munggahan

Agustus 18, 2009 § 31 Komentar

apa yang kalian perbuat sebelum Ramadhan tiba? bayar puasa? minta maaf sama orang2 yang kalian kenal ataupun ga? atau apa? ada yang ekstrim, ga?

kalo saya, sebelum Ramadhan  dan juga shaum selama sebulan penuh, sadar ataupun ga, saya sering banget ngejalanin kegiatan yang namanya munggahan. asal bahasa sunda – yang saya sendiri sampe sekarang pun ga begitu ngerti apa artinya kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia.😛 –> sori, bukannya ngaku2, tapi emang ga tau apa bahasa Indonesianya

anyway, dulu waktu saya masih tinggal di tasik – kota kelahiran sekaligus tempat saya sekolah sampe SMA dulu, munggahan banyak caranya. ada yang rekreasi ke tempat yang jarang didatengin buat wisata alam kaya’ pantai, curug – air terjun, atau justru ziarah ke makam. apa pun tujuannya, tapi yang pasti itu namanya munggahan. nah, satu kesamaan dari setiap tujuan adalah makan-makan!

iya. saya ga boong. makan2 adalah agenda wajib yang harus masuk dalam kegiatan munggahan. usut punya usut, katanya munggahan sambil kemudian makan2 ituh adalah kesempatan yang harus digunakan sebelum masuk bulan Ramadhan. karena nanti pas bulan Ramadhan kan, makannya pas malem dan bukannya siang. nah, munggahan adalah acara makan2 siang yang rame2 sebelum masuk Ramadhan.

tau deh tu tradisi mulai dari kapan dan sama siapa. tapi yang pasti saya hampir tiap taun pasti ngelaksanain munggahan. ga perlu gede2, ga perlu mewah2, tapi yang penting bisa buat ngebangkitin semangat buat nyambut Ramadhan.

kaya’ kemaren contohnya, buat munggahan ituh, saya jalan2 ke Ancol pas long wiken 15-17 agustus. selaen karena itu hari libur terakhir sebelum masuk Ramadhan, saya juga kebetulan dapet diskon tiket masuk Dufan. dan jadilah hari minggu tanggal 16 agustus, saya pergi ke dufan dan ancol. tapi nyatanya, di sana rameeeeeeeee bangeeeeettttzzz!!! mau naek wahana pun susah! lama di ngantrinya!

dan, sore2 pun ke ancol. ke pantai yang ada dermaganya itu loh – saya ga tau namanya apa, karena udah lama juga ga ke ancol. dan, nikmatin suasana laut sampe matahari terbenam. wuih.. asik puol.. dan, meskipun capek plus bete karena di dufan susah nikmatin wahana, tapi semangat saya cukup bangkit buat masuk Ramadhan ini.

kalo kamu, munggahan sebelum Ramadhan ngapain?

Tagged: , , , , , , , , , , ,

§ 31 Responses to munggahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading munggahan at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: