TASIK-GARUT-CIAMIS itu SUNDA, tapi BEDA!

Desember 5, 2008 § 11 Komentar

SIAPA BILANG URANG SUNDA GA BISA NGOMONG F? PITNAH!!!

SIAPA BILANG URANG SUNDA GA BISA NGOMONG F? PITNAH!!!

sebenernya, gue sih, ga terlalu masalah kalo ada orang yang bilang demikian. cuman ya.. kalo keseringan, kadang2 suka keki aja. koq semua orang Sunda dibilang sama. emang dikira kita semua orang Sunda sama, apa ya?

ga ngarti? terusin bacanya..

jadi, semua ini bermula dari kantor gue – halah, kantor.. 😛 so, mungkin karena mereka lebih kenal ciamis – karena lebih deket ke perbatasan jabar-jateng (trus, kenapa emang?), jadi, begitu gue bilang gue aslinya dari tasik – yang notabene tetangga deket sama ciamis, mereka pada bilang gue orang ciamis. sekali-dua kali, masih ga masalah lah.. tapi, kalo keterusan? walah.. bisa berabe tuh.. coz, jelas2 di KTP gue aje, tulisannya TTL: Tasikmalaya, dan bukannya TTL: Ciamis. ijazah sekolah aja, tulisannya Tasikmalaya, bukannya Ciamis! kenapa mereka masih nganggap sama ya?

ada lagi, cerita waktu gue kenal sama orang garut pas gue lagi jalan ke suatu acara. gue kenal dia, karena gue kasian aja sama dia yang sendirian aja di acara itu. pas ngobrol lama2, koq kaya’nya familiar. dan, dia tau2 aja ngaku orang Garut – meski kuliah dan lama tinggal di Bandung. yah, gue bilang aja dong, gue juga asalnya dari Tasik – tetangga Garut juga. besoknya, gue cerita sama beberapa temen gue, kalo gue ketemu orang Garut yang sendirian di acara yang gue datengin. dan reaksi mereka begini, “lah, bukannya Garut itu Tasik, ya?”

duuhhh….!!! CAPEK DEH!!! Tasik-Garut-Ciamis itu emang sama2 berada di Jawa Barat,, sama2 berada di wilayah Sunda, dan bekas Negara Pasundan (pas jaman RIS dulu 😉 )… sama2 berada di wilayah Priangan Timur.. tapi ya… kita ini BEDA! ga sama tau….

kejadian2 kaya’ gitu, ga sekali-dua kali gue alamin. tapi, berkali-kali. sampe kadang gue suka iseng nanya balik, “kenapa loe bilang Tasik sama dengan Garut/Ciamis?”

mereka jawab, “kan, sama2 di Sunda. ya sama dong.”

gue tanya balik lagi, “trus, kalo gitu, Semarang dan juga Magelang, sama dong. kan, sama2 di Jawa Tengah.”

mereka dengan ketusnya langsung bilang, “ya beda lah! Wong satu namanya Semarang, dan satu lagi namanya Magelang, koq!”

dalam hati, gue teriak, GITU JUGA TASIK DAN CIAMIS/GARUT! DARI NAMA AJA UDAH KELIATAN BEDA! 😛 –> curang yah, beraninya dalam hati..

kalo udah berkali2 gitu, kadang gue suka becanda sama orang2 Garut dan juga orang2 Ciamis yang gue kenal,, gue bilang gini “kaya’nya, kita perlu pake nametag kalo kita berasal dari daerah tertentu deh, sambil di balik nametag itu ada peta yang nunjukin letak masing2.”

dan, mereka setuju sambil ngakak bareng gue 😀

hal2 itu sepele sih.. cuman yah, kadang2 suka bikin mangkel aja.. orang jelas2 dari nama aja, Tasik-Garut-Ciamis itu udah beda.. masiiiihhhhh aja disama2in.. capek deh…

–> tulisan ini, gue bikin karena terinspirasi saat gue lagi backpacking sama temen2 gue yang asalnya dari Ciamis dan Garut ke tanah Jawa sana.. dan, tulisan ini gue dedikasikan buat orang2 yang karena saking buta-peta, sampe ga tau letak Tasik-Garut-Ciamis, padahal suka jalan2 ke Jawa naek kendaraan pribadi lewat jalur selatan.. 😛

Tagged: ,

§ 11 Responses to TASIK-GARUT-CIAMIS itu SUNDA, tapi BEDA!

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading TASIK-GARUT-CIAMIS itu SUNDA, tapi BEDA! at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

