pancaroba

Februari 19, 2009 § 29 Komentar

kata BMKG – dulu BMG, februari ituh puncaknya musim ujan. dan, biasanya banjir bandang terjadi di bulan2 ini, terutama banjir yang bikin jakarta kelelep. –> istana aja, beberapa taun lagi terancam kelelep loh! dan, biasanya kalo lagi musim ujan ginih, pastinya banyak banget penyakit yang beredar –> lah, udah kaya’ koran ajah,, πŸ˜€

tapi emang bener koq, pas lagi bulan2 ginih yang udah mau klimaks musim sekaligus peralihan, biasanya penyakit bakal banyak nyerang. gue inget bener apa kata guru SD gue dulu pas baru awal2 belajar IPS,,
“Indonesia memiliki 2 musim. kemarau pada april-september, dan hujan pada oktober maret. biasanya, pada saat bulan-bulan peralihan akan banyak penyakit yang beredar, karena itu dikenal sebagai musim pancaroba, atau musim peralihan. antara lain, bulan februari sampai april, dan juli hingga oktober.”
gitu kata guru SD gue..

dan, kaya’nya kata2 guru gue ituh ada benernya. coz, meski sekarang musim udah mulai keganggu dengan el nino – la nina, dll ituh,, tetep ajah bulan2 februari-april adalah bulan2 yang rawan buat kesehatan. kemaren aja tuh, gue liat di berita. kalo sebuah kecamatan di jakarta timur, terancam jadi KLB demam berdarah.. hiii….

entah kenapa, gue tiap kali denger kata2 demam berdarah, kesan yang muncul ituh serem bangetzz.. sampe bergidik.. hii.. abis, gue inget bener waktu 2 taun yang lalu, adik gue yang paling kecil kena DBD sampe harus dirawat di rumah sakit sampe kurang lebih seminggu. duh,, kasian banget deh… infus sono-sini, kepala trus pusing, nangis, dll.. duh,, sampe ga tega ati gue ngeliatnya waktu ituh.. tapi untungnya Allah SWT ngasih adik gue kesehatan lagi dan juga sembuh dari demam berdarah ituh.. Alhamdulillah..

back to pancaroba lagi,, selaen DBD kaya’nya penyakit emang lagi meraja. dan, yang paling gampang menular sih, kaya’nya pilek atau flu, coz itu penyakit yang virusnya selalu berubah2.. –> itu kata guru biologi gue dulu, bener ga? dan, gue sekarang ini lagi kena kaya’nya… tapi, kalo gue, selaen emang karena sekarang lagi pancaroba, kaya’nya gue emang perlu istirahat deh. coz, kata temen gue yang mahasiswa kedokteran, kalo kena flu-pilek, berarti tanda tubuh perlu istirahat. — lah, bukannya kalo sakit emang berarti kita harus istirahat ya? πŸ˜‰

dooh,, jadi pengen istirahat nih. pengen tidur,, hibernasi kek kaya’ beruang… πŸ˜› huahahahahaha..

Tagged: , , , , , , ,

§ 29 Responses to pancaroba

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading pancaroba at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

