aku dan keluargaku

September 14, 2009 § 21 Komentar

*postingan ini ga bermaksud SARA. saya cuman mau unjukin soal saya, dan keluarga saya.*

cuman sedikit orang yang tau, kalo saya masih punya darah keturunan orang daratan tionghoa. ga bermaksud sombong ya, tapi emang gitulah kenyataannya. bahkan, kalo denger dari ceritanya orangtua dan juga nenek dari ayah saya, katanya kakek atau mungkin ayahnya kakek saya dari pihak ayah, masih orang asli daratan sana. dan, dulu juga namanya masih nama2 asli tionghoa, yang ada marganya, dan bukannya nama naturalisasi.

nah, kalo yang merhatiin fisik sih, mungkin bakal bisa nebak. yah, meski warna kulit saya gelap seperti orang2 Indonesia kebanyakan, tapi ada beberapa ciri fisik yang ga bakal ilang karena faktor keturunan tionghoa ituh. hihi.. saya geli banget, coz banyak orang yang percaya jadinya.. berasa aneh.. tapi yah, emang itulah kenyataannya..πŸ˜€

ciri fisik yang masih keliatan jelas adalah, mata saya yang sipit. kecil. kalo lagi ketawa, bisa jadi keliatannya lagi merem. beberapa orang bahkan bilang kalo saya ga bisa melotot. karena, kalo saya melotot sama aja kaya’ meleknya orang2 umum. huahahaha.. geli sangat dah poko’e!

nah, itu soal saya. beda lagi sama keluarga saya. yang dimaksud di sini adalah, keluarga besar saya dari pihak ayah saya ituh. yang masih ada keturunan tionghoa itu loh – keluarga besar Koesoemadinata.πŸ˜‰ yah, bisa dibilang keluarga besar Koesoemadinata adalah keluarga yang unik dan kaya’ nano-nano, penuh warna-warni yang Indonesia banget deh! kenapa? ikutin secara lengkap postingan ini ya..πŸ˜‰

nenek saya punya 6 anak. ayah saya, adalah anak pertama, dengan 1 adik perempuan, dan 4 adik laki2. jadi, saya punya 1 tante, dan 4 om dari pihak ayah saya. nah, dari kesemua itu, mereka semua unik. kenapa? karena nenek saya agamanya Buddha, ayah saya Islam, tante saya Kristen (saya kurang tau dia Katolik atau Protestan), dan 4 om saya yang laennya, 2 orangnya Islam dan 2 sisanya juga Kristen (saya juga kurang tau mereka Katolik atau Protestan).

udah keliatan unik ala Indonesia bangetnya? kalo masih kurang,, jajal yang berikut ini..

nenek saya asli orang Jawa. meski begitu, dia juga masih keturunan Tionghoa. trus, dari 6 anaknya punya pasangan yang masing2 asalnya beda2 dan juga sukunya macem2. ayah saya, nikah sama ibu saya yang dari tanah Tasikmalaya, Priangan – Sunda. tante saya juga nikah saya om saya dari tanah Bogor, Sunda. trus, 4 om saya nikah sama masing2 orang Sunda, orang Batak, orang Betawi, dan orang Manado.

yang paling seru dari beda2 dan juga unik itu adalah, kalo kita lagi kumpul bareng keluarga besar Koesoemadinata. biasanya, kumpul bareng yang rutin adalah kumpul setaun sekali pas Imlek-an, taun baru China yang biasanya dirayain sekitar bulan Februari. nah, kalo udah gitu.. wuah.. seru dah! coz, dari 6 anak yang dipunya sama nenek saya, udah ada belasan cucu dan juga 2 cicit! bayangin aja ramenya..πŸ˜€

keramean dan juga keseruan itu makin seru lagi, karena banyak banget makanan yang bisa disantap pas lagi kumpul2 itu! bayangin aja, ada berapa orang yang bakal bawa makanan khas yang beda2, atau mungkin juga makanan a la luar nagri yang pastinya juga beda2! — entah kenapa, semua orang di keluarga Koesoemadinata demen masak masakan luar nagri juga selain masakan asli dari daerahnya masing2.

hehehe.. dan, semua perbedaan itu selalu bikin saya bangga sebagai salah satu anggota keluarga Koesoemadinata. kenapa? karena kita selalu akur, dan juga seru2an – terutama saya dan juga sepupu2 saya yang umurnya ga begitu beda jauh. kalopun kadang kita ribut, yah.. namanya juga dinamika kehidupan. yang penting kan, gimana kita bisa ngehandle segala masalah, ambil solusi terbaik, dan tetep adil sama semuanya.

itu makanya, saya bilang juga, keluarga saya Indonesia banget!

oiya, istri abang saya masih keturunan Solo, dan pacar saya sekarang ini keturunan dari Aceh. nah.. unik dan nano-nano yang Indonesia banget kan?

*ada yang bisa ngitung berapa suku bangsa yang ada di keluarga besar Koesoemadinata? kalo kamu gimana?*

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

§ 21 Responses to aku dan keluargaku

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading aku dan keluargaku at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

