Mau Kuliah? Atau Studi? Belanda aja!

April 22, 2009 § 32 Komentar

Pepatah bilang, tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina. Tapi nyatanya, sekarang ga cuman Cina aja negeri yang bisa dijadiin tempat buat nuntut ilmu. Soale, ada negeri lain di bumi ini, yang juga bisa dijadiin tempat buat nuntut ilmu, atau bisa juga disebut ngelanjutin studi. Yaitu, Belanda.

Belanda. Negeri yang juga terkenal dengan sebutan nama negeri kincir angin dan juga negeri dam ini, punya buanyaaakkkk banget pilihan buat ngelanjutin studi. Mulai dari Seni (Arts), Hukum (Law), sampe Teknik (Engineering). Yang mungkin paling unik, yaitu studi linguistik, sastra dan sejarah yang berkaitan dengan Indonesia!

Coba, bayangin ajah, sebuah negeri yang letaknya ribuan kilometer dan perjalanannya hampir setengah bumi ini, punya studi khusus soal Indonesia! Hebring ga seehh??๐Ÿ˜‰

Dan, informasinya adala emua pilihan studi tersebut, kesebar di sekian banyak perguruan tinggi di negeri Belanda. Mulai dari Amsterdam yang jadi ibukota negeri itu, trus kemudian nyebar ke Utrecht, Leiden, Wageningen, dan masih banyak lagi. Dan, yang juga menarik ituh bahasa pengantarnya pas kuliah, yakni Bahasa Inggris.

Ya. Bahasa Inggris adalah pengantar kuliah yang sekarang dipake di Belanda. Alasan itu lebih karena makin banyak warga dunia yang asalnya dari negara-negara luar Belanda, yang ngelanjutin studi di sana. Dan, umumnya mereka ga nguasain (kalo ga dibilang ga bisa) bahasa Belanda dengan lancar.

Sebagai negara yang punya teknologi maju, Belanda nyediain studi di perguruan tingginya dicocokin sama kebutuhan yang ada di Belanda. Selain singgungan sama teknologi, studi-studi yang ada juga ngedukung perkembangan sosial kayaโ€™ pendidikan, lingkungan, HAM, dan masih banyak lagi.

Kalo misal ternyata emang tertarik buat lanjut studi di Belanda, tapi bingung sama dana,, tenang.. ada koq solusi yang dikasih sama beberapa lembaga. Apalagi kalo bukan beasiswa? Karena, beasiswa buat studi di Belanda keitung buanyaakkk.. dan beragam pula! Cuman kadang, kita-nya aja yang ga nyadar dan ga tau..

Intinya sih, ga usah takut apalagi bingung kalo mau ngelanjutin studi di Belanda. Kenapa? Karena banyak banget kemudahan2 dan juga kelebihan2 yang bisa diambil, dipelajari, dan kemudian dibagi ke semua orang. Jadi, mau kuliah atau studi? Belanda aja!

Billy Koesoemadinata

*Penulis adalah jurnalis dari media dwi-mingguan Tabloid RUMAH, Kelompok Kompas Gramedia*

Tagged: , , , , , ,

§ 32 Responses to Mau Kuliah? Atau Studi? Belanda aja!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Mau Kuliah? Atau Studi? Belanda aja! at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: