Billy Bercerita…

Januari 14, 2011 § 13 Komentar

Pada hakikatnya, setiap orang itu adalah pencerita (storyteller). Kenapa? Karena begitu manusia bisa bicara, maka dia pun bercerita. Apapun bisa jadi cerita. Mau itu cerita bohong, khayalan, peristiwa, sampai cerita yang fantastis. Semua adalah cerita.

Saya juga senang bercerita. Mau itu lewat bicara, ataupun menulis. Mau itu lewat ucapan, ataupun tulisan. Intinya, saya senang buat bercerita. Cerita khayalan, buatan, atau fiksi, sampai cerita yang bukan buatan, laporan, atau artikel untuk media massa. Yah, saya senang bercerita banyak faktornya, tapi yang pasti sudah sejak lama saya senang bercerita.

Seperti yang bisa dilihat di sini, salah satu bahan cerita saya sudah pernah dibukukan dan terbit dalam bentuk novel. Selebihnya? Bisa juga disimak di sini, sebagai rangkaian cerita yang sambung-menyambung — meski belakangan ini saya sedang kehabisan cerita bersambung.

Dan, agar tetap bisa bercerita, maka kita harus berlatih. Caranya gampang saja, yakni seringlah mengingat, menuliskan kembali, atau menceritakan kembali. Kalo menceritakan kembali, gapapa dibilang sedikit sinting karena belum tentu ada orang lain yang mau mendengarkan. Tapi, justru itulah seninya pencerita (storyteller), karena dia harus bisa menarik orang banyak untuk mau mendengarkan ceritanya. Beda halnya, dengan bercerita melalui tulisan, karena kita harus bisa mempertahankan pembaca untuk tetap menyimak cerita kita dari awal, tengah, hingga akhir.

Ada kalanya bercerita pun tak harus panjang-panjang. Ini juga sebagai bentuk latihan. Dan, jujur saja, belakangan ini saya sedang gemar sekali bercerita dalam bentuk pendek, alias singkat. Iya, cerita singkat. Mungkin sebagian akan menyebutnya sebagai cerita pendek, tapi saya lebih suka menyebutnya sebagai cerita singkat, karena alurnya tidak detil seperti lazimnya cerita. Begitu..

Bingung? Oke, kalau begitu tak perlu menunggu lama, dan langsung saja menuju blog saya yang lain, yang judulnya sama seperti postingan ini, Billy Bercerita, atau ketik alamat ini — http://billykei.posterous.com.

Yuk, nikmati cerita saya, dan mari kita bercerita!

Tagged: , , , ,

§ 13 Responses to Billy Bercerita…

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Billy Bercerita… at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

