Lagu (untuk) Anak-anak

Mei 10, 2012 § 12 Komentar

Apa aja lagu anak-anak yang kamu tau? Saya sih, lebih inget sama lagu-lagu anak-anak yang dulu saya tau waktu saya masih kecil dulu. Mulai dari yang “legendaris” seperti Burung Kakatua, sampai yang sedikit ngepop pada masanya seperti “Dudidam”.

Bukan tanpa alasan saya lebih inget sama lagu-lagu anak-anak jaman saya kecil dulu. Ga lain, karena memang liriknya sederhana, nada-nadanya riang, serta penuh pesan dan mengajarkan moral yang baik. Itulah yang menurut saya penting diketahui dan dihapalkan oleh anak-anak.

Semenjak putri saya lahir, saya pun berusaha untuk nginget-nginget lagi lagu-lagu buat anak-anak yang pernah diajarkan oleh orangtua saya kepada saya maupun juga lagu yang pernah ngehits waktu saya masih kecil. Mulai dari lagu-lagu seperti Burung Kakatua, hingga Bintang Kejora. Mulai dari Dudidam, sampai Kuku dan AIUEO. Apapun.

Hasilnya? Not too bad. Beberapa lagu yang saya hapal dengan sempurna antara lain Burung Kakatua, Topi Saya Bundar, Hujan Turun, Bintang Kecil, Bintang Kejora, Pelangi-pelangi, Kapal Api, Aku Seorang Kapiten, Cicak di Dinding, Balonku, Naik ke Puncak Gunung, Burung Kutilang, sampai beberapa lagu nasional seperti Maju Tak Gentar, Garuda Pancasila – yang dulu sering diputar jam 7 malam di semua stasiun TV, Hari Merdeka, Tanah Air, Halo-halo Bandung, Bangun Pemudi-Pemuda, Satu Nusa Satu Bangsa, dan Dari Sabang sampai Merauke. Beberapa lagu ngepop seperti Dudidam, Kukukuku, atau AIUEO saya hanya ingat beberapa baris liriknya saja, tidak lengkap.

Oiya, selain itu juga ada beberapa lagu daerah seperti Pupuh Sinom, Pupuh Asmarandana, Pupuh Kinanti, Karatagan Pahlawan, Sabilulungan, Ayam Hitam, Kampuang Nan Jauh di Mato, Waktu Hujan Sore-sore, Jali-jali, hingga Panon Hideung.

Alasan utama saya untuk mengingat kembali adalah, supaya bisa saya nyanyikan kembali kepada putri saya. Supaya putri saya tau dan mengenali betapa kaya budaya Indonesia, dan tak melulu harus mengenal dan menghapalkan lagu-lagu lebay di usia muda. Supaya, putri saya kelak memiliki kecintaan dan juga kesadaran sebagai orang Indonesia yang berbudaya. Memang cita-cita tersebut sepertinya terlalu ngarep, tapi ya.. seenggaknya saya pengen putri saya kenal terhadap beberapa lagu yang saya ketahui tersebut.

Dan.. mau tau kapan saya menyanyikan kembali lagu-lagu tersebut? Seringnya sih, sambil gendong putri saya supaya tidur..:mrgreen:

Kalo kamu, lagu untuk anak-anak apa aja yang kamu tau?

NB: kalo mau dengar saya nyanyiin sebagian lagu-lagu tersebut, ada di ya..😀

§ 12 Responses to Lagu (untuk) Anak-anak

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Lagu (untuk) Anak-anak at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

