nama

Februari 12, 2009 § 23 Komentar

“what is in a name?” begitu kata shakespeare lewat karya2nya.. menurut dia, mawar meski namanya bukan mawar, tetep aja harum..Β  jadi, apa artinya sebuah nama?
hmm.. ada benernya,, tapi juga belum tentu bener sepenuhnya.. karena menurut gue, nama ada artinya koq.. πŸ˜‰

coba, bayangin aja kalo kita ga punya nama. pasti kita bakal bingung pas harus ngenalin diri kita ke orang laen. apalagi, kalo misal harus nginget2 orang laen setelah kenalan? πŸ˜› jangan2, ntar ngenamain orang laen berdasar ciri fisiknya ajaahh.. –> jadi inget, gue sempet dipanggil akung, gara2 gue tinggi (jangkung).. padahal nama gue bagus loh,, πŸ˜›

Billy Koesoemadinata. itu nama gue. lengkap. singkat. cuman 2 kata dalam satu nama panjang gue. beda sama sodara2 gue yang punya nama tengah, atau juga 2 nama tapi tetep pake nama keluarga – Koesoemadinata. hehe…

nah, karena gue bilang nama ada artinya – dan ga sepenuhnya setuju sama shakespeare,, coz nama gue punya arti tersendiri.. πŸ˜›
Billy, artinya Pelindung Yang Teguh. beuh,, beurat euy.. gue adalah pelindung yang teguh. pelindung yang kuat. sosok yang harus melindungi orang laen. hehe.. pantesan aja gue sempet dikira paspampres ya? πŸ˜›

yang lucunya, ternyata nama Billy kalo ditranslate langsung dari kamus – biasanya, dari kamus saku kaya’ alfalink itu loh,, Billy ternyata artinya tongkat polisi.. alias, pentungan! hahah… berarti juga pelindung yang teguh kan? karena pentungan selaen dipake buat ngelawan penjahat, juga berfungsi buatΒ  ngelindungin si polisi kan?? πŸ˜€

hehe.. so coincidence banget kalo nama gue punya arti yang sama, meski beda asalnya. yang satu, dari mitologi yunani-romawi, yang satu lagi dari terjemahan langsung dari bahasa inggris.. hehe.. pelindung… yang teguh.. untungnya gue bukan pulisi.. kalo iya, bisa2 bener klop banget tuh kerjaan gue sama artian nama gue.. *halah..

anyway,, meski begituh, nama gue yang ‘cuma’ Billy Koesoemadinata itu.. – Koesoemadinata itu nama turunan dari keluarga bokap gue,, kadang2 juga bikin ribet.. kenapa? coz, kadang2 gue suka jealous aja sama orang2 yang punya nama lebih dari 2 kata. apalagi, kalo yang ga pake nama keluarga.. kenapa? hmm.. gini ceritanya..

suatu ketika, gue pernah apply buat magang di perusahaan luar negeri. – hehe,, masa lalu banget tuh – dan, disuruh ngisi form gitu deh yang-udah-kaya-biodata-ituh.. di form itu ketulis begini,
given name:
surname:

karena bingung dan ga mau sampe salah ngisi, gue nanya deh sama instruktur magangnya. apa bedanya given name sama surname. dan, dia ngejelasinnya begini,
“surname itu, nama keluarga kamu. atau, nama belakang kamu. kalo given name itu, nama kamu tanpa nama keluarga atau nama belakang.”
gue jawab, “ooo.. oke. makasih.”
si instruktur pun pergi lagi.
ga lama, gue udah belaga ngarti, dengan ngisi,
given name: Billy
surname: Koesoemadinata

setelah kelar, form itu dikumpulin. dan, hari itu juga langsung diadain interview awalan. pas giliran gue di-interview, si interviewernya ngeliat gue dulu pake tatapan yang sedikit mencurigakan – menurut gue sih, ngeliat lagi ke form, dan mulai nanya.
“nama kamu, Billy Koesoemadinata?”
“iya, Pak. sesuai dengan yang tertulis di form.” jawab gue santai.. berusaha ngilangin gugup πŸ˜›
“nama depan kamu Billy? dan, nama belakangnya Koesoemadinata?”
dooh, udah jelas gituh,, pake ditanya lagi sih? “iya, Pak.”
“kamu ga ada nama laen, selaen dua kata itu?” dia nanya lagi. aneh dah pertanyaan satu ini.
“iya pak. Billy nama yang dikasih ke saya sama orang tua saya. sementara Koesoemadinata itu, nama keluarga besar saya, Pak.”
“oo… jadi, sebenernya nama kamu cuman Billy aja, ya?” dia nanya lagi.
he? maksudnya? terus kenapa coba? “iya, Pak. ada apa, ya?”
si interviewer malah diem. trus, dia senyum. “gapapa. saya cuman pengen tau aja. just curios…”
dooh,, ada2 aja si interviewer ini.. apa mungkin, dia lagi mikir ‘jadi orangtua koq, ngasih nama anak irit banget?’ πŸ˜›

anyway, setelah pertanyaan yang ga penting ituh, dia mulai nanya macem2, mulai dari CV gue, sampe kerjaan gue sampe sebelum apply buat magang. dan, gue jawab aja apa adanya.. semampu gue, seperti apa yang gue rasa dan alamin sendiri πŸ˜‰

kurang lebih 30 menit, interview kelar. gue bersiap2 pulang aja dari kantor tempat interview tadi. ga jauh, cuman di daerah kuningan. jadi masih agak deket rumah gue, meski harus naek kopaja 2x.

sepanjang pulang, gue mikirin apa yang ditanyain sama interviewernya. hmm.. kenapa ya, dia tertarik banget sama nama gue yang ‘cuman’ Billy Koesoemadinata itu? apa karena nama keluarga gue panjang banget plus termasuk kategori u-lama (pake oe, ejaan lama dari u)? atau, apa ya? penasaran..

*sampe sekarang gue ga bisa nemu apa sebabnya, dan itulah makanya kadang gue suka kepengen buat punya nama tengah antara Billy dan Koesoemadinata.. tapi, gue bingung mau pake nama apa… secara, Billy Koesoemadinata aja udah ‘berat’ apalagi kalo ditambah? πŸ˜›

nah, kalo loe pade, apa arti dari nama loe? sharing yaa.. coba, kita bandingin nama siapa yang paling berat.. πŸ˜›

Tagged: , , , , , ,

§ 23 Responses to nama

  • watergold mengatakan:

    arti nama aku : Bulan Februari, bulan purnama, anak kedua, laki-laki..
    secara gampangnya : anak laki-laki yang lahir pas bulan purnama/lahir tanggal 14, di bulan Februari..

    coba kira2 nama aku siapa..?

    salam kenal http://waterword.wordpress.com

  • deeedeee mengatakan:

    kayaknya gw tauk perusahaan mana? secara pernah kesono juga tp gagal di user, hahaha jd curcol ginih !

    aniwey, ini mana asli gw or blog gw ?

    Kalo nama aslinya maknanya adalah obor! hagh, ga indah bener ya. tp kalo mo dialusin bahasanya bisa dibilang sebagai pelita, penerang bagi semua org gitu, hehe. Ini nama diberikan oleh sang Nenek. Kalo nama belakang, kayaknya standard aj deh, soalnya gw lahir di bulan oktober, jadinya oktaviani deh! but eniwei, setelah gw googling nama gw ternyata buanyak bgt para orang tua yg memberi nama anaknya sama dg gw! wadaw, kayaknya para tetua gw kurang kreatif memberi nama, haha… Tp tetep disyukuri krn maknanya not bad, hehe

    Nama beken di blog (ca elah, sok beken bgt dah!) bisa dibaca di disini, haghaghags.. tetep promosi!

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    waterword,, nama loe Febrian Purnama..
    hehe.. bener ga?

    deeedeee.. hahaha… jadi keingetan masa lalu yak? πŸ˜› jadi, nama loe pelita di bulan oktober dongs.. πŸ˜›

  • Rindu mengatakan:

    Ayah saya memberi saya nama: Cut Istiqomah Meutia Saeful … semoga saya mampu menyandang nama pemberian Ayah πŸ™‚

  • Rindu mengatakan:

    Koq nama saya gak ada di blogroll friend mas? 😦 heheheh GR banget saya.

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    mbak rindu, linknya ada di blogroll yang tulisannya …inspiring…
    wah, sekarang saya baru tau nama aslinya.. bagus sekali.. mudah2an bisa menyandang itu.. amin…

  • Gusti Dana mengatakan:

    Akhirnya saya bisa buka blognya mas Billy:-),salam kenal ya;-)

    Sangat sulit untuk mengakses blognya mas lewat hp karena trafficnya tinggi,jadi saya anggap ini hari keberuntungan saya setelah beberapa puluh kali gagal mengadakan kunjungan balik:-).

    Kalau nama asli saya malah panjang banget mas..”IGusti Ngurah Sedana Putra”,cuma disingkat dengan “Gusti Dana”.Kira-kira apa artinya ya…??.

    Ijinkan saya memasang link blog ini di Blogroll agar saya selalu ingat untuk bersilaturahmi:-)

    Salam hangat dan persahabatan selalu

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    wah, mas gusti.. salam kenal juga..
    masa’ sih sulit buat ngakses blogs saya? emang iya ya trafficnya tinggi? setau saya, ‘cuman’ 40-an per hari.. πŸ˜› mungkin, hari ini emang hari keberuntungannya.. πŸ˜‰

    hehehe.. saya ga tau mas gusti, apa artinya.. tapi, kaya’nya sih merujuk sama kasta ya? mas gusti orang bali bukan?

    seepp.. linknya silakan dipasang.. nanti saya pasang balik di sini.. πŸ˜‰

    salam juga sesama via FIB

  • ndari mengatakan:

    erm..nama yah..?
    nama saya cuma satu kata..jadi ga’ PD aja gituh..
    pokokna kalo di translete tanpa bantuan KBBI, karen amenandung bahasasansakerta,,hehe
    “Satu diantara Bunga”..

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    lah? emang apa? ndari? tapi koq jadi panjang gitu artinya.. hebring.. penghematan daripada gue tuh πŸ˜›

  • M Shodiq Mustika mengatakan:

    mau tanya nih πŸ™‚

    nama sebenernya tuh siapa sih? saya jadi bingung sendiri

    di atas di tulis ” padahal nama gue bagus loh atau Billy Koesoemadinata ” ??

    yang bener yang mana nih??

    hihihi,,becanda denk πŸ˜›

  • Takodok! mengatakan:

    Arti nama saya secara bebas : anak perempuan pertama yg lahir bulan Desember dan mdh2an secantik dewi Anggraini (sayangnya nggak πŸ˜› )

    Nama terakhir itu aja katanya ditambahin gara2 temen ayah komentar kok namanya pendek amat. Ada2 aja sih πŸ˜†

    Eh, saya malah pengen punya nama keluarga. Tapi… panjang bener nanti jadinya hehe

  • pengendara mengatakan:

    biar jadi tiga kata :
    .
    cuman Billy Koesoemadinata,
    .
    setujuh !!!

  • Jafar Soddik mengatakan:

    Nama adalah sebuah doa atau sebuah pengharapan dari yang memberikan nama.

    Bahkan Allah swt pun memiliki nama-nama indah (asmaul husna) yang ketika hamba-Nya menyebutnya dengan salah satu nama tersebut maka itulah ‘panggilan kesayangan-Nya’ yang membuat Dia semakin dekat dengan hamba-Nya.

    Ketika orangtua memberikan nama pada putra putrinya maka disanalah orangtua menggantungkan harapan agar kelak si anak bisa menjadi seperti apa yang ia ‘doakan’ dalam namanya.

    Dan satu lagi yaitu ketika kita memanggil seseorang dengan kata-kata sindiran seperti ‘si item’,’si penyok’,’si kribo’ atau semacamnya tentu akan membuat hati dan pikirannya terusik, jadi lebih baik kita panggil seseorang dengan panggilan yang baik agar ada ‘doa’ yang kita sertakan ketika kita panggil dia. πŸ™‚

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    ustad shodiq,, yang bener ya.. Billy Koesoemadinata lah.. πŸ˜‰

    takodok, dewi anggraini itu siapa ya? ga tau nih..
    eh, kalo cewek ada nama keluarga, wajar2 aja.. kan nantinya juga bakal ikut suami

    pengendara,, hahahaha…

    bung ja’far,, setuju.. nama adalah doa.. makanya, kalo shakespeare bilang ga ada artinya, beuh.. boong banget tuh πŸ˜‰

  • M Shodiq Mustika mengatakan:

    nah gitu donk yah ” Billy Koesoemadinata ”
    aku kira bagus nama nya πŸ˜€
    peace…………..

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    hehe.. ustad shodiq bisa aja..

  • M Shodiq Mustika mengatakan:

    makin sukses aja nih kayanya

    chayooo….

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    sip.. makasih ustad.. minta doanya aja yaa.. ;-

  • M Shodiq Mustika mengatakan:

    oh, iya aku do’a kan………..tapi gantian yah??? hehehehe….:P
    maksudnya biar sama-sama do’ain gitu…..

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    hehe.. sip dah.. kita saling mendoakan aja, ustad πŸ˜‰

  • Indah mengatakan:

    Uhuhuhu.. Nama gua juga cm dua, satu nama sendiri and nama di belakang ya nama keluarga.

    Pengennya sih punya 3 juga yang mana 2 nama pertama itu nama gua, ahahahaha ^o^

    Temen gua ada lho, namanya 4 nama dan itu semua tanpa nama keluarga, huehehe πŸ˜€

    Btw, mungkin yang interview itu nanya soalnya kalau orang Barat khan rata2 punya 3 nama tuh.

    Seperti misalnya : Britney Jean Spears, John Francis Bongiovi, dan lain-lain.

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    indah.. bisa jadi sih begitu.. biar jadi orang barat ya.. tapi tetep aja, keki.. nama cuman dua.. berasa pendek bangetzz.. πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading nama at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

