goal?

Oktober 19, 2010 § 8 Komentar

permainan sepakbola emang bener2 sebuah pertunjukan yang menarik. kenapa? karena, banyak hal yang bisa dipelajarin dari situ. iya. banyak. beneran banyak. mulai dari taktik, seragam, cara nendang, dan lain-lain. intinya sih, dari sebuah permainan sepakbola yang sering dianggap adu lihai untuk menang, ada nilai2 tertentu yang bisa diterapin sama kehidupan sehari-hari.

buat saya pribadi, hal yang paling bisa dipelajari saking menariknya adalah goal. yep, goal. mau itu dikata gawang, gol, kiper, atau malah striker, yang pasti goal. karena usut punya usut, goal itu sendiri bisa menyangkut banyak hal.

secara sederhana begini,

di pertandingan bola, ada 2 tim. masing2 tim harus bisa mencapai gawang lawan buat mencetak gol. dan, untuk mencetak gol itu harus melewati berbagai pemain di lapangan, pake strategi yang apik nan ciamik, plus satu lawan satu dengan si kiper. kalo emang lihai, bakal terjadi gol. kalo ga, ya ga gol. tapi ga gol bukan berarti berenti, karena kesempatan bakal terus berlaku sampe peluit panjang berbunyi di 2 kali babak.

oke, sepertinya isian sederhana soal jalannya pertandingan bola itu cukup segitu. tapi, udah pada bisa ngambil maksudnya?

masih belom? well, jadi begini…

dalam kehidupan yang kita jalani sehari-hari, pastinya kita punya tujuan masing-masing yang pengen dicapai. entah itu berdasar cita-cita, target, atau bahkan permintaan. apapun yang kita lakukan, pasti ada tujuan yang ingin dicapai — dan, bisa dianalogikan sebagai gawang lawan.

buat mencapai gawang lawan itu, kita mau ga mau musti ngejalanin hari-hari dan juga perjuangan yang harus dilakukan. hal ini identik sama lari sepanjang 110 meter panjang lapangan bola. ada kalanya enak buat lari sambil ngedribel bola sendiri, ada kalanya harus oper2an sama temen — kerja tim, ada kalanya juga ditackle sama lawan sampe jatoh. tapi, hal itu pastinya ga boleh bikin kita patah semangat. karena kita punya goal yang dituju. seperti para bek, gelandang, dan juga striker maen bola.

kalo di permainan bola, andaikata lagi bawa bola dari belakang ke depan, ga selamanya si bola bisa dioper sempurna. bisa jadi dipotong sama lawan, atau malah ditackle. tapi hal itu ga ngurangin semangat para pemain bola buat ngejar lagi, dan ngedapetin lagi peluang itu. sama halnya sama kehidupan, begitu peluang buat maju dan menuju tujuan kehalang, bukan berarti harus pasrah. kita harus bisa ngerebut lagi, dan maen cantik lagi.

strategi yang dipake dalam permainan bola pun hampir sama dengan strategi yang diterapin dalam kehidupan. kalo ga sukses yang satu nih — misalnya lewat serangan sayap kiri, ya dicoba lewat sayap kanan. kalo hidup, ga sukses pake cara a, ya dicoba pake cara b. selalu ada peluang dan usaha untuk melakukan sesuatu — dengan syarat, kita harus mau usaha.

begitu segala daya, upaya, dan usaha udah kita lakuin maksimal bin optimal — pol2an gitu deh, ga jarang kita tiba2 aja udah hampir sampe di tujuan kita. kalo buat yang suka minder dan cepet puas, rasanya pengen cepet2 buat ngelarin segalanya dan nyetak gol. padahal, perlu kepala dingin dan juga ketenangan yang muantap supaya si gol ga meleset. iya, meski udah deket sama tujuan, ada kalanya meleset lho pas di tujuan akhir gegara kita ga sabaran.

dan, saat yang dinanti2 pun tiba.. tendang bola ke arah gawang, dan berharap kiper ga nangkep/buang si bola jauh2. kalo dalam kehidupan nyata, kiper ini adalah bagian terberat dalam tujuan kita. kenapa? karena — biasanya — umumnya kiper ini adalah kita sendiri. kita harus mampu ngalahin diri kita sendiri buat bikin gol. kenapa? karena kalo si kiper bisa nangkep bola kita, berarti dia masih lebih hebat dari kita atau analoginya adalah ketakutan kita lebih besar. tapi, kalo kita bisa ngakalin kiper, analoginya berarti kita udah ngemaksimalkan potensi kita buat jadi lebih baik dan mencetak gol!

bentar.. bacanya ngos2an ga?😛 oke, lanjut..

akhirnya pun GOL! tujuan yang udah lama dinanti2 tercipta juga. tercapai juga tujuan kita yang udah direncanain baik2 dengan segala taktik dan juga semangat pantang menyerah. cukup sampe di situ? ga. justru pekerjaan kita jadi lebih banyak, dan ITULAH TANTANGANNYA! karena kita harus bisa mempertahankan keunggulan kita, membuat kita jadi lebih baik, dan tentunya –> MENCETAK GOL LAGI!

hmm.. jadi pengen nyetak gol

NB: oke, ini racauan saya😛 dan, gambarnya itu asal ngambil dari sini.

kamu udah pernah nyetak gol?

Tagged: , , , , , ,

§ 8 Responses to goal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading goal? at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: