Booming Musik Korea (Asia), Pertanda Musik Itu Universal (?)

Maret 14, 2012 § 18 Komentar

Pernah denger girl band namanya SNSD (Girls’ Generation) atau boyband namanya Super Junior (Suju)? Kalo belom pernah denger, sepertinya ga ikut-ikutan hype yang lagi booming saat ini. Dan, sepertinya itu patut disyukuri.😛

Ga usah heran kenapa saya nanya dulu di awal blogpost ini.. itu ga lebih karena saya juga demen sama lagu-lagu dan musik dari girl band dan boy band itu. Iya, saya suka. entah pengakuan entah aib yang terbuka Anyway, girl band dan boy band yang saya sebut di awal itu asalnya dari Korea. Tepatnya (mungkin) Korea Selatan, negeri yang dijuluki sebagai negeri ginseng.

gambar SNSD dari header-nya http://snsdkorean.com/

gambar SNSD dari header-nya http://snsdkorean.com/

Trus ada apa kalo girl/boy band asal Korea itu? Cuman girl/boy band doang kan? Well, jawabnya engga. Hilangkan asumsi bahwa mereka girl/boy band biasa. Walaupun mungkin ini adalah tren sesaat, tapi seenggaknya itu bisa jadi bukti kalo musik itu universal (?).

Bahasa Korea, biasa digunakan dengan menggunakan aksara Hangul, bisa disebut sebagai salah satu bahasa yang cukup “menantang” untuk dipelajari. Iya, bahasa dari bangsa yang tinggal di semenanjung Korea ini cukup sulit untuk dicerna kuping karena berbagai alasan: mulai dari tidak biasa, hingga memang sulit dan penuturnya lebih sedikit ketimbang bahasa Inggris, Jepang, dan atau China – atau bahasa Indonesia bagi kita yang tinggal di Indonesia.:mrgreen:

Berdasarkan dari bahasa dan juga aksara yang cukup “menantang” itulah kemudian, saya pun mengambil kesimpulan bahwa dengan booming-nya musik Asia – yang kini dimotori oleh girl/boy band Korea, adalah bukti bahwa musik itu universal (?). Karena, meskipun lirik dari lagu-lagu yang dinyanyikan oleh mereka sebagian besar dalam bahasa Korea, namun penggemarnya tersebar ke seluruh dunia (!). Walau bisa jadi, itu juga didukung oleh beberapa lirik yang mulai diterjemahkan ke beberapa bahasa – seperti bahasa Jepang dan bahasa Inggris.

Well.. itu menurut saya sih.. kalo menurut kamu gimana?

*siap-siap terima komen dari para fans girl/boy band*

NB: kalo mau tau lagu-lagunya dan atau aksinya seperti apa, buka aja youtube dan search pake keyword masing-masing ya..:mrgreen: salah satu contohnya ada di bawah ini,

Tagged: , , , , , , , , ,

§ 18 Responses to Booming Musik Korea (Asia), Pertanda Musik Itu Universal (?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Booming Musik Korea (Asia), Pertanda Musik Itu Universal (?) at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: