(akhirnya) jadi ‘dosen’

Agustus 3, 2010 § 19 Komentar

di Indonesia, ga banyak orang yang milih jadi pengajar. padahal, pengajar itu kan pahlawan tanpa tanda jasa. sebuah figur yang berada di belakang setiap orang mulai dari anak kecil, hingga dewasa. sebuah profesi yang terbagi menjadi guru, mentor, pelatih, hingga dosen. dan, saya sih berharap suatu saat nanti saya bisa jadi pengajar, jadi dosen.

dan, sepertinya langkah menuju ke sana agak ‘sedikit’ tersibak. yah, saya bilang ‘sedikit’ karena saya masih belum punya gelar S1, S2, dan seterusnya yang jadi syarat buat jadi dosen resmi di perguruan tinggi berdasar aturan dari departemen pendidikan nasional. tapi setidaknya, dari hal2 yang ‘sedikit’ itulah saya berharap bakal jadi lebih besar peluang saya jadi seorang dosen, atau setidaknya jadi pengajar.

seperti saya bilang di postingan saya sebelumnya, hal itulah yang menurut saya merupakan jalan saya untuk menjadi seorang pengajar. berbekal pengalaman dan juga pengetahuan dari sesama pegiat dunia maya berupa blogger, twitter user, dan juga beberapa milis, saya pun membuat sebuah presentasi yang dikasiin ke beberapa pelajar SMA, di sebuah event yang digagas sama Kompas Gramedia Group, di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong.

kurang lebih 20-an slide yang saya susun buat presentasi ke para pelajar SMA itu. materinya sih soal blog. dan, karena saya belum tau seberapa taunya mereka soal blog, jadilah saya bikin materi dasar tentang blog. soal pengertian, sejarah singkat, jenis2, contoh, dan juga apa yang lebih baik dan jangan dilakukan di blog.

dan.. di hari H presentasi, ternyata saya dikasih sebuah ruangan khusus buat “ngajar” ke pelajar2 SMA ituh. yah, kaya’nya sih itu sehari2nya dipake jadi laboratorium sama mahasiswa UMN, coz banyak banget komputer yang canggih. lengkap pula sama proyektor dan alat2 canggih lainnya.. diitung-itung, kurang lebih bisa muat lah 40an orang di dalem laboratorium ituh.

kira2 sekitar jam 10.30an, jalan saya menjadi seorang pengajar pun dimulai.. coz, di ruangan ituh masuk sekitar 35an pelajar SMA yang mulai mengisi 35an kursi beserta kompu masing2.

well.. awalnya sih rada sulit buat komunikasi sama mereka. secara, saya kan dulu ga SMA di jakarta atau sekitarnya, jadi saya ga gitu ngerti gimana cara nge-blend.. tapi, dengan beberapa langkah berupa ngelawak jayus, garing, dan sedikit narsisme yang tampil di presentasi, akhirnya suasana pun cair.. presentasi lancar sampe kelar, meski ga ada yang nanya T_T

oiya, jelang akhir sesi presentasi soal blog di kelas, saya pun ngasih tantangan sama mereka buat bikin blog. dan, meski kebanyakan isinya soal curhat ikutan presentasi blog itu — ada yang suka, ada yang kepaksa, ada yang tidur, sampe ada yang ga tau nama saya!!😆 – tapi overall, saya seneng. kenapa? karena mereka berarti tau apa yang saya kasih..

kelar presentasi, saya pun ngenilai hasil dari blog2 mereka. yah, sulit memang.. apalagi masing2 blog punya ciri dan kelebihan masing2.. tapi, memang harus ada yang menang dan ga menang sih, jadinya saya pun milih 3 blog yang dadakan dibuat ituh. ada 3 kategori yang jadi 3 teratas, yakni photoblog, korelasi antara isi dan presentasi, dan kejujuran. yep, kejujuran adalah hal terpenting yang saya tekankan ketika ngeblog, dalam presentasi saya sama para pelajar SMA ituh..

at the end of the day, 3 orang pelajar SMA naek ke atas panggung dan dapet hadiah dari sponsor… seneng deh ngeliat senyuman dan rasa bangga mereka di atas panggung, bisa berprestasi dan didukung pula oleh teman2 mereka.. well, it’s priceless.. mungkin itulah yang dirasakan sama guru2 dan dosen saya ketika mereka ngeliat saya, atau anak didiknya yang laen berprestasi..

jadi, mari kita mengajar!

kamu pengen jadi guru ga?

Tagged: , , , , , ,

§ 19 Responses to (akhirnya) jadi ‘dosen’

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading (akhirnya) jadi ‘dosen’ at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

