Anomali di Lalu Lintas Jakarta

Februari 13, 2012 § 6 Komentar

Siapa yang berpikir kalo lalu lintas Senin pagi itu paling macet dalam seminggu? Kebetulan, 2-3 bulan terakhir ini saya tidak berpikir begitu. Buat saya, sekarang lalu lintas termacet pada hari kerja di pagi hari adalah hari Selasa.

Iya, hari Selasa sekarang sudah menjadi hari Senin yang baru buat saya. Tuesday, is a new Monday. Alasannya gampang aja, karena perjalanan di pagi hari saat hari Selasa, justru lebih lama ketimbang hari Senin pagi. Padahal, trayek/rute perjalanan saya sama saja. Bahkan, di hari Selasa kadangkala saya perlu untuk menggunakan akselerasi kendaraan yang lebih besar ketimbang hari Senin pagi, agar bisa tepat waktu sampai tujuan.

Oke, mudahnya seperti ini,

Setiap pagi saya membuat patokan untuk diri sendiri adalah, paling lambat berangkat dari rumah jam 6.20 WIB. Tujuannya, agar istri saya tidak terlambat sampai ke kantornya yang berjarak kurang lebih 23-28 km dari rumah, dan jam masuknya jam 7.30 pagi.

Kalau saya berangkat jam 6.20 WIB pada hari Senin pagi, saya bisa sampai di kantor istri saya dalam waktu paling telat selama 1 jam 10 menit perjalanan. Jadi, tepat jam 7.30 pagi itu paling telat saya bisa sampai.

Tapi, kalau saya berangkat jam 6.20 WIB pada hari Selasa pagi, saya sampai di kantor istri saya perjalanan paling cepat adalah 1 jam 15 menit! Jadi, paling cepat bisa sampai di kantor istri saya pada jam 7.35.. itu pun lebih sering lewat dari jam segitu, karena entah kenapa lalu lintasnya lebih ramai, dan lebih macet di perjalanan.

Oke, sebut saya lebay karena terlalu memperhitungkan 5 menit perjalanan sebagai sebuah anomali. Tapi, bagi para warga Jakarta, pasti tahu 5 menit itu sungguh sangat berarti, karena akan sangat mempengaruhi waktu di perjalanan.

Dulu, waktu saya masih ke mana-mana menggunakan angkutan umum, 5 menit saja saya telat sampai di halte bus, perbedaan waktu untuk sampai ke kantor bisa sampai 20 menit! Karena saya perlu menunggu lagi bus berikutnya, yang tentunya jarak dengan bus sebelumnya lebih panjang waktunya.

Kamu ngalamin anomali juga, ga?

Tagged: , , ,

§ 6 Responses to Anomali di Lalu Lintas Jakarta

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Anomali di Lalu Lintas Jakarta at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

