keep your friends close, but keep your enemies closer

Desember 2, 2008 § 12 Komentar

gue lupa2 inget sama frase itu, tapi yang pasti frase itu terkenal banget.

keep your friends close, but keep your enemies closer.

salah satu yang sempet gue dapetin lewat google, adalah frase itu diucapin sama sun tzu. tapi, lengkapnya bukan begitu, karena dia – sun tzu, bilangnya “keep your friends close, and your enemies closer”. sementara itu, yang paling ngepas banget, adalah michael corleone – salah satu karakter dalam film the godfather, dengan bilangΒ  sesuai dengan judul postingan gue “keep your friends close, but your enemies closer”.

sekilas, ada benernya juga frase itu. kenapa gue bilang bener? terkadang kita lebih perhatian dengan teman2 kita, dan ngelupain orang2 yang berseberangan (baca: musuh) dengan kita. karena sebenarnya, orang2 di sekitar kita belum tentu membuat kita terjatuh, tapi orang2 yang berseberangan dengan kita, sudah pasti ingin membuat kita terjatuh. itu sih, simpelnya.. tapi, ternyata juga ada pengartian laen loh…

salah satu konsep dalam politik yang sempet gue pelajarin melalui otodidak (hampir jadi politik jalanan pula! πŸ˜› ), adalah “tidak ada yang abadi dalam politik. yang ada hanyalah kepentingan.” artinya, teman bisa dengan mudah menjadi lawan, dan lawan pun bisa dengan mudah menjadi teman. itu makanya, salah satu pengertian laen dari frase “keep your friends close but your enemies closer” ada benernya – BANGET! karena terkadang justru orang2 yang berseberangan dengan kita adalah teman yang sesungguhnya. mereka selalu membuat kita waspada, dan juga berhati-hati dalam beraktivitas.

ga laen ga bukan, gue inspired buat bikin postingan ini, karena entah kenapa tiba2 aja hari ini gue jadi keingetan sama james bond. si agen rahasia tokoh rekaan tuan ian fleming ini, tiba2 aja masuk ke kepala gue di tengah2 deadline tulisan gue. heheh. emang suka aneh2 kalo lagi deadline. tiba2 aja mikirin yang ga penting.

alhasil, sambil ngelarin tulisan – ngedit sono-sini, masukin poto, dan juga re-read sebelum gue serahin tu tulisan, gue googling nyari2 soal james bond. dan, ga tau kenapa, film yang paling berkesan buat gue, ya.. ada 2. pertama License to Kill – timothy dalton jadi james bond di sini. alesan kenapa ini berkesan, karena ternyata james bond juga manusia biasa yang ‘akhirnya’ menikah dan punya istri – meski akhirnya istrinya tewas karena diserang pas lagi bulan madu.

James Bond-Vesper in Casino Royale

James Bond-Vesper in Casino Royale

dan, film kedua dari james bond yang gue suka, adalah casino royale – gue pengen nulis quantum of solace, cuman sayangnya belum nonton πŸ˜› .

jadi, kenapa gue bisa suka sama film Casino Royale? karena gue ngeliat tokoh bond yang mulai berubah dari seorang agen flamboyan yang juga doyan berpetualang cinta, menjadi agen rahasia yang seadanya. agen rahasia yang memang manusia. agen rahasia, yang juga bisa dendam, mencintai, dan mengerti perasaan. agen rahasia, yang juga bisa merasakan kehilangan.

emang terjadi hal2 yang hampir serupa di hollywood sana. hampir semua tokoh heroik – pahlawan, dan good guy – jagoan, film2nya dibuat lebih manusiawi dengan me-manusia-kan tokoh2 tersebut. yang paling gampang, liat aja si james bond yang udah gue bahas. selaen itu, ada batman di seri dark knight dan batman begins, trus ada superman di superman returns. para jagoan2 itu dibuat lebih manusiawi dengan menunjukkan perasaan sedih, dendam, dan juga sakit hati karena kehilangan.

dan, back to the frase – judul postingan ini sendiri, ada kalanya orang2 yang berseberangan dengan kita lebih ‘mengerti’ kita, karena mereka membuat kita lebih sadar bahwa kita hanya manusia biasa. berbeda dengan teman kita, yang ‘hanya’ menunjukkan sifat kita yang baik2 saja dengan ‘menjilat’ atau bilang semua baik2 saja. jadi, maksud gue, ga ada salahnya kita lebih merhatiin orang2 yang berseberangan dengan kita, selain teman kita tentunya.

wah.. postingan ini koq, berasanya campur aduk yak? hihi… lucu…

Tagged: ,

§ 12 Responses to keep your friends close, but keep your enemies closer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading keep your friends close, but keep your enemies closer at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: