bisa ga sih gue jadi dosen?

Februari 5, 2009 § 20 Komentar

“bil, ajarin yaa…”
set dah! emang gue sape ya? koq bisa2nya pada minta gue buat ngajarin? 😛 hehe.. sok famous banget ya gue? padahal… ngene2 ae (artinya: gini2 aja..) –> minjem istilahnya damar dan indra,, duo sohib gue waktu di balikpapan dulu

*emang buat ajarin apa sih, bil?

nah loh.. ketauan deh.. kalo emang gue bukanlah pengajar yang baik. 😛 atau yah, bisa dibilang gue ga bisa ngajar.. hehe.. abis, kadang2 gue suka ga sabaran ngadepin yang diajar ternyata ga sabaran.. –> maksudnye??

jadi, gue tuh kadang2 suka ribet dan males aja nanggepin orang yang gue ajarin, kalo misal tu orang suka ngegrusuin gue dengan puluhan – ratusan – ribuan pertanyaan… tapi, itu bukan berarti gue ga mau ngajarin yaa.. cuman yah,, maksud gue adalah, kalo diajarin yaa.. sabar dong.. 😉

belakangan ini, gue sering banget terima telepon – sms – pesen via IM – plurk – email, dan masih banyak lagi bentuk2 permintaan tolong buat ngajar. mulai dari ngajarin materi kuliah – mentang2 IPK gue bagus 😛 sampe ngajarin yang-sebenernya-ga-perlu-gue-ajarin-juga-pasti-bisa – kaya’ gimana baca peta.. doohh… cape deh…

sekali lagi, gue bukannya ga mau ngajar ya,, cuman yah, kalo emang mau diajarin, ya musti ikutin apa yang gue kasitau.. step2nya kan ada.. meskipun itu cuman menurut gue.. getoohh..

anyway, kalo misal diminta ngajar, gue jadi keingetan pas masa2 terakhir gue kuliah di poltek dulu.. alias, jelang kelulusan gitu deh.. tugas akhir udah kelar, sidang baru dapet jadwal, tapi kuliah udah kelar dan nilai semester akhir udah dapet – kecuali tugas akhir pastinya,, nah, pas lagi masa2nya begitu, gue ketemu sama salah satu dosen yang cukup ditakutin sama mahasiswa di jurusan gue,, namanya pak soleh (spellingnya bener ga ya?)

so, waktu itu gue lagi ke kampus (duilee.. gayenye.. – coz, sekarang gue ga punya kampus nih 😛 ) dan, maksudnya sih mau ngemantepin tugas akhir – belajar2 gituh, nyari tau soal jadwal sidang, dan ketemu cewek gue – hahah,, ketauan dah, kalo pacaran sekampus 😛 , tapi eh malah ketemu pak soleh pas gue lagi ke gedung jurusan. dan, dia langsung ngajak gue ngobrol

“bil, kamu ada interest buat ngajar ga?” kata pak soleh,
gue yang lagi ngeliatin papan pengumuman, cengo aje.. ga ngarti, dan malah bilang “maksudnya, pak?”
“jadi gini loh mas, sekarang ini kan kita lagi restrukturisasi. dan, sepertinya dosen2 perlu diregenerasi. biar lebih dinamis gitu..” pak soleh ngejelasin panjang lebar,
sekilas, gue langsung minat banget. secara, gue emang niat banget pengen jadi dosen. bisa dibilang cita2 sih,, tapi… “emang saya qualified ya, pak? saya kan biasa2 aja dibanding temen2 yang laen…”
*halah, jijay ga seehh?? sok merendah banget ya gue? –> padahal, emang udah rendah.. 😀
eh, pak soleh malah nyengir, dan bilang, “yah, yang bisa nilai kan, dosen2. kalo mas mungkin ngerasa biasa2 aja, tapi kan di mata dosen itu beda.”
beuh.. beurat euy.. gue langsung speechless setelah dia ngomong begitu,
“gimana? minat ga?” pak soleh nanya lagi,
gue udah pengen banget jawab iya saat itu juga – secara, emang gue kepengeeeeennn banget jadi dosen alias pengajar alias guru alias pahlawan tanpa tanda jasa 😛 tapi,, “wah pak, saya pikir2 dulu ya. saya kan udah ada panggilan kerja di perusahaan X.”
tampang pak soleh rada kuciwa, tapi dia tetep dengan coolnya bilang, “yah, silakan dipikir2 dulu. kalo emang minat, silakan hubungi saya lagi. atau ketemu pak sidiq – ketua jurusan aja..”
gue nyengir, dan kemudian pak soleh cabs ke ruangannya lagi..

nah,, begitu obrolan itu kelar, gue ngurus segala keperluan gue dan pulang. sampe di rumah, gue ngobrol2 sama ortu gue. yah, mereka sebenernya gapapa, tapi lebih condong kalo gue gawe di perusahaan X – secara, gajinya guede dan peluang karirnya oke punya.. tapi, hati nurani gue ga bisa gitu.. dan, gue sebenernya keukeuh pengen jadi dosen – meski akhirnya musti ngalah juga, karena buanyaaaakkk hal

jadi, beberapa hari kemudian gue ke kampus lagi. ketemu pak soleh, dan minta maap kalo gue kaya’nya musti nolak tawaran dia.. duh,, nyesel banget gue.. asli!! coz, ternyata perjalanan gue di perusahaan X juga ga bagus2 amat – baru 4 bulan udah OUT

pas gue cabs dari perusahaan X gue sempet ke kampus lagi. nanya2 soal peluang jadi dosen ituh. masih bisa apa kaga. dan, sebenernya masih bisa sih. cuman, ditaro-nya di bengkel. dan, gue sebenernya udah minat sih. udah mau2 aja. udah minta info sama bu indri – salah satu dosen yang gue kagumin meski dia ditakutin disegenin sama temen2 gue.. juga ke pak soleh, yang nawarin gue itu.. tapi yah, kaya’nya emang gue belum bisa jadi dosen.. coz, prosesnya berlarut2 sampe akhirnya gue keburu dapet kerjaan laen – di pabrik pula!

so,, sampe sekarang – kurang lebih udah 1,5 taun sejak penawaran jadi dosen itu, gue masih mendem cita2 buat jadi dosen.. jadi dosen di jurusan gue lah pastinya.. ngajarin mahasiswa,, hidup di kampus, kerjaan stabil, dan sesuai dengan minat gue – secara gue kuliah di situ juga kan? dan, dipanggil Mas – karena kalo bapak, ketuaan kan.. 😛 –> sok ngayal banget ya gue? hahahah

pak soleh, pak sidiq, bu indri, kalo emang masih ada kesempatan buat jadi dosen,, anak didikmu ini mau bangeeettt.. tuolongg… mudah2an payment-nya bener2 sesuai, jadi bisa sekalian kuliah lagi ke S1 dan S2 seperti syarat2 yang dikasih sama direktorat dan juga dikti.. *lah? koq jadi lebay ginih? 😀

Tagged: , , , , , , , , , ,

§ 20 Responses to bisa ga sih gue jadi dosen?

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading bisa ga sih gue jadi dosen? at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

