Masih Banyak Orang Baik di Indonesia

Januari 19, 2011 § 13 Komentar

Hujan. Pagi ini Jakarta diguyur hujan. Jalanan licin dan udara dingin praktis jadi sarapan pagi. Tapi, buat beberapa orang yang harus dan terbiasa untuk berangkat pagi ke kantor, bahkan hujan pun harus ditembus. Sambil tetap berharap, ga ada kemacetan luar biasa yang bisa terjadi. Ga ada kemacetan yang sampe bikin stuck dan bahkan parkir. Mau itu kendaraan dengan jumlah roda apapun.

Hujan. Mengendarai kendaraan harus ekstra hati-hati. Perlu mata yang awas, dan tangan plus kaki yang lincah. Salah-salah, bisa terjadi kecelakaan, baik itu ditabrak, menabrak, atau terjatuh karena jalanan yang licin, kondisi jalanan yang padat, sampai angin yang bertiup kencang.

Seperti yang terjadi pagi tadi, sambil saya berangkat ke kantor naik sepeda motor, di kisaran fly over Simprug-Permata Hijau terjadi sebuah kecelakaan kecil. Seorang pengendara sepeda motor terjatuh, dan motornya guling. Sendiri memang, bisa jadi karena jalanan yang licin, seharusnya tak jadi soal, tetapi ada yang lain dari pengendara motor ini. Ia membawa muatan beberapa kotak donat buatan rumah untuk dikirimkan ke berbagai tujuan. Sontak, motor yang guling membuat kotak-kotak berisi donat tersebut menghambur di jalanan, dan bahkan beberapa donat tercecer di jalanan pagi yang basah.

Kasihan. Hanya karena sedikit kurang hati-hati, perjalanan paginya mengantar donat yang akan bisa jadi sumber penghasilannya hari ini, terganggu. Dan, bukan tidak mungkin penghasilannya hari ini akan terpotong, atau bahkan hilang sama sekali.

Walau begitu, masih ada yang bisa dilihat secara perspektif lain. Yakni, beberapa pengendara motor yang kebetulan lewat di jalanan yang sama langsung menepi dan sigap membantu pengantar donat tersebut. Mereka tak saling mengenal, tak pernah tahu ke mana donat tersebut akan dikirim, dan masing-masing belum sampai di tujuan. Tapi, mereka bersatu, bahu-membahu menolong pengantar donat tersebut. Ada yang membantu mengangkat motor sehingga tegak kembali, ada yang memegangi sang pengantar donat, hingga ada yang memunguti dan merapikan donat-donat yang harus diantar sambil memisahkan antara donat yang terlihat masih baik dan donat yang sudah jatuh dan tercecer di jalan raya.

Perilaku tersebut walau kecil dan belum tentu diketahui banyak orang, tentu merupakan cerminan bangsa ini. Di tengah-tengah situasi sosial dan politik yang terdapat kesenjangan, masih ada orang-orang yang saling memerhatikan dan membantu walau tak mengenal satu sama lainnya. Mereka saling menolong, tanpa mengharapkan imbalan. Mereka langsung berhenti dan membantu pengendara motor walau mereka sendiri memiliki kepentingan masing-masing di pagi hari ini. Mereka merupakan keluarga, yang tidak sedarah namun seperjalanan.

Prinsip kekeluargaan itulah yang membuat orang-orang menolong pengantar donat tersebut. Sebuah prinsip yang sepertinya sudah lama tidak terdengar, dan hanya menjadi bayang-bayang ingatan akan pelajaran Pendidikan Moral Pancasila / Pendidikan Pancasila dan KewargaNegaraan saat sekolah dulu. Prinsip, yang seharusnya membuat bangsa dan negara ini menjadi lebih baik. Karena ternyata masih banyak orang baik di Indonesia.

Iya, masih banyak orang baik di Indonesia. Orang-orang yang tak memikirkan perbedaan agama, kepentingan, pandangan, atau bahkan latar belakang. Orang-orang yang sedia dan sigap untuk langsung menepi dan menolong. Seperti para penolong pengantar donat tersebut. Seperti beberapa teman-teman, yang bisa berbagi ilmu dan keahlian. Salah satunya, adalah mereka yang berada di Akademi Berbagi.

Ah, mudah-mudahan saya termasuk orang yang bisa berbagi kebaikan tersebut, walau tidak tergabung dalam Akademi Berbagi. Amiiin…

NB: ini bukan postingan berbayar.

Apa kebaikan yang sudah kamu lakukan hari ini?

Tagged: , , ,

§ 13 Responses to Masih Banyak Orang Baik di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Masih Banyak Orang Baik di Indonesia at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: