kondektur atau gubernur?

Februari 25, 2009 § 38 Komentar

“bil, kalo mau ke monas naek apa? ada ga yang langsung dari depok? kalo ganti angkutan, musti berapa kali? kalo pulangnya sama ga? kira-kira, ongkosnya berapa ya? eh, kalo naek kereta mungkin ga?”
dooh.. lagi2 gue dapet pertanyaan begitu. berasa males banget ngejawabnya,, abis ntar gue jelasin sekali, ntar kalo mau ke tempat laen lagi – selaen monas, pasti nanya gue lagi. tapi, kalo ga dijawab kasian juga. ntar kalo nyasar? secara ga langsung, gue tanggung jawab dong…

kondektur. itu profesi yang dulu pernah gue lakonin. hehe.. ini rahasia kecil-kecilan sih. coz, ga banyak yang tau kalo gue pernah jadi kondektur bus kota di jakarta ini. dan, profesi itu ga lama juga. gue waktu jadi kondektur itu, cuman buat ngisi waktu aja sambil ngapalin jalanan kota jakarta. hehe.. dan, itu terjadi secara ga sengaja.

so, ceritanya dulu gue lagi iseng ke kawasan ciledug dari blok M. biasa,, maen2 sama temen2 gue yang seneng banget jalan2. dan, waktu itu bus kotanya lagi kosong lompong. padahal, lagi siang2 dan macetnya boo…. tapi yah, meski kosong gitu, tu bus kota tetep jalan aja. dan, di deket kreo – kalo ga salah, tu bus kota berenti. kondektur aslinya ngobrol bentar sama si sopir, trus ngasi duit dan turun. ga lama, bus kotanya jalan lagi ga pake kondektur.

gue sama temen2 gue yang duduk agak deket kursi sopir, iseng nanya.
“bang, koq keneknya (kenek=kondektur) turun?” tanya temen gue.
“tau tuh, dia lagi ada urusan keluarga.” jawab si sopir.
“lah, trus ntar yang nagihin penumpangnya siapa?” giliran gue yang nanya.
“au dah.. biarin aja.. kalo inget, penumpangnya pasti bayar ke gue, kalo ga ya ga. gue juga males buat nagihin. masa’ iya gue harus bawa ni bis, sambil nagihin sih?” jawab si sopir lagi.
gue & temen2 gue pada diem. dalam hati, gue mikir, ada2 aja ni sopir. dia koq sebegitunya banget. apa lagi bete kali ya?
“kalo dibantu ngenekin, mau bang? tapi ntar dapet komisi yaa…” gue bilang. iseng sih sebenernya. kata2 yang tiba2 aja keluar dari mulut gue.
dan, jawaban dari si sopir justru lebih ngagetin. “yaudah. sono. ntar gue kasi komisi. satu rit cukup kan? trus gue pulang. setoran gue udah ada koq.”
dalam hati, gue geli2 sendiri. ga nyangka aja si sopir langsung setuju. dan, gue sama satu temen gue langsung jadi kondektur, sambil satu lagi tetep di kursi penumpang buat jagain tas.
begitu udah sampe ‘pos’ masing2, mulai dah kondektur dadakan tereak2 narikin penumpang.. hahahaha…
dan, kejadian itu ga sekali. tapi beberapa kali. yah, ga sering juga. cuman kalo lagi kebetulan aja naek bus kota yang sama, dan kalo lagi kebetulan iseng maen2 lagi ke ciledug. sampe akhirnya, karena kadang2 juga ngetem di terminal blok M, gue apal beberapa trayek bus ‘dari dan ke’ di jakarta ini. hehe…

nah, mungkin karena gue apal trayek bus itu kali ya, sampe akhirnya temen2 gue kalo mau jalan ‘dari dan ke’ di jakarta ini, pasti nanya gue kalo soal angkutan umum. padahal, gue ga pernah bilang kalo gue pernah jadi kondektur loh.. kecuali temen2 gila gue yang juga pernah jadi kondektur bareng gue.. hehe

kadang, kalo ditanya soal cara2 nyampe ke tempat2 tertentu di jakarta itu, gue suka ngebayangin,, gue udah kaya’ gubernur aje.. tau sono-sini.. tapi ah,, ga mungkin juga gue jadi gubernur.. lah, TTL aja bukan asli jakarta,, meski udah lama tinggal di jakarta. udah gitu,, gue kan ga jago politik πŸ˜› –> ngarepnya sih, bisa kerja di Komplek MPR-DPR Senayan,, tapi…. ga bisa2 juga.. hahahaha

Tagged: , , , , , , , , , , ,

§ 38 Responses to kondektur atau gubernur?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading kondektur atau gubernur? at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: