8 jam sehari

Januari 30, 2011 § 14 Komentar

Kegiatan apa yang kamu lakukan selama 8 jam setiap harinya? Makan, mandi, duduk, maen game, bersih-bersih, tidur, atau apa? Yep, jawaban yang bener adalah tidur. Etapi, meski begitu buat beberapa orang yang kerjanya adalah supir atau seneng travelling setiap harinya, bisa jadi 8 jam sehari dihabisin buat di jalanan atau buat di balik kemudi. Dan, bisa jadi orang2 yang tinggal di Jakarta justru lebih lama berada di jalanan ketimbang tidurnya gegara macet pol..:mrgreen:

Well, back again to the topic itself, yang mau saya bahas di postingan ini adalah tidur. Iya, tidur. Kan, katanya kalo tidur yang ideal itu adalah sekitar 8 jam sehari. Jumlah itu kurang lebih sama dengan sepertiga dari jumlah waktu yang kita miliki selama satu hari — 24 jam. Keren, cuma buat tubuh biar tetep waktu istirahat yang ideal, sepertiga dari waktu kita sehari dihabiskan buat tidur. Kalo diakumulasi seumur hidup, berarti sekurang-kurangnya sepertiga dari umur kita di dunia dihabiskan buat tidur. Wew..

Well, oke.. lanjut. Setelah tau 8 jam adalah jumlah ideal buat tidur selama sehari, trus biasanya muncul pertanyaan. Kapan tidurnya? Berdasar gugling, banyak banget jawaban yang bisa diambil. Ada yang bilang kapanpun, asal jumlahnya tetep 8 jam sehari. Jadi, dicicil gitu — 4 jam malem, 2 jam pagi, dan 2 jam sore. Ada juga yang bilang, 8 jam sehari itu buat tidur malemnya aja. Kalo misal pagi atau siang dapet waktu buat tidur, ya juga gapapa. Saya sendiri, lebih setuju sama pendapat yang kedua — yang tidur malem selama 8 jam. Kenapa? Coz, biasanya sih pada saat malam hari kondisi manusia juga ga lebih fit dan produktif dibanding siang hari. Jadi, mending tidur 8 jam ya malem hari, sementara waktu pagi-siangnya dipake buat produktivitas. *sok jadi konsultan HRD*😆

Trus, gimana orang2 semacam pekerja malam? Tenang, buat orang-orang seperti itu bukan berarti ga boleh kerja malem dan harus produktif juga pas siang hari, buat mereka tentunya udah ada penyesuaian dalam jam biologisnya. Tau kan jam biologis? Singkatnya, jam biologis itu semacam ritme tubuh kita buat aktivitas dan istirahat setiap harinya. Nah, tentunya kalo pekerja malam jam biologisnya bergeser dibanding orang2 umum. Jadi, jam dia aktif dan produktif pindah ke malam hari, sementara jam istirahatnya pindah ke pagi dan siang hari. Nocturnal gitu deh.. — tiba2 keinget kelelawar, dan vampir “Edward Cullen” *eh*

Saya sendiri, selama ini belom berhasil menerapkan jam tidur yang ideal itu. 8 jam sehari buat tidur itu rasanya susaaaaahh banget buat dilakukan. Ada aja yang harus dilakukan setiap harinya, dan mau ga mau akhirnya jam tidurlah yang harus dipangkas. Paling banter nih, saya dalam sehari itu sering2nya tidur ‘cuma’ 4-5 jam aja. Itu jam tidur malamnya. Kalo ditambah curi-curi tidur pas pagi-siang-sore hari, mungkin jumlahnya jadi 6 jam sehari. Masih kurang 2 jam lagi buat tidur yang ideal, atau biar tampil cantik. *lha*😛

Biasanya, kalo jam tidur setiap harinya kurang, suka pada balas dendam dengan tidur yang lebih lama pada saat wiken — Sabtu & Minggu. Jadi, mumpung libur dan ada waktu luang, jadilah Sabtu dan Minggu itu dipake buat tidur seharian. Buat nambah-nambahin jam tidur Senin-Jum’at, yang kalo diambil rata-rata per minggu dapet 8 jam sehari. Padahal, perilaku seperti itu ga sepenuhnya bener. Coz, yang dibutuhkan istirahat kan setiap harinya, bukan diakumulasi per minggu. Apalagi, kalo sampai berlebihan bisa jadi berakibat pada kematian! Hii.. sereeemmm….

Phew.. jadi bener kudu bikin taktik bin strategi yang alus nih biar bisa dapet istirahat cukup, tidur ideal, dan ga kecapean. Coz, orang kurang tidur, pasti akan ditandai dengan gampang marah, mudah emosi, konsentrasi berkurang, dan gampang capek. Yeah, been there and sometimes still doing it.😛

NB: gambar diambil semena-mena dari sini.

Kamu sendiri tidur berapa jam seharinya? Gimana kalo kita bikin gerakan tidur ideal aja?😛

Tagged: , , , , ,

§ 14 Responses to 8 jam sehari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading 8 jam sehari at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: