Day 4: Easy to Handle

September 14, 2011 § 1 Komentar

Buat saya, syarat utama sebuah mobil adalah mudah dikendalikan. Dalam artian lebih luas, mudah dikendarai – karena berpengaruh saat di jalan raya. Alasan utamanya karena berpengaruh terhadap keselamatan saya sebagai pengemudi, dan para penumpang.

Dulu saya pernah denger sebuah istilah, mobil itu acapkali semacam kuda liar. Kalo masih baru, harus “dijinakkan” dulu. Caranya bisa dengan cara sering-sering dikendarai, dikendalikan, dan tentunya diperhatikan. Tapi, kalo Nissan March ga gitu.. sejak hari pertama sampai hari keempat pada Selasa (13/09), gampang banget buat dikendarai.

Jadi, sebagai salah satu urban di Jakarta, saya suka mengendarai mobil di sepanjang jalan Jakarta. Mulai dari jalanan protokol, sampai jalan “kampung”, udah saya pernah coba. Dan, kalo pake Nissan March, apapun kondisi jalannya, ga gitu ngaruh sama kemudi setir yang saya kendalikan. Iya, gampang dikendarai salah satu faktor utamanya adalah mengendalikan kemudi setir.

Ada kalanya juga, di jalan yang saya lewati ada polisi tidur yang ga bisa keliatan karena ga ada tandanya. Tentu, pada saat nyetir kadang suka kaget begitu tiba-tiba tau ada polisi tidur itu, ‘kan? Reaksi pertama, tentunya ngurangin kecepatan, rem, oper gigi (kalo pake manual), dan jalan pelan-pelan. Kalo mobilnya ga gampang dikendarain, pasti setirnya bakal sedikit kaku atau ganti arah pas ngerem. Tapi, Nissan March kemudinya tetep bisa dikuasai dengan mudah.

Belom lagi, pada saat ngelewatin polisi tidur itu, meski udah pelan-pelan, kadang guncangannya masih berasa kenceng. Biasanya, kalo si pengemudi atau duduk di kursi penumpang depan, ga bakal berasa. Tapi, kalo penumpang di belakang atau bagasi belakang, bakal berasa banget sampe bisa jadi ada barang-barang yang disimpen jadi guling atau berjatuhan. Tapi ya, entah shockbreaker/per-nya yang bagus, atau emang bodi/dimensi mobilnya yang mumpuni, beberapa kali saya bawa galon berisi penuh air, dan aman2 aja tuh pas lewat polisi tidur. Sudah 3x saya seperti itu, dan ga ada suara apapun.

Soal penumpang pun, pas bawa di kursi belakang ya.. so far ga ada yang ngeluh kalo ga enak pas ngelewatin polisi tidur. Well, semua berkat mobil yang mudah dikendarai dan juga kecakapan pengemudi. *narsis dikit* :mrgreen:

Kalo kamu selama nyetir, gimana aja?

Tagged: , , , , ,

§ One Response to Day 4: Easy to Handle

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Day 4: Easy to Handle at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

