And There Will Be ‘Lights’ for the World

April 28, 2010 § 19 Komentar


Apa yang bakal terjadi kalo ga terang? Contohnya kalo malem-malem bakal susah ngerjain segala sesuatu dan juga repot. Kenapa? Kan mata manusia itu ga berfungsi optimal kalo kurang cahaya. Makanya, kalo udah agak gelap dan kurang cahayanya, biasanya langsung nyalain lampu yang dipunya di rumah. Mau lampu minyak kek, lampu teplok kek, lampu petromak, sampe lampu listrik. Semuanya dinyalain supaya bisa tetep aktivitas dengan baik. Supaya kehidupan manusia jadi lebih baik.

Dan bersyukurlah listrik sekarang ini udah ada begitupula lampu yang pake tenaga listrik. Thomas Alva Edison boleh jadi yang bikin bola lampu pertama yang berhasil, tapi.. buat pengembangan bola lampu yang hemat energi dan lebih dikenal sama dunia, pastinya lampu yang asalnya dari Belanda. Ga tau? Well, itu lho.. lampu Philips.

Koninklijke Philips Electronics N.V. (Royal Philips Electronics Inc.) atau juga dikenal secara mendunia dengan nama Philips, berdiri di Eindhoven, Belanda sama Gerard Philips. Yep, nama perusahaannya diambil dari nama pendirinya, dan sekarang juga dijadiin nama salah satu stadion di kota Eindhoven, kandangnya PSV di Philipsdorp (Philips Village).

Trus, apa hubungannya sama bola lampu?


PhilipsNah.. jadi, gini ceritanya. Philips itu kan pas di awal2 berdirinya dia produksi bola lampu sebagai produk utamanya. Sejak berdirinya Philips taun 1891 sampe sekarang itu bola lampu emang paling dikenal sama banyak orang. Kenapa? Hm.. Karena Philips terus ngasih evolusi teknologi yang bikin kehidupan manusia jadi lebih baik.

bright boostLampu hemat energi itu jadi teknologi yang dikembangin terus sama Philips. Dulu2, mungkin pernah denger yang namanya lampu TL, lampu neon, sampe yang namanya lampu Bright Boost. setiap lampu ini selain diklaim sebagai lampu yang ngehemat energi, juga diklaim bisa tahan lama. Teknologi bola lampu inilah yang akhirnya ngebuat perusahaan asal Belanda bisa menerangi dunia menjadi lebih baik dan mempermudah kehidupan manusia.

Dari Philips untuk Dunia

Lampu produksi dan bermerk Philips bisa jadi udah menerangi dan mempermudah segala aktivitas manusia sedunia. Tapi, inovasi dari perusahaan asal Eindhoven ini ga berenti sampe di situ aja. Masih ada cassette recorder (perekam kaset), yang menjadi inovasi paling berguna pada manusia karena dapat merekam suara dan membantu banyak pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan wawancara.

Trus, Philips juga ngembangin compact disc yang kemudian makin berkembang jadi DVD dan Blu Ray. Dalam pengembangan teknologi ini, Philips juga bekerjasama dengan Sony, perusahaan elektronik lainnya.

Well, udah keliatan jelas kalo Philips sebagai perusahaan yang berasal dari Belanda udah ngasih banyak banget buat dunia sehingga kehidupan manusia jadi lebih mudah. Jadi, wajar aja kalo Philips memberikan ‘cahaya’ bagi seluruh dunia.

Sumber gambar dan tulisan antara lain:

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Philips
  2. http://www.ciputraentrepreneurship.com/in/component/content/article/90-international-brand/1625-philips-merek-elektronik-yang-mendunia.html
  3. http://koran.republika.co.id/berita/52937/Lampu_Neon_Bright_Boost_Teknologi_Baru_dari_Philips

Mau ke Eindhoven buat ke Philips Stadion juga ga?

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

§ 19 Responses to And There Will Be ‘Lights’ for the World

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading And There Will Be ‘Lights’ for the World at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: