IBSN: jujur atau boong?

Maret 12, 2009 § 25 Komentar

sebelum baca lebih lengkap postingan ini, gue punya pertanyaan yang musti dijawab dulu yak.. apa bedanya dari,
a. orang yang jujur
b. orang yang omongannya jujur
c. orang yang ga ngeboong
d. bigos alias biang gosip
e. tukang gosip
f. tukang boong

hayo… ada yang tau jawabannya ga? kalo misal bingung,, gue kasih clue deh nih.. –> kalo jawabannya “ga ada bedanya, kecuali antara jujur & boong.” atau jawabannya “bedanya kebagi 2 kelompok. yang pertama kelompok yang isinya pilihan a sampe c. kelompok kedua, isinya pilihan d sampe f.” –> berarti pada kaga ngarti sama konsep kejujuran.. πŸ˜›

nah loh! kecele kaga? πŸ˜€ hehehe..

okeh, kalo misal pada bingung,, mending simak baik2 tulisan gue inih. cerita soal orang2 yang termasuk ke kategori2 di atas..

alkisah ada seorang cewek bernama nayla. dia gawe jadi asisten bidang komunikasi internal di sebuah pabrik. dia selalu nyampein apa yang perlu disampein sama manajemen ke pekerja, begitu juga sebaliknya. ga ditunda, juga ga berlebih atau kurang. sementara itu, ada satu temen kantornya, sebut namanya kiki. kalo dia, sering banget dimintain pertimbangan sama manajemen buat beberapa kebijakan, meski sebenernya dia jarang banget buat mikirin ituh. tapi, kalo ditanya sama temen2 yang laen, dia selalu bilang, “yah.. gitu deh..”

selaen itu, juga ada OB di kantornya, yang sebut aja namanya mahmud. dia rajin banget buat kerja, apalagi kalo misal disuruh2 buat keliling antar bagian. dan, biasanya, sebelum jalan antar bagian, dia selalu nanya ke beberapa orang, “ada yang perlu gue sampein juga ga? gue mau ke bagian itu, di sana. jadi sekalian.” dan, dia selalu keliatan senyum pas kerja.

nayla juga punya temen kantor yang agak senior. sebut namanya pak heru. dia sering banget ditanya2 sama temen2 nayla kalo pas ganti taun, atau pertengahan taun. dan, dia juga pasti selalu ngejawab. tapi, jawabannya selalu diawali dengan, “kalo ga salah sih, menurut kabar terakhir yang saya denger….” dan, kalo udah ada berita gituh, ada yang paling ribut di kantornya nayla. sebut namanya oci. dia paling demen ngebahas kabar2 dari pak heru sampe tuntas sama temen2 kantor nayla yang laen. dan, bahasan itu bisa sampe berhari2!

selaen itu, juga ada temen kantor satu lagi yang sebulan sekali pasti ga masuk kerja, barang sehari sampe 3 hari. namanya mona. kalo ditanya kenapa ga masuk kerja, dia pasti bilangnya, “gue lagi cuti datang bulan.” tapi anehnya, tanggalnya ga selalu sama! misal, januari ini dia ga masuk tanggal 20-21. februari dia ga masuknya 10-12. nah loh! jadi penasaran kan, dia ngapain pas ga masuk ituh?

nah,, udah disimak baek2? kalo udah,, silakan baca lagi nih lanjutannya.. berikut hasil analisa gue dan juga hasil dari pengalaman gue aje yee.. πŸ˜›

a. orang yang jujur. kaya’nya udah jelas kan, kalo yang begini adalah orang yang selalu ngerjain apa pun dengan niat baek, ikhlas, dan ga berlebihan. dia orang yang inisiatif dan bisa dipercaya. dia orang yang setiap perilakunya mencerminkan kalo emang dia jujur, adil, dan ga neko2. –> kalo di cerita di atas, orangnya ya mahmud si OB ituh.

b. orang yang omongannya jujur. nah, yang begini ini adalah orang yang selalu nyampein apa yang disuruh ke dia. inisiatifnya agak kurang – kalo ga mau dibilang sedikit banget. πŸ˜› tapi meski begitu, dia juga bisa dipercaya. karena dia ga pernah berlebih2an, dan tetep adil. –> kalo ini, jelas2 aja si nayla di cerita atas tadi.

