Project Soda 0%

Oktober 17, 2012 § 23 Komentar

Hidup sehat melalui makanan itu banyak caranya . Mulai dari menjaga asupan makanan (selektif gitu), menyeimbangkan kandungan makanan (gizi dan vitaminnya), hingga mengurangi (atau bahkan menghentikan) asupan kandungan makanan tertentu. Dan, saya sih sejak sekitar 1-2 bulan terakhir lagi coba jalanin project pribadi: soda 0%.

Iya, saya lagi mengurangi (dan berusaha hingga menghentikan) asupan makanan/minuman yang mengandung soda. Alasannya? Karena emang udah ada niat dari dulu sih (secara internal), dan kebetulan memang ada dorongan eksternal gitu..

Secara pribadi saya menilai, (kaya’nya) saya hampir ga pernah ada masalah dengan asupan makanan/minuman yang mengandung soda. Bahkan, bisa dibilang beberapa kali minuman bersoda membantu menjaga kondisi agar badan saya lebih enak. Contoh mudahnya ya.. pada saat saya merasa seperti kembung, kadang saya minum minuman bersoda dalam takaran yang cukup untuk membantu mengeluarkan angin dari dalam badan. And it works – meski hingga saat ini saya belum menemukan bukti empirik atau tercatat yang mendukung perilaku tersebut.

Anyway, back to the project itself.. bisa dibilang memulai project ini paling susah. Iya, susah banget. Let say, sejak kecil saya sudah “kenal” dengan minuman bersoda. Jadi, hingga kemudian sekarang, kadangkala saya rutin membeli minuman bersoda. Entah itu di saat memang ingin (untuk membantu menghilangkan dahaga), maupun untuk stok di kulkas rumah. Dan, itulah yang membuat project ini susah di awal-awalnya.

Dari semula membeli minuman bersoda secara rutin – 1 botol besar 1-1,5 liter setiap belanja bulanan, dikurangi menjadi 1 botol besar 1-1,5 liter per 2 bulan, hingga kemudian tidak beli sama sekali setiap belanja bulanan. Dari semula “impulsif” membeli sebotol minuman bersoda ukuran 350 ml, kemudian menjadi maksimal 1 botol ukuran 350 ml per minggu, hingga kemudian tidak beli sama sekali. Terakhir kali saya beli sebotol minuman bersoda ukuran 1-1,5 liter adalah bulan Juli 2012, sedangkan beli sebotol minuman bersoda 350 ml, adalah sekitar akhir Agustus 2012.

Lalu kapan terakhir kali minum minuman bersoda? Nah, ini yang agak repot..:mrgreen:

Terakhir kali minum minuman bersoda dari botolan yang saya beli sendiri, ya… sekitar awal September. Jika tidak salah, sebelum tanggal 10. Tapi, terakhir kali minum minuman bersoda yang bukan dari botolan yang saya beli sendiri adalah… sekitar akhir September. Pasti ada yang nanya kenapa bisa, lah ya.. jelas aja saya minum, wong itu tersedia saat saya menghadiri undangan resepsi pernikahan salah seorang teman. Tapi tetep sih, minum minuman bersodanya dibatasi, dan lebih banyak minum air putih.

Harus saya akui, mengurangi minuman bersoda belum begitu banyak pengaruhnya yang bisa langsung saya rasakan secara konkrit. Tapi, mungkin di elemen-elemen tertentu dari badan saya, aspek-aspek kecilnya, sudah mulai ada pengaruh – yang mudah-mudahan menjadi lebih baik dan sehat.

Terus apa penggantinya minuman bersoda buat saya? Eng… karena saya bukan “kecanduan” minuman bersoda, maka ga ada penggantinya. Buat saya, mengurangi ya beneran mengurangi, ga ada substitusi. Biar begitu, di beberapa minggu awal saya mulai mengurangi minuman bersoda, saya “tergoda” untuk terus-menerus menambahkan asupan susu.:mrgreen:

Well.. mudah-mudahan project pribadi ini benar-benar bisa membuat saya berhenti minum minuman bersoda. Dan, mudah-mudahan ada dampak baik bagi kesehatan saya.. Amiiinn…

NB: Gambar soda asalnya dari sini.

Kalo kamu punya project pribadi apa yang berkaitan sama kesehatan kamu sendiri?

Tagged: , , , , ,

§ 23 Responses to Project Soda 0%

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Project Soda 0% at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

