Banyak Gerak = Bisa (Tetap) Sehat?

Januari 21, 2013 § 10 Komentar

Ada yang bilang, cara paling sederhana dan cukup murah buat bikin badan tetap sehat itu adalah.. dengan banyak gerak. Secara singkat, masuk akal aja sih. Olahraga itu kan termasuk banyak gerak, dan olahraga – katanya – bisa bikin badan tetap sehat. Tapi, selain olahraga ada ga sih?

Singkat kata, saya bakal jawab ada. Iya, ada kok aktivitas selain olahraga yang – sepertinya – bisa bikin tubuh atau badan tetap dalam kondisi sehat. Yah, minimal jadi ga terlalu gampang sakit – meski tetap capek juga. Setiap kegiatan pasti capek lah ya kalo banyak energy yang dikeluarkan – iya, ini premis.

Penasaran apa aktivitas selain olahraga yang – sepertinya – bisa bikin tubuh atau badan tetap dalam kondisi sehat? Kalo menurut saya sih, yakni kegiatan rumah tangga. Bukan, ini bukan kegiatan yang esek-esek, melainkan kegiatan mengurus rumah seperti bersih-bersih menyapu, mengepel, mencuci, menjemur, dan lain-lain.

Bukan ga ada alasan saya bilang aktivitas mengurus rumah itu bisa bantu bikin tubuh atau badan tetap sehat. Soalnya, kegiatan-kegiatan itu walaupun bakal berinteraksi sama kotoran rumah tangga seperti debu dan lain-lain, tapi kan hampir seluruh bagian tubuh kita digunakan. Contoh gampangnya menyapu, saat menyapu kaki, tangan, dan otot-oto di sekitar kedua bagian tersebut pasti bergerak kan? Bayangin aja kalo menyapu rumah yang cukup besar. Sudah pasti capek, tapi setidaknya tubuh kita bergerak, ‘kan? Sama ga kaya’ olahraga di gym atau sejenisnya?:mrgreen: *mencari pembenaran*

Kalo masih ada yang nyari contoh, coba liat aja orang-orang di luar kota besar yang terbiasa buat banyak bergerak setiap harinya. Ya, sebut aja petani, pekebun, pekerja ladang, dan lain-lain. Saya sendiri, mencontoh ke orang-orang terdekat di keluarga saya, seperti ibu dan ayah saya, serta kakek-nenek dari pihak ibu saya. Ibu saya cekatan dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga, ayah saya dulu gemar mengurus tanaman – sebelum kondisi kesehatannya menurun belakangan ini, kakek saya gemar mengurus kolam dan juga tanaman di sekitarnya, sementara nenek saya gemar mengurus pekerjaan rumah tangga. Iya, semuanya dikerjakan dengan tangan sendiri, dan berhenti sejenak apabila sudah lelah, dan semuanya dikerjakan rutin.

Itu makanya, saya sebisa mungkin masih dan tetap mengerjakan sebagian pekerjaan rumah tangga. Selain untuk membantu istri, juga untuk meyakinkan bahwa semua pekerjaan rumah tangga terlaksana dan dalam pengetahuan saya. Udah ya, saya ga usah ngasitau apa aja pekerjaan rumah tangga yang saya kerjakan, tapi yang pasti saya seneng kok ngerjainnya. It’s more like, working and managing your own duties at home.🙂

Kalo kamu, gimana cara kamu buat tetep ngejaga kesehatan?

Tagged: , , ,

§ 10 Responses to Banyak Gerak = Bisa (Tetap) Sehat?

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Banyak Gerak = Bisa (Tetap) Sehat? at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

