jurnal singkat gempa tasik 2009, 3-6 sept.2009

September 8, 2009 § 13 Komentar

pastinya banyak orang ga tau kalo saya selama beberapa hari kemaren sempet liputan ke daerah bencana gempa Tasikmalaya, yang terjadi pas tanggal 2 september 2009 ituh. ya, saya pergi ke tasikmalaya.. kota dan kabupaten tepatnya.. tempat bencana yang terjadi, tempat bangunan runtuh, tempat banyak orang2 ngungsi di sana-sini.

kesan pertama saya pas dateng ke lokasi adalah, saya ngenes banget! gila.. sebuah kota dan kabupaten tempat saya dulu kecil dari SD sampe SMA, sebagian bangunannya runtuh! rusak2, dan juga banyak pengungsi di mana2. kondisi yang paling ekstrim bisa diliat di kabupaten tasikmalaya.. coz, di sana banyak orang yang jadi pengungsi.

hari pertama saya ke tasik ituh, saya keliling2 di wilayah kota tasikmalaya. ada sebuah bangunan di prapatan yudanegara dan pasar wetan, keliatan runtuh. bangunan itu emang tua sih, tapi saya masih inget banget dulu saya sering lewat situ buat nonton di bioskop di jalan yudanegara.

trus, beranjak juga ke SMAN 1 Tasikmalaya, ini sekolah sma saya dulu sebelum akhirnya pindah kuliah ke jakarta. ternyata, di sekolah itu juga banyak dinding yang retak2 dan juga beberapa pecahan dinding di mana2. gila.. sedih banget saya ngeliatnya. coz, itu sekolah kan banyak cerita lama saya pas masih muda dulu.

jalan dari sma, saya pun keliling lagi di wilayah kota tasik. jalan ke daerah tentara pelajar, ada satu bangunan toko diesel yang runtuh juga. buseett.. tu toko padahal udah ada di situ dari jaman dulu banget.. saya masih inget dulu berangkat sekolah tuh pasti ngelewatin toko ituh..

dari situ pun saya sama temen2 sekantor yang kebetulan lagi tugas ngeliput, akhirnya pergi ke manonjaya. situs mesjid bersejarah di manonjaya ternyata rusak parah! ngenes banget deh ngeliatnya… dan, sepanjang jalan pulang pun kita terus2 muter buat nyari2 daerah bencana di sekitar tasikmalaya.

kondisi yang cukup parah bisa ditemui di kecamatan cigalontang. kota kecamatan yang letaknya agak lebih jauh dari singaparna inih, banyak banget bangunan rusak yang rubuh sebagian, atau bahkan rata sampe tanah. beberapa bahkan ga bisa dihuni lagi, dan orang2 di dalemnya musti ngungsi ke tempat aman terdekat.

hhh.. sedih banget saya ngeliatnya.. coz, biar gimanapun tasik kan dulu tempat saya besar dan juga belajar idup..

mudah2an ga kejadian yang lebih parah lagi..

*foto2 eksklusif ada di Tabloid RUMAH edisi 170, terbit 16 September 2009*

Tagged: , , , , ,

§ 13 Responses to jurnal singkat gempa tasik 2009, 3-6 sept.2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading jurnal singkat gempa tasik 2009, 3-6 sept.2009 at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: