Perjalanan Hidup (8) – Menghadapi Dunia Kerja

Januari 29, 2009 § 13 Komentar

postingan ini, seri terakhir dari Perjalanan Hidup. selaen emang, cuman segituh aja sebagian hidup yang gue jalanin selama ini – setelah ringkas sono-sini karena biar ga kepanjangan, karena hidup ini juga masih gue jalanin. πŸ˜‰

dulu, pas masih kecil, gue sempet ditanya sama ortu gue. “Billy, kalo udah gede, mau jadi apa?” dan, waktu itu spontan aja gue jawab, “mau jadi tukang becak.” waktu itu, gue ga begitu ngerti, kenapa koq tiba2 jadi tukang becak aja, jadi masalah. tapi, meski begitu, mungkin ada makna filosofis yang nyebabin gue bilang begitu – kalo dipikir2 sekarang. yaitu,
1. tukang becak ga usah ribet ngurusin kerjaan. cukup pake tenaga, dan bukannya otak.
2. tukang becak bisa kerja kapan aja.
3. tukang becak bisa keliling2 kota, sambil dibayar.
4. tukang becak nolong orang yang naek becaknya supaya cepet sampe ke tempat tujuan dan aman pula.
5. tukang becak mendukung lingkungan – ga pake bahan bakar fosil dan ga mencemari udara.
6. tukang becak sehat2.
7. tukang becak kerja sambil ngejalanin hobi.

heheh,, mencari pembenaran aja ya gue? πŸ˜›

tapi, nyatanya meski secara filosofis jadi tukang becak itu banyak positifnya, nyatanya sekarang gue ga jadi tukang becak. gue sekarang jadi kuli tinta yang kerjaannya ngegrusuin orang buat jadi bahan tulisan gue πŸ˜›

pada saat gue mau lulus SMA dulu, gue sempet mikir kalo gue bakal kerja di bidang resto, sambil kuliah. jadi, nyambi2 dan parttime gitu deh…tapi, nyatanya ga kejadian – salah satunya, gara2 kuliah gue schedulingnya ribet banget

pas gue mau lulus kuliah, gue ngira kalo gue bakal gawe di bidang migas. secara, gue sempet magang di oilfield industry kan? tapi nyatanya, ga lama gue di sono. selaen emang, management-nya lagi kacau balau, minat gue juga kaya’nya yang ga sreg aja. *kurang lebih, gue ga begitu suka sama yang namanya ngerusak lingkungan, dan pengeboran minyak itu termasuk merusak lingkungan

pada saat jobless kemaren, gue sempet mikir kalo gue pengen kerja di bidang manufaktur/pabrik. entah itu makanan, ataupun benda produksi. tapi nyatanya, gue juga ga nemu feel gue di situ. gue ga merasa, kalo gue adalah pekerja pabrik. jadinya, gue ga nerus deh…

dan, entah karena pernah nyebur di radio dulu, atau mungkin emang interest yang ga kesampean, gue akhirnya sekarang kerja di bidang media & entertainment. seriusan, gue enjoy banget kerja begini – jadi kuli tinta, meski selalu dikejar2 deadline mingguan. kenapa gue enjoy? karena gue ngerasa nemu minat dan klop aja sama apa yang selama ini gue impi2in. πŸ˜€

pada intinya sih – menurut gue pribadi yah, pada saat kita ngadepin dunia kerja, kita harus mampu dan mau buat ngikutin kata hati kita. seriusan deh.. coz, kalo misal kita kerja dengan hati, kita pasti lebih nyaman dan lebih asik buat ngejalanin kerjaan itu kan? suir!!

dan juga, selaen ngikutin kata hati, kita juga harus tau trik2nya.. heheh,, gue udah kaya’ si jago aja yak? πŸ˜› tapi kalo pengen tau trik2 gue ngadepin dunia kerja sih, boleh2 aje.. GRATIS!!
nih gue kasih,,
1. pada saat apply kerjaan dengan surat lamaran kerja, gue selalu bikin CV-resume-dan juga surat lamaran yang beda2. dalam artian, disesuaikan dengan posisi yang dilamar. kecuali, kalo misal kejadiannya apply di jobfair, kalo itu sih general2 aja.
2. tulis setiap skill yang dimiliki, meski ga berhubungan. kenapa? coz, kadang2 posisi yang kita lamar, bisa jadi udah diisi sama orang laen. tapi, karena kita ngasitau skill yang kita punya, bisa jadi kita juga dipanggil buat ngisi posisi yang laen.
3. kalo ngirim surat lamaran via pos, gue ga pernah lewat dari jam9 pagi. coz, makin pagi makin baik. karena Pak POS pastinya bakal nganter surat2 pagi duluan ke tujuan, dibanding surat2 yang sorean.

itu baru trik2 gue soal surat lamarannya, berikut ini trik gue, pada saat interview,
1. dateng minimal 30 menit sebelum waktu interview yang udah dikasitau. ini penting banget. usahain jangan sampe telat, meski beberapa menit aja.
2. pake jam tangan-buat penampilan. coz, gue pernah denger kalo interviewer bakal lebih seneng sama pelamar yang pake jam tangan. jadi, pake jam tangan meski pinjeman doang πŸ˜›
3. jaga kontak mata dengan interviewer. biar interviewer tau, loe nyimak tapi juga ga nyolot. πŸ˜€
4. pake bahasa yang lugas dan straight to the point kalo ditanya sesuatu. tapi, kalo emang ga jelas, mending minta ditanya ulang, daripada salah jawab.
5. jangan terlalu tegang.

hmm,, apa lagi ya? itu aja kali yaa.. gue ga begitu inget trik2 yang udah gue lakuin. coz, udah lama juga sih πŸ˜›

anyway, yang pasti pada saat milih mau ngelamar kerja di mana, lagi2 gue bilang, musti dengerin kata hati karena dengan kata hati, biasanya kita akan lebih tau mau gimana2. πŸ˜‰

termasuk juga, nolak panggilan beberapa oilco yang terjadi setelah gue cabs dari SLB.. huff,, keputusan cerdas musti dibuktikan nih.. πŸ˜‰

so,, jadi begitu perjalanan hidup selama kurang lebih 23 tahun, seorang Billy Koesoemadinata – penulis, novelis, blogger (wannabe)

*Perjalanan Hidup-CONTINUES to the real life πŸ˜‰

Tagged: , , ,

§ 13 Responses to Perjalanan Hidup (8) – Menghadapi Dunia Kerja

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Perjalanan Hidup (8) – Menghadapi Dunia Kerja at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