c. orang yang ga ngeboong. nah, kalo orang yang begini nih, yang patut ‘sedikit’ diwaspadai. kenapa? karena dia ga ngeboong. – LOH? bukannya bagus? – hmm,, ga juga. coz, orang begini kebilang orang yang jarang ngomong, alias seperlunya. trus, dia irit kata2. plus lagi, pemikirannya cuman satu, yang penting jangan boong. tapi, itu bukan jaminan dia bakal nyampein apa yang perlu disampein. dalam artian, inisatifnya hampir ga ada sama sekali. dipercaya bisa, tapi cukup jadi orang yang buat nyimpen2 rahasia aja. πŸ˜€ –> bisa nebak, siapa orang di cerita di atas yang masuk kategori ini? hehe.. pastinya kiki dong

d. bigos alias biang gosip. kalo orang yang begini inih, udah pasti orangnya yang demen ngomong. ga ada satu saat pun buat dia diem, kecuali kalo lagi tidur kali. dia selalu update dengan berita2 yang ada, meski berita itu belum pasti kebenarannya. dan, meski begitu, dia selalu langsung nyebarin berita itu.. πŸ˜€ –> kalo ini, pastinya pak heru

e. tukang gosip. yang termasuk kategori ini, agak lebih mending daripada bigos, karena dia ga nyari2 inpoh atau update dengan kondisi. tapi, orang kategori ini paling susah dimintai pertanggungjawaban, karena dia paling demen buat ngegosip. jadi, bahasan gosip selalu jadi lebih besar dan jadi lebih seru kalo udah nyampe ke dia. karena, dia kan tukang gosip. –> kaya’nya oci yang paling pas masuk kategori ini dari cerita di atas

f. tukang boong. hehe.. kaya’nya ga usah gue kasitau lagi juga, semua orang udah pada tau.. πŸ˜€ kalo tukang boong, pastinya apa aja yang dia bilang itu ga asli, ga bener, dan pas dibuktiin ga ada apa2nya. –> kalo ini jelas mona lah.. πŸ˜€

hehe.. gimana? sekarang udah tau?

nah, kalo gue nih,, berhubung gue yang bikin postingan ini.. kalo ditanya gue masuk kategori yang mana,, gue jelas2 bingung lah.. coz, pernah jadi orang yang mana aja.. πŸ˜› tukang boong pernah juga dongs,, πŸ˜€ tapi kalo ditanya juga, paling pasnya sama yang mana? hmm.. kaya’nya gue bakal bilang yang kategori c – orang yang ga ngeboong..

kalo orang laen, gimana yak? πŸ˜› tulis di sini yaa..

IBSN adalah sebuah wadah insan indonesia dalam jaringan internet
dengan berbagai jenis blog platform yang memiliki konsep
keindahan berbagi berbagai hal bermanfaat untuk kebaikan pada
sesama, dengan tujuan untuk membuat hidup ini makin bermakna.
visit Indonesians’ Beautiful Sharing Network

Iklan

Tagged: , , , , ,

§ 25 Responses to IBSN: jujur atau boong?

  • Yep berkata:

    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ Nice post…bro πŸ™‚

  • cenya95 berkata:

    Hmmm… pilihan yang susah…
    daku dah lakukan semua itu kecuali yang tukang… (daku bukan Tukang)
    bila dipersentasekan daku termasuk yang jujur karena saat mencoba ngeboong… berdebar hatiku…
    Saking jujurnya jadi dipinggirkan diriku ini.
    bagaimana dunk…
    lho koq jadi curhat … maaf.

  • deeedeee berkata:

    Hm,,, kalo aku berusaha sebisa mungkin ga bo’ong, walo kadang mulut sering keseleo yg mengakibatkan kebohongan,, masyaalloh…!

    but eniwei, semua option pernah aku lakuin deh, hehe. tp skr mo berusaha jad lebih baik, tauk kapan saatnya tutup mulut! yg penting khan ga bo’ong, hahaha

    so, C is my option πŸ˜€

  • pengendara berkata:

    boong, saya jujur

  • wi3nd berkata:

    tuKan9 boon9,berapaan biLL har9ana.. πŸ˜›
    hehehhe

  • IndahJuli berkata:

    katanya manusia itu berbuat kesalahan, manusiawi πŸ˜€
    tapi sejauh ini sih, kalau saya…apa yah, berusaha ngak boong aja deh..hehehehe

  • edratna berkata:

    Sulit kalau menilai orang….mengapa kita nggak menilai diri sendiri, dan sebaiknya kita minimal jujur pada diri sendiri.

  • yep,, pastinya donks..

    cenya,, kalo gitu loe masuk yang b. orang yang omongannya jujur. πŸ˜€

    deedee,, hehe.. kita samaan dongs.. πŸ˜›

    pengendara,, hmm.. masuk yang mana ya? kaya’nya sih,, d. bigos.. πŸ™‚

    wi3nd,, tukang boong harganya GRATIS!! coz pasti ga dibutuhin sama siapa aja.. πŸ˜›

    indahjuli,, hehehe.. berarti masuk kategori c. dong.. πŸ˜€

    bu ratna,, hmm.. masukan yang bagus tuh.. πŸ˜‰

  • DIAJENG berkata:

    mencoba menjawab ya..semoga benar….tapi nek salah ya ndak papa tho…:)
    A. orang yang selalu berusaha berkata apa adanya
    B. orang yg pada saat dia berbicara, pasti didasari oleh fakta
    C. orang yg pada saat ditanya dia menjawab benar
    D. orang yg menjadi sumber segala sesuatu yg bisa dijadikan bahan perbincangan tanpa melihat fakta yg benar
    E. orang yg menjadikan segala sesuatu itu sebagai bahan pembicaraan dan cenderung tidak melihat fakta
    F. orang yg selalu baik sengaja atau tidak perkataannya sulit di pertanggung jawabkan dan sulit di percaya.

    uhm…kang billy…aku sudah berusaha menjawab ya…..coba benar atau salah…kang billy harus konfirmasi ke diajeng πŸ™‚ diajeng tunggu di taman keputren…okeeey….aku lunch dulu…pai..pai…:)

  • DIAJENG berkata:

    Semoga hari-mu menyenangkan kang…met Lunch juga…:)

  • mamas86 berkata:

    Wo… Jadi itu to. Bingung saya kemaren apa maksud IBSN… ternyata…

  • ernit berkata:

    jujur, gw boong πŸ˜€

  • hastu berkata:

    gw tukang tilpon masuk kategori mana yah??

  • cK berkata:

    saya tengah-tengah. kadang jujur, kadang bo’ong. :mrgreen:

  • diajeng,, selamat.. kamu sudah bisa mengkategorikan dengan baik

    mamas86,, lah,, emang dikiranya apa?

    ernit,, kekekekekek.. dasar

    hastu,, tukang tilpun masuknya ke.. C. yang penting ga boong

    cK,, hmm.. kalo gitu kategori baru, chik.. πŸ˜›

  • Rindu berkata:

    Saya juga bingung mas mau komen apa disini … πŸ™‚

  • Neng Keke berkata:

    Cukup memusingkan juga :))

  • Andi berkata:

    Duh saya termasuk yg mana ya…. Ah biarkan orang lain yg nilai aja ah. πŸ™‚

  • Harsa berkata:

    hummmm…kalo gw lebih cenderung yang C. Bicara seperlunya yang penting ga boong, jadi tergantung lawan bicara gw…kalo nge-trick bicaranya bisa, ya berarti dia akan mendapat kejujuran gw yang seutuhnya…tapi kalo cuman nanya seadanya, ya cuman dapet kejujuran gw juga seadanya..hihihihi

    salam kenal, bro Billy..

  • mamas86 berkata:

    Ya kadang2 lah… Lihat situasi dan kondisi yang tepat… :mrgreen:

  • yoan berkata:

    jujur itu adil, menempatkan sesuatu pada tempatnya,
    tp orang yg melebih2kan belum tentu dia bo’ong. bisa jadi dia cuma sedikit ga jujur…
    tukang gosip juga belum tentu suka bo’ong. bisa jadi dia menyampaikan berita yg dilebih2kan tapi punya nilai kebenaran walau sedikit.

    semuanya itu relatif…

    :peace ya:p

  • mbak rindu,, itu buktinya bisa komen πŸ˜€

    neng keke,, kalo pusing, minum obat dongs πŸ˜‰

    Andi,, hihi.. masa’ mau dinilai melulu sih? ayo.. tebak2an aja dulu πŸ˜‰

    Harsa,, hehehe.. BRAVO!! dirimu mengerti sangat postingan ini kaya’nya πŸ˜€

    mamas86,, hihi.. dasar..

    yoan,, emangnya albert einstein pake teori relativitas segala?

  • omiyan berkata:

    jujur aja kamu boong kan bil wakakkakakaka

  • Dalmuji berkata:

    Nice Post Mas Billy…

  • Sari Rachmatika berkata:

    Orang jujur pun juga pasti bisa boong πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading IBSN: jujur atau boong? at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: