Apa yang Kamu Kangenin dari Sebuah Kota?

Januari 3, 2013 § 27 Komentar

Rasa kangen atau rindu itu saya sadari ga cuman ditujukan ke orang/individu. Kangen atau rindu dengan hal lain pun bisa, contohnya kangen/rindu dengan sebuah tempat atau kota. Dalam hal ini, kota kelahiran atau kota tempat kita dibesarkan, atau kota yang pernah menjadi tempat tinggal kita dulu.

Saya contohnya, saat dulu pernah bermukim beberapa bulan di Balikpapan, saya merindukan Jakarta. Kenapa? Karena saya kangen dengan aktivitas saya di Jakarta, serta berbagai hal lain yang hanya bisa saya temukan dan dapatkan di Jakarta. Lalu, ketika kemudian saya sempat “berpetualang” di negeri tirai bambu, saya pun kangen Indonesia. Lebih karena kangen dengan mudah bercakap-cakap dengan bahasa Indonesia, rindu dengan pilihan makanan yang banyak dan mudah, serta rindu dengan iklimnya!

Belakangan ini, saya kangen/rindu dengan kota kelahiran sekaligus salah satu kota tempat saya dibesarkan. Iya, saya kangen Tasikmalaya. Salah satu kota di provinsi Jawa Barat, yang letaknya agak ke Selatan dan seringkali dikenali sebagai wilayah Priangan. Iya, saya kangen.

Kenapa saya kangen? Salah satu alasannya, adalah karena saya kangen dengan makanan yang dulu saya santap dengan mudah dan pilihan yang banyak di sana. Serabi putih bakar dengan sambel oncom atau gorengan dan peyek, nasi tutug oncom, hingga Mie Bakso Laksana (nama salah satu tempat di Tasikmalaya), adalah beberapa santapan yang membuat saya kangen. Mudah-mudahan sih, taun ini – 2013 ini sempat untuk berkunjung dan mendapatkan berbagai santapan tersebut.

Anyway, buat “sekadar” jadi obat kangen tapi ga bisa ke Tasikmalaya, saya pun cari-cari santapan-santapan tersebut di sekitar Jakarta, terutama di jalur yang sering saya lewati. Kebetulan, serabi putih sudah saya dapatkan akhir pekan lalu di salah satu jalan dekat rumah. Lalu, nasi tutug oncom, baru saya dapatkan informasi lokasinya saja, tapi belum sempat ke sana. Sementara Mie Bakso Laksana? Ah, itu sih udah pasti ga ada di Jakarta. Karena dia hanya buka di Tasikmalaya, ga ada cabang di kota lain – berdasarkan info terakhir.

Mungkin, rasa kangen saya ini belom seberapa dengan rasa kangen istri saya untuk pergi ke Aceh, tanah kelahiran dan salah satu kota tempat ia dibesarkan. Ya, kalo ada rezeki berlebih, tentu saja saya akan lebih pilih ke Aceh karena istri saya sudah bertahun-tahun belum sempat ke sana lagi. Mudah-mudahan, tahun ini bisa tercapai, sekaligus mengenalkan anak bayi saya kepada tanah dan budaya salah satu leluhurnya. Amiiiiinn..

Kalo kamu, ada kota atau tempat yang dikangenin ga? Kalo ada, kenapa?

Tagged: , , , , ,

§ 27 Responses to Apa yang Kamu Kangenin dari Sebuah Kota?

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Apa yang Kamu Kangenin dari Sebuah Kota? at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

