Perjalanan Hidup (7), Mahasiswa Sukses

Januari 28, 2009 § 11 Komentar

sambil mengenang (alm.) Jahri, ST, sang dosen sekaligus motivator gue pas kuliah dulu, gue nulis postingan ini. dengan kata laen, i dedicate this posts for all of my lecturers, teachers, mentors, and tutors, especially to Jahri, ST. FYI, beliau telah dipanggil oleh Sang Khalik pada Selasa (27/01) kemaren. sedih banget gue,, asli deh.. secara, kurang lebih dia termasuk orang2 yang bikin masa2 kuliah gue berwarna banget.. i’ll miss you, Pak..

and now, the post still must go on.. banyak orang bilang, masa2 SMA adalah masa2 yang paling indah. masa2 SMA adalah masa2 yang ga bakal dilupain. masa2 yang selalu ada dalam pikiran, dan selalu pengen dijalanin lagi kalo waktu bisa dibalik lagi. hmm… tapi buat gue, yang paling gue gue inget – meski ga paling indah, adalah masa2 kuliah dan gue pengen kalo waktu bisa dibalik, gue bisa balik lagi ke masa2 gue kuliah dulu.. 😉

emang, ada apa aja pas kuliah dulu, Bil?

heheh,, begini ceritanya…

jadi, seperti udah gue bilang di posting sebelumnya, kalo jurusan kuliah yang gue jabanin – Teknik Mesin itu paling ditakutin sama anak2 poltek, tapi ternyata setelah gue kuliah dan juga jalanin masa2 kuliah di Teknik Mesin ga selamanya nakutin dan bikin sengsara. coz, kalo misal susah dan ribet, namanya juga kuliah kan? 😀

semester pertama, gue sempet mikir kalo gue ga seharusnya kuliah Teknik Mesin. yah, seperti yang udah gue bilang, intimidasi kalo “kuliah mesin itu susah”, nempel banget di pikiran gue. asli deh.. gue sempet nyesel kenapa ga milih Akuntansi atau Administrasi Niaga sekalian (2 jurusan yang ada juga di poltek, selaen teknik,,) 😛 , tapi entah kenapa selama gue ngejalanin kuliah dan juga ngerjain semua tugas2nya, koq fine2 aja.. klop2 aja.. seru lagi! coz, gue demen banget sama Fisika, dan kuliah mesin itu Fisika bangetzz!!

meski prakteknya ribet bin nyape’in banget, tapi semua kuliah teorinya asik2 aja.. UTS pun lewat. ga lama, UAS juga lewat. dan, ajaibnya, dari semua UAS gue ga kena her sama sekali! rekor tuh! coz, konon kalo semester 1, biasanya semua anak baru pasti dapet her! dan, di kelas gue cuman beberapa orang aja yang ga kena her sama sekali – gue salah satunya. temen2 gue pada heran gue ga dapet her. tapi yah,, gue bilang aja,, itu untung2an.. 😛

meski ga kena her sama sekali, tapi gue sempet ketar-ketir. pengen tau berapa IPK-nya. gue ngeri, ga kena her sama sekali, bukan berarti nilai gue A atau B, tapi malah C. hii.. serem deh.. tapi, ketakutan gue ga kebukti tuh! coz, pas hari pembagian IP, gue dapet peringkat 2 di kelas gue. IP gue 3,2.. mantab kan? 😛

hal serupa terus terjadi dan gue jalanin sampe semester 6. temen2 gue pada heran, gue koq bisa dapet IPK tetep di atas 3, padahal gue ikutan banyak kegiatan di kampus, plus juga kadang2 gue tidur di kelas atau justru bolos 😛 heheh.. kuncinya cuman 1, cerdas dong.. 😉 —> kalo pengen tau lebih lengkap, coba klik di sini

pokoknya, IPK gue pada akhirnya mantab di kisaran 3. persisnya, 3.14.. keren kan? buat ukuran teknik mesin, jenjang D3 politeknik, punya IPK di atas 3 itu, ajaib banget deh.. apalagi, pas wisuda, gue masuk 10 besar jurusan.. *narsisnya kebangetan ga sih?? 😛

nah, itu baru sukses di bidang akademik,, masih ada lagi cerita sukses gue sebagai mahasiswa di bidang laen. yaitu, bidang organisasi.. 😉

pada tau kan, kalo di dunia mahasiswa, ada BEM – Badan Eksekutif Mahasiswa. nah, dulu gue sempet join sama BEM selama 1 periode: 2005-2006. waktu itu, gue dipercaya jadi Kepala Divisi Sosial Kemasyarakatan, Departemen Peduli Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Periode 2005-2006. huff,, panjang juga yah, jabatan gue? 😛

oiya, kalo buat yang ga tau atau justru bingung dengan jabatan gue, secara garis besar tugas2 dari jabatan gue adalah segala hal yang berkaitan dengan kemanusiaan, sosial, dan lingkungan. heheh,, jadi pekerja sosial sekaligus aktivis lingkungan nih 😉

selama 1 periode, gue (dan juga kawan2 pastinya), berhasil bikin kegiatan yang gede, maupun juga yang kecil2an. lumayan sukses.. sampe jalin kerjasama juga sama PMI, Tabloid PCPlus (kalo ini, gue ngerjain kegiatan laen), dan laen-laennya.. dan, selama itu juga IP gue ga pernah kurang dari 3. susah payah dah, gue pertahaninnya.. meski kadang ga masuk kelas kuliah, dan juga ketinggalan beberapa bahan kuliah, tapi yah, emang musti dikejar kan, demi cita2?

sukses organisasi, ternyata juga berimbas ke peluang cari kerja dan juga magang. dulu, pas naek semester 4 ke 5, gue diterima magang di sebuah oilfield services company. multinational gitu deh.. lumayan, selama 1,5 bulan gue digembleng kerja di oil industries, ketemu sama bahan2 radioaktif, ‘nyasar’ ke Sorong, Papua, dan juga banyak hal lagi. dan, karena magang itu juga gue ‘sempet’ gawe di perusahaan yang sama buat beberapa bulan, sebelum akhirnya gue ngerasa bidangnya ga terlalu cocok buat gue 😀

itu baru kegiatan2 yang berkaitan dengan kampus. alias, ada hubungannya sama intern kampus. belum lagi sama yang di luaran. dulu gue sempet jadi salah satu peserta Beasiswa Menulis Kreatif di Jakartaschool yang kerjasama dengan Agromedia Group. trus, gue juga sempet gawe sambilan (tanpa bayaran) di sebuah LSM – namanya ga usah gue sebut yaa.. ntar dikira promosi lagi.. 😛 tapi yang pasti sih, bidang LSM-nya tentang pencerdasan bangsa.. *halah,,

dan yang pasti, jadi Mahasiswa Sukses itu emang bener2 berguna buat hidup. karena jadi Mahasiswa Sukses itu ga cuman harus punya IPK yang bagus, tapi juga diimbangin sama kehidupan non-akademis, kaya’ sosial, organisasi, dan juga pengembangan kreatif. *weits,, omongan gue makin lama makin berat aja yah? sutuy banget dah… hahahahah…

Bersambung… ke Menghadapi Dunia Kerja

Iklan

Tagged: , ,

§ 11 Responses to Perjalanan Hidup (7), Mahasiswa Sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Perjalanan Hidup (7), Mahasiswa Sukses at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: