#LessonLearn: The First 3 Months of a Baby

Agustus 29, 2012 § 7 Komentar

Bayi, sejak kelahirannya memerlukan perawatan yang telaten dari kedua orangtuanya (dan mungkin pengasuh apabila diperlukan). Bagi orangtua yang baru pertama kali memiliki bayi seperti saya dan istri, tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawat sang bayi, baik itu melalui masukan dari orangtua (kakek-nenek bayi), dokter-suster, hingga dapat info dari berbagai media.

Anyway, berikut ini yang telah saya pelajari dari 3 bulan pertama kehadiran bayi di tengah-tengah keluarga kecil saya. Siapa tau, kelak berguna bagi yang akan menjadi orangtua. πŸ™‚

  1. Setiap bayi memiliki posisi tidur favorit di tempat tidur. Entah itu telentang dengan tangan diangkat ke atas, entah itu tidur menyamping, ataupun tidur telungkup (tengkurap). Biasanya, salah satu posisi tidur ini jadi favorit karena umumnya gerak bayi masih sedikit terbatas (belum bisa berguling sendiri).
  2. Setiap bayi memiliki lagu (atau nada) favorit untuk teman jelang tidur. Nyanyian, lagu dari mp3 player, hingga beberapa untaian nada dari mainan anak-anak, bisa menjadi teman jelang tidur dari bayi. Dan, meskipun usia bayi masih di bawah 3 bulan, namun mereka bisa mengenali lagu/nada yang menjadi kegemarannya.
  3. Setiap bayi memiliki cara ditidurkan favorit. Ada yang gemar ditidurkan dengan disusui oleh ibunya, ada yang gemar ditidurkan dengan diayun gendong, hingga kemudian gemar ditidurkan dengan dinyanyikan. Biasanya, serewel apapun jika kemudian ditidurkan dengan cara favoritnya, maka bayi akan merasa tenang, dan kurang dari 20 menit akan tertidur – kecuali jika popoknya basah, atau haus dan lapar.
  4. Bayi memiliki beragam tangisan. Setidaknya, berdasar pengalaman saya pribadi, ada 3 macam tangisan. Tangisan yang meminta untuk ganti popok yang basah/kotor, tangisan karena haus/lapar, serta tangisan meminta untuk ditemani tidur/dipeluk/digendong. Tangisan adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh bayi untuk berkomunikasi dengan orangtuanya.
  5. Siklus tidur bayi di 3 bulan pertama lazimnya bisa ditebak – meski jam tidurnya dalam sehari (24 jam) mencapai 16-20 jam. Terlepas dari kondisi popoknya yang basah/kotor, bayi biasanya paling lama tidur selama 2-3 jam, kemudian bangun dan meminta untuk disusui. Hal itu akan terus berulang selama 24 jam, dan kemudian bersambung di hari setelahnya.
  6. Sejak bulan pertama, bayi dapat tersenyum. Seringkali tersenyum saat tidur. Memasuki bulan kedua, senyuman akan lebih sering ditemui saat bayi terjaga. Terutama, apabila kita/pengasuhnya sering mengajaknya tersenyum sejak pertama kali ia membuka mata.

Itu sih beberapa hal yang saya pelajari dari 3 bulan pertama kehadiran Cissy. Masih ada lain-lainnya, tapi saya lupa. πŸ˜† nanti kalo ingat, saya tambahkan lagi di sini. πŸ™‚

Oiya, tambahan, kondisi di atas itu juga dipengaruhi oleh kondisi bayi, serta kondisi dari orangtuanya. Semakin sering orangtua berinteraksi dengan bayi, maka akan semakin mudah orangtua mengenali bayi dan kebiasaannya.

NB: foto di atas bukan foto bayi saya, melainkan dari sini.

Iklan

Tagged: , , , , ,

§ 7 Responses to #LessonLearn: The First 3 Months of a Baby

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading #LessonLearn: The First 3 Months of a Baby at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: