gue tuh, teknik-nya aja. Kenape? Coz,, kadang2 orang suka mis- dengan kuliah gue dulu.

Teknik mesin. Kalo diartiin gamblang, berarti insinyur yang ngarti soal mesin kan? Dan, stereotype masyarakat sekarang kan, mesin = mobil/motor. Alias, mesin = otomotif! Tapi, kenyataannya, gue pas kuliah kemaren ga belajar soal itu. Soale, mesin itu ternyata luas lingkupnya. Dan, mesin otomotif (mobil/motor) itu, termasuk kategori mesin bakar (bener ga sih? Gue lupa, neeh!). sementara itu, gue kebanyakan belajar soal mesin produksi, industri, dan mesin otomasi. Inget ya.. otomasi, bukan otomotif.

Jadi, di tengah2 kesalahan persepsi antara masyarakat dan juga dunia kuliah,, ditambah lagi dengan pengartian dalam bahasa inggris dari studi gue itu. Teknik mesin = mechanical engineering. Mechanical, asal kata dari mechanic (mechanic=mekanik), kalo di-Indonesiain, jadinya kan harusnya mekanika, loh koq malah jadi mesin? Trus, engineering asal kata dari engine (engine=mesin), kalo di-Indonesiain kan, harusnya jadi permesinan, loh koq malah jadi teknik? Jadi, sebenernya mechanical engineering, bahasa langsungnya harusnya β€˜kan jadinya, Permesinan Mekanika atau Mekanika Permesinan, lah koq jadi Teknik Mesin? Begitu juga kalo dibalik-dari Indonesia ke Inggris. Teknik koq sama dengan Engineering? Waaahhh… kacrut! Emang puyeng2 dah… ada untungnya juga gue bukan anak sastra – dan justru jadi anak mesin (yang ga ngerti/mudeng dengan pilihan studi gue dulu).

Hmm.. tapi sekilas sih, balik lagi ke gelar dan juga studi kuliah gue dulu, bisa ga ya gue dibilang/disebut sebagai Engineer? Penasaran loh.. meski sekarang gue berkiprah di Permesinan, dan justru lebih ke Penulisan. Hahah… emang sih, ada faktor hobi, dan juga interest (atau luck?). tapi ya.. gue juga agak linglung aja jadinya. Kalo misal gue disebut Engineer, gue ga begitu ngerti Engine πŸ˜› hadooh.. kuliah susah2 3 taun, tapi ga ngerti engine? Kecuali kalo mekanika dan industrial engine πŸ˜€

Yah.. begitulah kehidupan. Kadang sukar dimengerti. Tapi yang pasti itu pemberian dari Yang Maha Kuasa, ALLAH SWT.

Semangat, BIL!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Engine(er?) at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: