transformasi

Maret 16, 2009 § 20 Komentar

ini bukan soal cerita statsion tipi, atau juga soal cerita pilem yang bakal keluar sekuelnya taun ini, apalagi cerita soal temen baeknya Hermione Granger dan Ron Weasley,, tapi ini cerita soal yang nulis blogs ini. YAK! siapa lagi kalo bukan Billy Koesoemadinata.

FYI, postingan berikut ini bakal pake sudut pandang orang ketiga, dan bukannya sudut pandang orang pertama tentang Billy Koesoemadinata. ga laen, biar lebih BEDA aja seehh.. plus dramatic — halah..

suatu petang, Billy masih berada di kantornya. sibuk. ngantuk. suntuk. dia juga nulis hal yang sama di status YM, plurk dan FB-nya. –> pada tau kaga kapan kejadiannya? dan, sambil asik blogwalking dan juga googling,, tiba2 aja dia kecantol sama sebuah ide gila. dia pengen tau gimana penampilan dari blogsnya, kalo ditranslate secara langsung — pake google translator kan bisa tuh, dan itulah yang Billy lakukan..

pertama2, dia buka dulu google.com.. tau ga caranya? pasti pada bingung deh, coz tetep nyambungnya ke google.co.id, kan? πŸ˜€ yah,, trik2nya banyak koq.. tapi, kalo yang biasa dilakuin sama Billy adalah dengan cara, nulis lagi alamat google.com, di page yang udah kebuka google.co.id. yah, emang itu yag biasa dia praktekin

setelah kebuka google.com, dia (lagi2) iseng ketik namanya sendiri. Billy Koesoemadinata. –> tahap ke-narsis-annya udah parah banget neeh,, huakakakakakak.. πŸ˜€ dan, terjadilah halaman2 yang kebuka ituh.. yang banyak hasilnya ituh.. yang beberapa di antaranya nyambung ke blogs yang ditulis sama Billy, termasuk yang ini loh.. dan, dia kemudian tertarik sama tulisan, ‘translate this page’.. dan, kemudian dia klik ituh..

link itu ternyata nyambung ke salah satu postingan di blogs ini. tapi ada yang beda.. eh,, salah deng.. ada yang aneh!! karena, ternyata postingan ituh, ditranslate secara BEBAS ke bahasa inggris, dan hasilnya jauh dari sempurna.. alias, HUANCURRR!!! kenapa? karena translasinya kacau, rek.. palagi yang pake kata prokem alias ga baku!

contohnya gini,
‘hari itu gue lagi jalan aja diem2 di belakang bulungan. dan tiba2 aja, ada cewek noel gue sambil nanya arah.’

dan, hasil translasi bebasnya adalah,
‘that day gue more walk aja diem2 at behind bulungan. and tiba2 aja, there cewek noel gue while nanya direction.’

(doh) ancur banget kan? kacau gila deh.. Billy juga mikir hal yang sama. itu makanya kemudian dia mikirrrrrrrr panjaaaaaaannggg kenapa koq bisa gitu, dan solusi apa yang harus dia lakuin biar ga gituh. sampe akhirnya, dia nemu salah satu solusi – yah, dia sih berharapnya itu solusi,, dan itu adalah transformasi. –> kalo di pilem, pasti udah berubah dari asalnya mobil, jadi robot πŸ˜›

yak, transformasi. atau perubahan. itu yang Billy perluin. dan, dia kemudian mikiiirrrrrrr lagi sampe kemudian dia nemu satu hal buat permulaannya. yaitu,, perubahan pada kata. πŸ˜€ kenapa? karena kalo misal pake bahasa inggris, dia udah punya di sini . trus, kalo misal pake bahasa resmi, juga udah punya di sini, dan di sini. meski emang sih, bahasannya beda2.. πŸ˜€

still anyway,, back to transformasi itself,, Billy akhirnya memutuskan akan merubah satu kata sebagai permulaan di blogs ini. dan yah, pastinya ga susah juga sih. tapi, juga ga gampang. karena kata itu udah kebiasaan banget Billy pake, plus lagi Billy pastinya bakal bingung buat ngebedain antara kenyataan – di mana kata itu sering dia pake, dan juga dunia blogs – yang kata itu kemudian dia rubah. –> kekekekekek.. bingung kaga? baca postingan ini kaya’nya ga seru banget yak? πŸ˜›

okelah, biar ga panjang2 lagi.. langsung aja deh.. kata yang Billy ubah adalah gue menjadi saya. hehe.. simpel kan? tapi,, itu berat loh.. πŸ˜›

doakan saja, Billy berhasil melakukannya.. πŸ˜‰

Tagged: , , , , ,

§ 20 Responses to transformasi

  • yessymuchtar mengatakan:

    thats why blog gue elum bisa jadi saya…keknya beratt bangetttttttt pake kata kata saya….kayak…bukan gue banget ..hehe

    walaupun kalau percakapan sehari hari aku lebih suka ngomong aku πŸ™‚

  • Takodok! mengatakan:

    Jadi demi gugel translete nan ngaco itu si Billy merubah kata sapaan?

    Lanjutan pake *dia* aja Bil, seru :mrgreen:

  • mamas86 mengatakan:

    OK deh… Ikut mendo’akan… Semoga berhasil ya… :mrgreen:

  • deeedeee mengatakan:

    hahaha… semoga nantinya transletan di google-nya gak aneh2 lagi, hehehe

  • Vicky Laurentina mengatakan:

    Tadinya gw juga mau ngubah gaya nulis gw supaya lebih international-user-friendly gitu. Tapi kalo gw nyebut diri gw sebagai ‘saya’, kok kayaknya..that’s not me, gitu loh..

  • Chic mengatakan:

    berbahasa Indonesia yang baik dan benar gitu? cih! cuma buku pelajaran yang bisa kayak gitu… hihihihihi :mrgreen:

  • achoey mengatakan:

    gue, aku, daku, saya, ana, ane, abdi, abi, kulo
    Ayo pasti bisa!

    πŸ˜€

  • pakde mengatakan:

    Narsis..hik hiiiiii guwe juga narsis..bikin judul aja pakai nama guwe….secara orang susah mempopulerkan guwe. mending guwe sendiri yang mempopulerkan guwe.
    Me me me Foreveh…

  • DIAJENG mengatakan:

    kok diajeng malah ndak familiar dengan kata-kata gue ya…apa karena diajeng orang jawa….:)

  • DIAJENG mengatakan:

    keknya posting dengan kata “saya” atau “aku” atau “diajeng” lebih enuaaaak dibanding “Gue” πŸ™‚

  • wi3nd mengatakan:

    ya ampyuunn bill…bihun daKu awaLna..
    tenyata n9ubah bahasa saiyah tokh.. πŸ™‚
    semo9a & pasti bisa.. !!

    saiyaH doakan bill .. πŸ™‚

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    bu yessy,, hihi.. saya juga sama nih. sehari2 masih pake gue.. πŸ˜›

    takodok,, sebenernya bukan cuman buat gugle trenslet juga sih.. ada yang laen.. πŸ˜€

    mamas86,, iyah.. makasih yaa..

    deeedeee,, hehe.. iya nih.. bete loh pas ngeliatnya

    vicky,, makanya ituh.. susah banget nih.. musti pelan2 kaya’nya πŸ˜‰

    chic,, kan emang sengaja siapa tau ada yang nawarin nulis buku pelajaran πŸ˜› tapi soal ngeblogs πŸ˜€

    achoey,, iya.. PASTI!!

    pakde,, hehe.. emang narsis itu sudah menjalar ke mana2..

    diajeng,, orang jawa atau bukan, yang pasti kalo ditranslate, ‘saya’ lebih kebaca dibanding ‘gue’ πŸ˜‰

    wi3nd,, iyah.. doakan sampe berhasil yaa.. thanks! πŸ™‚

  • omiyan mengatakan:

    transformasi itu yang memudahkan orang dalam suatu perjalanan ya..

    ***ngacciiirrrr****

  • yoan mengatakan:

    wuahhh…

    angkat jempol *tukang ojek* deh buat billy.

    ayo kita bersama-sama melestarikan ‘saya’ sebagai wujud kecintaan kita kepada bahasa Indonesia yang baik dan benar :mrgreen:

  • Billy Koesoemadinata mengatakan:

    om..om.. gimana seehh??

    yoan,, lah koq yang diangkat malah jempolnya tukang ojek?

  • DIAJENG mengatakan:

    gue dateng…:) (*duuh ga enak banget sih pake gue….) ulangi aaah…Saya dateeeeng πŸ™‚

  • itikkecil mengatakan:

    saya dari dulu terbiasa pakai kata saya buat nulis di blog, tapi kalo komen di blog sahabat-sahabat saya atau chatting baru pake kata gue πŸ˜€

  • edratna mengatakan:

    Namanya juga komputer…dia kan nggak bisa meng adjust…..
    Tapi lama kelamaan, dengan perbaikan terus menerus, suatu ketika translate nya akan bangus

  • mancung64 mengatakan:

    Saya datang bertamu bil, trims udh comen n berkunjung ke blog saya. Cb terus pake bhs indo yg baik dan benar, syukur2 bisa tampil di binar ato jd presenternya.Itu lho acara pelajaran bhs indo di tvri.

  • Must_GoGo! mengatakan:

    Wakakak.. saya juga sudah pernah coba itu translator, asli kacaw deh jadinya..
    Masalahnya, kalau pakai bahasa indonesia baku, juga belum tentu tepat translasinya, grammar yang berbeda antara posisi subjek predikat objek. Lagian, gaya penulisan jadi terkesan kaku, anehlah pokoknya πŸ™‚
    Jadi gimana dong? Kalo gitu tulis ulang aja dalam bahasa Inggris ciakakakak.. modyarrr.. πŸ˜€

    Thanks udah visit dan comment di blog saya, nice blog you have here..
    Salam kenal..!

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading transformasi at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

