pencerahan

Februari 20, 2009 § 49 Komentar

hari ini, setaun yang lalu, gue lagi berada di jogjakarta. backpack travelling. tanpa persiapan yang signifikan selaen duit di dompet dan juga nyali yang kuat. sebuah perjalanan yang kemudian kurang lebih ngubah idup gue. karena, itu berkesan bangetz..

anyway,, gue ga nulis postingan ini buat nyerita soal perjalanan di jogja ituh.. tapi, lebih ke hal2 filosofisnya dan beberapa kejadian sebelum dan setelahnya aja yaa.. πŸ˜‰

sebelum backpack travelling ituh, gue baru aja OUT dari kerjaan gue dulu. kerjaan yang gue sempet ngarep bakal jadi karir life time gue. karir yang udah lama gue mupeng banget dari masa2 kuliah. yah, karir di dunia migas. yang duitnya basah ituh. yang selalu ngalir kenceng ituh. yang, kerjanya juga ga kenal waktu ituh. dan, yang kerjanya kadang ngedeketin bahaya…

kejadian OUT ituh bener2 bikin gue sakit hati pada awalnya. coz, ga ada angin ga ada ujan.. tiba2 aja diforce buat OUT.. yah, karena emang gue lagi ga akur sama yang nawarin OUT, jadinya gue terima2 aja deh.. meski sebenernya, gue ga rela juga diperlakuin sepihak begituh.. tapi, gue waktu itu mikir, ga ada ruginya gue OUT… jadinya kan, gue bisa cari kerjaan laen selaen migas.. dan kemudian gue terjebak dengan ngerenung panjaaaannggg… dan, perenungan panjang ituh, akhirnya ngehasilin sebuah pemikiran baru.. –> bisa jadi, migas emang bukan buat gue.. bisa jadi, gue emang ditakdirkan buat ngerjain sesuatu yang laen, dan bukannya migas.. –> sambil inget2 sendiri betapa dulu gue jadi aktipis kampus yang juga sering ngegrusuin soal pentingnya ngejaga lingkungan, eh, koq malah kerja di migas – yang notabene ngerusak lingkungan πŸ˜›

yep. migas bisa jadi bukan buat gue. dan, yang terjadi setelah kejadian OUT ituh, gue pun balik lagi ke jakarta dari balikpapan sono. and so, there were me. jobless.. dan, one thing yang langsung ada di kepala gue adalah, “gue cari kerja di mana nih?” –> aneh ya? padahal sebelumnya, gue mikir kalo gue ditakdirkan buat ngerjain yang selaen migas, tapi apa?

dan kemudian, sambil apply sono-sini, gue pun ngambil keputusan, kalo gue kaya’nya perlu liburan. yak, LIBURAN! –> jobless koq liburan? aneh ya.. πŸ˜› dan, tujuan utama gue adalah jogja.. kenapa? karena entah kenapa gue selalu merasa adem.. tenang.. tentram..

kurang lebih 5 hari gue di jogja sana. jalan2. nenangin pikiran. ke tempat2 bersejarah. dan, gue pun semakin yakin kalo gue emang ditakdirkan buat ngerjain yang laen. something unexplainable but powerful ngedrive gue buat ngilangin semua pikiran tentang migas.. and you know what? it works..

setelah 5 hari gue putusin buat balik lagi ke jakarta. padahal, tadinya gue mau lanjut ke bali –> sutuy dah.. hahahaha.. gue balik selaen emang ada panggilan kerja, tabungan gue yang kepake buat liburan ituh, juga mulai tipis.. πŸ˜› maklum,, tabungan dana pribadi sih, segitu2 aja.. dipas2in aja.. ga lebih.. coz, kalo sampe gue pake semua isi tabungan,, berarti sama aja cari mati –> secara, waktu itu, gue kan belum dapet pemasukan baru..

and there was me, back to jakarta. after 5 days in search of truth, i was enlighted. i have enlightment. dan, setelah perjalanan ituh, gue tau apa yang gue mau. –> bukan iklan sprite yaa.. πŸ˜‰

Tagged: , , , , , , , , ,

§ 49 Responses to pencerahan

  • cenya95 mengatakan:

    semangat… semangat… semangat…
    kumpulin uang lagi ‘tuk pelesir lagi…
    kutunggu ceritanya… okey.

  • nh18 mengatakan:

    So …
    Apakah yang Billy mau … saat itu ??

    hehehe

  • yessymuchtar mengatakan:

    Hey Bill!

    postingan ini keren πŸ™‚

    Tidak selamanya yang kita inginkan selalu berdekatan dengan uang.
    Seperti pekerjaan gue sekarang, yang gue keluhkan namun di saat bersamaan juga gue cintai πŸ™‚

    Hehehe…

    Gue selalu bilang ..
    Always Love your job…but never fall in love with your company…hehehe

  • M Shodiq Mustika mengatakan:

    hay Bill,
    kita harus semangat menjalani hidup betapapun susahnya
    karena di balik itu semua pasti ada hikmah nya kok, nggak usah kawatir…
    dasar BIlly…jobless kok bisa jalan2 yah??
    ayoo…kumpulin lagi duitnya, siapa tau bisa jalan2 ke luar negeri, jangan lupa ajak2 yah??

  • cantona hugo mengatakan:

    nice posting…
    salam kenal,,,

  • annas mengatakan:

    wah-wah juragan Billy, semakin “sufi” saja…..

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    cenya,, hehe.. kumpulin duit bukan buat pelesir.. itu buat pencarian jati diri
    duilee.. gayenye.. πŸ˜›

    kang nh18,, hmm.. yang saya mau? adalah… –> SEBISA MUNGKIN GA KERJA LAGI DI MIGAS!! hehe.. bayangin saya ngomong gitu sambil teriak di atas borobudur.. πŸ˜›

    bu yessy,, sip.. makasih.. bu yessy tau aja apa maksud saya nulis postingan inih.. thanks ya.. bener banget tuh apa kata2 bu yessy πŸ˜‰

    ustad,, emang saya selalu berpikir seperti itu. di setiap kesusahan, pasti ada kemudahan. i believe in that. πŸ˜‰
    jobless malah jalan2? hehe.. namanya juga lagi stress.. πŸ˜›
    iya nih, ini juga lagi ngumpul2 supaya bisa jalan lagi.. minimal, target tour de java-bali laah.. hehe..

    cantona,, iya… salam kenal juga

  • Takodok! mengatakan:

    hai Bil! *ikut2an* πŸ˜›
    perjalanan memang sering membawa pencerahan. Itulah sebabnya gw sering luntang-lantung gak kaeruan naek kereta 2500 perak ke Pariaman, then… langsung pulang hahaha..
    sebenernya emang dasar iseng aja sih :mrgreen:

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    takodok,, huahaha.. dasar..
    tapi emang bener koq, kadang2 jalan2 ga jelas juntrungan naek kereta gituh – yang super murah pula, bisa bikin otak jadi lebih terang.. πŸ˜‰

  • ipi mengatakan:

    bulan dpn emg ada rncn ke jogja, smg bs dpt pencerahan jg
    trus skrg kerjanya ngapain dung?

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    annas,, hehe.. sufi apanya ya?? πŸ˜›

    ipi,, mudah2an bisa dapet pencerahan yaa..
    sekarang, kerja di kantor lah.. jadi jurnalis.. kan, ke jogjanya taun kemaren.. πŸ˜€

  • pakde mengatakan:

    Jadi …nak bili mau kerja apa jaman itu? I know what you did last summer…..begitu toh jalan ceritanya….ya ya yua yaaaaa. Billy Is The Best. akhirnya bergerak di media sekarang. Bukan begitu??

  • omiyan mengatakan:

    oleh olehnya mana

    (nengok kanan kiri)

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    kang dekry,, iya.. jadi begitu jalan ceritanya kenapa sampe sekarang saya mencoba untuk terus bertahan di dunia media.. udah keburu sakit hati sama dunia migas.. πŸ˜€

    om,, oleh2 paan? udah abis juga kalee.. kan udah setaun πŸ˜›

  • firman mengatakan:

    aneh tapi nyata .. dari tadi blog walking yang dibicarain-setidaknya disinggung- jogja .. mulu …
    hmm , kotaku emang keyen πŸ˜€

  • YaNoWa mengatakan:

    semangat donk…uang pasti gampang kok di dapetin asal kita bisa usaha…

  • bayex mengatakan:

    “makin jauh kita melangkah, makin banyak yang bisa kita lihat…” nyambung kagak yah??
    gw cuman inget kata-kata ini dari sebuah film jadoel yg dibintangi ateng-iskak judulnya gw lupa… πŸ™‚

  • defrimardinsyah mengatakan:

    Billy,
    kadang memang hidup dan karier tidak selalu seperti yang kita inginkan. tentu saja hal itu sudah diatur dari atas, dan tentu lagi selalu kita mendapatkan yang terbaik untuk kita… semoga bisa lebih berjaya ditempat yang sekarang…

    salam kenal

  • mas8nur mengatakan:

    Jogja is the best…. itu juga yg aku lakukan th. 2001 habis jobless di semarang terus sering kangen jogja, jadilah pagi naik bis smg-jogja. Sampe Jogja cuma nongkrong disamping penjual batu akik di malioboro sambil tengok kanan kiri kayak orang tolol, sore pulang lagi ke semarang. Itu beberapa kali. Setelah hampir putus asa nggak dapet kerja eh…malah ada yang nawari kerja di Balikpapan dan kerasan hingga 5 tahun. Tapi nggak di migas lo, he,he….

  • anto84 mengatakan:

    mampir sambil baca

  • M Shodiq Mustika mengatakan:

    aku daftar ikutan donk? kalau ke bali??
    heheheh…. πŸ˜›

  • boyin mengatakan:

    wah gue salut ama lu bill…gue tunggu cerita selanjutnya yah..

  • newbiedika mengatakan:

    oya sekarang msh ap msh krja d migas?

  • deeedeee mengatakan:

    Dulu gw juga berharap besar juga ke perushaan migas ituh, Bill.. Tp mungkin emang bukan jalannya kesana, anggap aj kita sedang digiring menuju jalan yg jauh lebih baik walau dengan cara yg bikin sakit hati..

    Enjoy what you have now, Feel free doing what you want! Lagian lo cocok kok jd journalist, ga selalu dibelakang meja juga khan, tetep ke lapangan walau beda medannya :D.

    Gw juga mo liburan ah,, liburan dirumah (lol)

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    firman,, hehe.. ini lagi kebetulan aja kali..
    tapi yah, i had to admit,, jogja is so homy.. πŸ˜‰

    yanowa,, pastinya lah semangat. makanya sebisa mungkini ga ke migas dulu. tapi coba di luar migas πŸ˜‰

    bayex,, itu nyambung bangetzz.. makanya gue seneng banget buat jalan2 alias menjelajahi kehidupan *halah.. πŸ˜›

    defri,, yak bener banget kata2nya.. yang penting, kita usaha yang terbaik agar mendapat yang terbaik kan?? πŸ˜‰
    salam kenal juga

    mas8nur,, huahahaha.. ga jauh beda pas saya backpack ituh.. kerjaannya cuman ke tempat2 bersejarah, trus nongkrong2 kaya’ orang tolol dah.. πŸ˜› hihi.. lucu… jadi keingetan jadul.. πŸ˜€
    anyway,, kerja di balikpapan jadi apa?

    anto,, silakan mampir..

    ustad shodiq,, bisa aja ke bali.. ntar ya,, kita bikin tour de java-bali.. πŸ˜‰

    boyin,, thanks.. tapi, salut apanya ya? –> asli,, ga tau apa yang disalutin πŸ˜›
    cerita selanjutnya? sabar.. perjalanan hidup masih panjang bro..

    newbie,, sekarang ga di migas dan berusaha untuk tetep ga ke migas.
    sekarang di media..

    deeedeee,, hahahaha.. koq jadi curcol gitu sih?? πŸ˜›
    iya nih, gue enjoy bangetzz.. asli.. bisa kerja sesuai hobi juga πŸ˜‰
    hahaha.. liburan koq di rumah? gpp dah,, daripada ga liburan sama sekali πŸ˜€

  • bluethunderheart mengatakan:

    semoga pencerahan sang pencipta Bumi dan Langit kita akan sellau ada dalam segala detik detik nafas abang ya
    selamat berakhir pekan
    salam hangat selalu

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    oke deh blue,, thanks yaa.. πŸ˜‰

  • yummy mengatakan:

    Lam kenal aja deh….

  • kezedot mengatakan:

    bang….
    selalu q nanti di apartemandnya blue ya
    salam hangat selalu
    selamat menikmati akhir pekannya

  • sutrisno mengatakan:

    wah..saya suka nih jalan-jalan begini, tapi jujur harus ngulang bacanya, soalnya belum dapat “cahaya”nya

  • M Shodiq Mustika mengatakan:

    waahhh… ide yang sangat bagus
    kenapa aku nggak kepikiran yah?? iya tuh, kita bikin aja tour bareng java-bali
    siapa yang mau ikut? heheheh….

  • mahardhikadewi mengatakan:

    wa seruuuu…. ga ngajak2 nie holiday..
    tenga aja .. pasti dapat yg terbaik if u tray n pray….

    Semangat!! πŸ™‚

  • edratna mengatakan:

    Mencari kerja itu ibaratnya seperti mencari jodoh.
    Jadi kadang bukan karena gajinya, tapi bisa juga karena lingkungannya, adanya perasaan damai.
    Kalau nggak sesuai, kadang malah sering membuat sakit…..
    Jadi…sebaiknya berpikir positif, suatu ketika akan menemukan apa yang sesuai dengan kompetensi kita

  • Ndari mengatakan:

    seru yah..
    kita harus melewati perjalanan eh perenungan panjang..
    untuk menemukan apa yang kita mau..

  • wennyaulia mengatakan:

    jadi bangga ama jogja πŸ˜€

    brarti migas ndak cocok bwt cewe ya?

  • geRrilyawan mengatakan:

    pencerahan datang tiba-tiba ya…
    setuju….jogja itu emang enak buat kontemplasi..

  • yoan mengatakan:

    well bill,

    everything happens for reasons, right?

    dan ketika seseorang sudah tau apa yang dia mau,
    en berusaha mendapatkan apa yg dia mau,
    tinggal tunggu waktu aja buat mengalami kesuksesan itu…

    Smangat bill!

    πŸ™‚

  • wi3nd mengatakan:

    so bill??
    you 9et a job now..??
    cemna9aaaaaddd..!!

    btw nice trip isn’t it?

    jo9ja man9 selalu merindukan..;)

  • DIAJENG mengatakan:

    cukup satu kalimat ” pencerahannya keren ” πŸ™‚

  • DIAJENG mengatakan:

    semoga liburannya menyenangkan kang πŸ™‚

  • kahfinyster mengatakan:

    well,,jogja emang keren,,hhe,,

    gue kangen jogja!!

  • ayay mengatakan:

    salut bi, berani ambil resiko..nggak ky gw yg sdh 2 bulanan ini uring2an krn lama2 dah 6 bulan ini main job gw melebar2 kemana-mana “litle2 ayay” pusiing…

  • roberthendrik mengatakan:

    suatu saat aku pasti ke jogja.. selama ini cuman mampir di stasiunnya doang pas mau ke bandung atau surabaya,hehe

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    yummy,, lam kenal juga

    kezedot,, asik.. jadi kapan kita arisan nih πŸ˜‰

    sutrisno,, hehe.. ulang2 aja terus.. atau tanya langsung aja kenapa ga dapet ‘cahaya’ ituh.. πŸ˜›

    ustad shodiq,, sip.. jadi kapan ya? kita cari tanggalan yang banyak libur akhir pekan aja.. jadinya kan, panjang tuh

    mahardhika,, yee.. mau diajak gimana coba? kan udah taun kemaren.. πŸ˜€

    bu ratna,, emang bener bu.. makanya kita emang harus ngejalanin itu semua dengan positif dan menemukan kedamaian.. –> komennya bu ratna oke juga nih.. hebriing!!!

    ndari,, ya pastinya dong.. kan namanya juga perjalanan hidup ,,, eehh penjelajah kehidupan πŸ˜›

    wenny,, emang situ orang jogja?
    migas sebenernya cocok buat siapa aja,, asal.. dia mau kehilangan beberapa bagian hidupnya πŸ˜›

    gerilya,, hehe.. gue baru ngeh kalo pencerahan itu datangnya tiba2 πŸ˜€
    sip dah,, emang kontemplasi itu paling enak di jogja

    yoan,, bener banget.. semuanya terjadi karena ada alasan tertentu. dan Tuhan tau apa yang terbaik bagi hambanya.. πŸ˜‰
    sip,, doain aja supaya sukses juga.. thanks yaa..

    wi3nd,, ya pastinya dong.. sekarang kan udah kerja di media
    dan,, emang perjalanan itu asoy bangetz.. pengen balik lagi nih..

    diajeng,, makasih..

    kahfinyster,, hehe.. yuk, kapan2 kita ke jogja bareng2 πŸ˜‰

    ayay,, hehe.. itu juga ambil risiko karena udah kebawa emosi juga.. udah SUPER BETE banget sama manajemen sono.. udah bobrok bangetz.. orang2 lokal ditindas –> contoh penjajah baru soalnya.. idealisme pun meruak.. πŸ˜›
    sabar,, gue juga kerjaan yang sekarang litle2 billy koq.. tapi yah,, masih enjoy nih gue.. πŸ˜€

    robert,, makanya.. jangan cuman singgah di stasiun doang,, tapi juga turun dan ngejelajahin jogja deh.. dijamin,, pasti ada pengalaman baru πŸ˜‰

  • kezedot mengatakan:

    bang pa cabar…..
    semangat selalu ya
    salam hangat dalam dua musimnya blue
    q nanti disana……..

  • roberthendrik mengatakan:

    hahaha… katanya si dekat stasiun itu dah dekat malioboro ya?

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    kezedot,, sip dah…

    robert,, ember.. tinggal jalan dikit, udah sampe malioboro.. kan deketan tau..

  • candra- mengatakan:

    jadi cerah juga setelah baca ini.semangat!

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    candra,, sip.. HAYO,, YANG SEMANGAT SEMUANYA!!

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading pencerahan at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

