Ganti SIM Card Tanpa Ganti Nomer

Maret 4, 2012 § 23 Komentar

Nomer ponsel yang sekarang saya pake – simPATI dari Telkomsel, kurang lebih udah hampir 8 taun saya pake. Kalo ga salah, medio Agustus-September 2004 itu waktu saya ganti beralih pake pake nomer yang sekarang ini dari nomer sebelumnya – yang beda providernya. Alasannya waktu itu gampang aja, kebetulan ada paket nomer dengan harga murah, dan saya suka sama nomernya – meski memang sulit untuk dihapal.😆

Anyway, setelah lewat dari 5 taun, kurang lebih taun 2010 lalu, nomer yang sekarang saya pake ini sering berulah. Mulai dari tiba-tiba ilang sinyal – ga bisa dipake SMS/telepon, ga bisa ngecek pulsa, dan masih banyak lagi. Tanya sana-sini, katanya sih itu bisa jadi disebabkan oleh SIM Card-nya yang udah mulai berumur. Apalagi, sejak taun 2004 lalu itu – tanpa bermaksud sombong – beberapa kali saya ganti hape namun tetap dengan nomer ini, yang katanya juga jadi faktor penyebab SIM Card-nya jadi gampang error.

Sebenernya, sejak 2 taun yang lalu itu saya udah pengen banget pergi ke Grapari atau Gerai Halo terdekat buat ganti SIM Card. Tapi entah kenapa, selalu ada aja halangan yang bikin ga jadi. Mulai dari ga ada waktu,Gerai Halo/Grapari-nya tutup, sampe faktor duit. Iya, saya sempet berpikir kalo ganti SIM Card pasti bakal keluar duit.😛

Sampai akhirnya beberapa hari yang lalu – hari Jum’at 2 Maret 2012 tepatnya, saya akhirnya berhasil ganti SIM Card saya di Grapari Telkomsel, yang letaknya di Gedung Alia, di Jl. M. I. Ridwan, Jakarta Pusat. Itupun, sebenernya ga diniatin banget. Kebetulan aja saya lagi nunggu istri saya pulang kerja, kebetulan saya mau jemput istri saya di sekitaran situ, kebetulan saya pun lewat situ sekitar jam 7an malem, kebetulan liat spanduk tulisan “Grapari Buka 24 jam”. Iya, Grapari di Wisma Alia itu buka 24 jam.

Masuk parkir komplek gedung, dan ketemu sama satpamnya. Nanya soal bener apa enggak Grapari buka 24 jam, dan ternyata bener aja. Ya baguslah.. Akhirnya saya pun masuk ke dalam Grapari, diterima sama salah satu petugas di depan, dan ditanya keperluannya apa. Ya saya jawab aja toh, mau ganti SIM Card, soalnya udah sering error. Setelah petugasnya ngambil nomer tiket, dia pun nganter saya ke salah satu meja CS.

CS-nya pun nanya apa ini nomer ponsel a.n. registrasi saya apa bukan, lalu minta bukti KTP. Saya kasihlah KTP, dan sambil saya kasitau kalo alamatnya udah berubah. CS-nya bilang kalo itu ga masalah sambil ngeluarin form, dia isi sesuai data-data yang ada di KTP saya. Cukup cepet, dan saya cuman perlu tanda tangan. As easy as that.

Pas saya mau ngasih SIM Card karena saya kira buat langsung dipatahin, ternyata kata CS-nya ga perlu. Karena nanti kalo udah dapet SIM Card yang baru, dan yang barunya udah aktif, nanti SIM Card yang lama otomatis ga bisa dipake lagi. Karena sinyalnya bakal ilang seketika. Hmm.. Praktis juga.

Setelah segala urusan di CS kelar, CS-nya pun bilang supaya saya nunggu nanti dipanggil di kasir dengan nama. Langsung dong saya tanya, berapa kira-kira yang harus dibayar. Dan, Alhamdulillah, CS-nya bilang: GRATIS. Wew, ternyata kekhawatiran saya selama ini ga kebukti. Ganti SIM Card itu GRATIS!😆

Okelah.. sambil nunggu di ruang tunggu, sekitaran 10-20 menit kemudian nama saya dipanggil di kasir, dan dikasih sebuah amplop berisikan satu kartu perdana. Petugas di kasir yang ngasihnya pun bilang kalo SIM Card yang baru itu bakal aktif dalam waktu 1×24 jam. Pas saya tanya gimana taunya udah aktif, petugasnya bilang, “Kalo SIM Card yang sekarang udah ga bisa dipake lagi, berarti SIM Card yang barunya udah aktif.”

Very well then..

Abis masukin amplopnya ke dalam tas, saya pun nunggu di ruang tunggu Grapari sampe kemudian istri saya ngasitau kalo minta dijemput.

—fastforward sedikit

Sekitar jam 10 malem setibanya saya di rumah, SIM Card simPATI yang saya pake keliatannya udah ilang sinyalnya. Langsung aja saya ganti pake SIM Card yang baru.. dan, ternyata emang udah aktif. Alhamdulillah, mudah-mudahan sejak saat ini ga ada lagi kejadian ilang sinyal, error, dll.

Thanks buat petugas-petugas Grapari Gedung Alia yang wuoke banget. Mudah-mudahan ke depannya saya ga perlu ganti SIM Card dan atau nomer selain simPATI..

NB: Saya tidak mendapat bayaran apapun untuk menuliskan blogpost ini. Blogpost ini lebih ke berbagi pengalaman saya dalam mengganti SIM Card.

§ 23 Responses to Ganti SIM Card Tanpa Ganti Nomer

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Ganti SIM Card Tanpa Ganti Nomer at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

