Nyampe Ga?

Agustus 26, 2010 § 15 Komentar

Saya beberapa kali suka sulit ngenalin diri saya ke orang lain. Bukan karena ga pede atau ga punya keberanian, tapi emang saya suka bingung mau ngenalin diri saya seperti apa. Terkadang, saking bingungnya, saya pun ngenalin diri saya dengan nama lengkap saya, lalu selesai. Padahal, ada banyak hal yang bisa saya ceritain supaya obrolan lebih lanjut lebih nyambung.

Begitupula yang terjadi pada saat saya harus bikin presentasi. Karena ga terbiasa ngenalin diri secara lebih “menarik” akhirnya kadang2 perkenalan diri di presentasi pun lebih mirip CV singkat beserta embel2 yang berjiwa narsisme ga penting. Padahal, kalo tau cara yang lebih wuokeh, bisa jadi narsisme yang muncul keliatannya penting banget buat disimak.:mrgreen:

Hihihi…

Kenapa saya bilang gitu? Karena e karena, saya takut salah nyampein hal yang mau saya sampein. Iya, misalkan saya mau nyampein bahwa saya blablabla, ntar karena salah tangkep jadinya saya dikira bliblibli. Persepsi dan perspektif orang yang beda2 itulah yang bikin saya kudu hati2 kalo mau nyampein sesuatu.

Saya perhatiin, beberapa orang punya kekhawatiran yang sama kaya’ saya. Tapi, ga sedikit juga orang yang justru ga peduli. Yang penting, dia bisa ngenalin dirinya seperti yang dia mau, ga peduli apa orang yang dikenalnya ngerti apa ga. Nah, itu menurut saya bahaya, dan cenderung ceroboh! Kenapa? Karena first impression does matter, dan kalo sampe salah kesan bisa2 kan langsung males kenal sama kita.. gitu lho..

Hal itu juga berlaku kalo lagi ngobrol. Apapun yang kita sampein, yang kita bilang, yang kita katakan, harusnya bisa dimengerti dengan baik oleh si pendengar atau si objek yang kita ajak obrol. Kalo sampe salah, bisa2 kita dianggep ngebosenin atau ga penting banget buat diajak temenan. Nah lho, ga mau gitu kan?

Trus, gimana caranya biar ga sampe salah persepsi dengan perspektif yang sama? Atau, gimana caranya biar ga keliatan ngebosenin, dianggap penting, dan banyak orang mau tetep kontak sama kita?

Jawabnya, gampang. Belajar aja ilmu presentasi.:mrgreen: Iyah, presentasi.

Dari bikin presentasi, kita bisa belajar cara ngomong, cara ngehandle lawan bicara, cara bikin materi “obrolan” yang menarik dan juga interaksi yang tetep terhubung sama lawan bicara. Cuma dari sebuah presentasi, hal itu bisa ngebuat kita jadi penting, ga ngebosenin, dan orang mau tetep kontak sama kita. Bahkan, efek paling dahsyatnya adalah, kita bisa dikagumi! *jiee*😆

Oke..oke… kaya’nya berat amat yah obrolan saya..😀 yah, ga laen karena saya dapet ilmu tambahan baru dari “sekadar” berbagi di forum dan juga ketemu temen2 baru. Forum itu yang mula2 ditwit sama Sumartok, dan kemudian jadi nyata semalem dengan judul Presentonomics.

Biar ga lama ceritanya, saya kasih simpulannya aja ya.. berikut ini dia catatan saya dari forum berbagi soal presentasi itu,

  • presentasi yang bagus, ga text book
  • kalo buat presentasi buat orang laen, kita harus tau kebutuhan dari orang itu
  • presentasi yang bagus adalah yang dibutuhkan oleh audience
  • presentasi yang sederhana, lebih baik untuk disampaikan
  • agar ampuh, cukup 1 point/maksud dalam 1 slide
  • 1 point bisa diwakilkan dengan 1 kata, atau 1 gambar yang dapat berarti banyak sekaligus ngasah kemampuan bicara persuasif kita
  • 1 slide mungkin hanya bisa diwakili oleh 1 point/maksud, tapi 1 point/maksud dapat dilakukan dengan beberapa slide
  • Jumlah dan waktu total slide dalam presentasi ga terlalu penting buat dipikirin, asalkan topik utama dalam presentasi bisa disampein dan diterima dengan baik sama para pendengar

Gimana? Masih kurang? Penasaran? Ahem.. gabung aja yuk sama saya dan temen2 yang laennya.. Caranya gampang, follow aja Presentonomics di twitter, dan kalo ada acara gathering bareng, dateng yaa..

Sampe ketemu!

NB: bukan post berbayar lho ini.. dan gambarnya diambil semena-mena dari sini.

Kamu pernah bikin presentasi soal apa aja?

Tagged: , , , , , ,

§ 15 Responses to Nyampe Ga?

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Nyampe Ga? at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

