Belajar (Lagi) Mengelola Waktu

April 3, 2013 § 4 Komentar

Saya termasuk orang yang percaya bahwa segala hal yang kita temui di dalam hidup, dimulai dari dalam hidup kita sendiri. Kalo kita bisa mengelola diri sendiri dengan baik, tentunya kita bisa mengelola segala hal yang kita temui dengan baik pula.

Start now, start from myself.

Salah satu hal harus bisa dikelola dengan baik, adalah soal manajemen waktu atau time management. Ya, dari jaman masih kecil dulu sampe dengan kuliah dan juga kerja, soal manajemen waktu emang selalu dibutuhin dan juga jadi pelajaran yang paling penting. Entah itu diajarin sama orangtua, sama guru, maupun juga sama dosen ataupun atasan kita. Tapi, yang paling penting dari manajemen waktu adalah pelaksanaannya. Bisa apa engga kita mengelola waktu dengan baik, supaya semua waktu yang kita punya setiap harinya jadi lebih efektif – walau mungkin belum efisien.

Mengelola waktu juga ternyata dibutuhkan pas kita jadi orangtua – seperti saya dengan seorang anak yang terus bertumbuh-kembang. Sebagai orangtua, kita harus bisa mengelola waktu dengan baik antara lain membagi-bagi kapan waktu kita untuk:

  1. Menjadi diri sendiri/pribadi yang perlu bekerja untuk mendapatkan nafkah,
  2. Menjadi suami/istri dari pasangan hidup kita,
  3. Menjadi orangtua dari anak – menjadi guru sekaligus sahabat terbaik,
  4. Menjadi “pengurus rumah tangga” sendiri – melakukan pekerjaan rumah tangga, termasuk juga mengurus segala keperluan dari anak,
  5. Menjadi anggota dari keluarga besar – menjadi anak dari orangtua kita,
  6. Dan masih banyak lagi.

Dengan sebegitu banyak peran yang harus dilakukan, serta dengan “keterbatasan” waktu 24 jam dalam 1 hari, mau tidak mau semua harus ada porsinya masing-masing. Ada yang besar, ada yang kecil, ada yang “ditunda”, ada yang harus mutlak dilakukan setiap harinya, dan banyak lagi. Di situlah kemudian, pengelolaan waktu yang baik (good time management) menjadi mutlak, dan penting adanya.

Dulu, sekali waktu, Mama saya (iya, saya menyebut ibu saya dengan sebutan “Mama”) pernah bilang begini,

“Mama kalo anak Mama lagi tidur, Mama sih mendingan langsung ngerjain semua pekerjaan rumah yang bisa dikerjain.”

Dulu, saya ga gitu ngerti apa maksudnya. Tapi sekarang, sepertinya saya cukup ngerti apa maksudnya. Oiya, Mama saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak. Jarak usia dari setiap anaknya bervariasi.

Balik lagi ke ucapan Mama saya, sekarang saya cukup ngerti yang dia maksud sebenarnya soal pengelolaan waktu yang baik. Dan, dari pengelolaan waktu yang baik itu maksudnya juga baik dan cukup berperan terhadap tumbuh kembang anak. Kok bisa?

Oke, secara sederhana begini. Pernah berhadapan dengan kondisi: cucian baju cukup banyak, botol-botol susu banyak yang kotor, sementara anak kita masih mengajak bermain? Saya pernah, beberapa kali – kalo ga mau dibilang hampir setiap hari😛 . Ada kalanya, keluhan pun keluar dari mulut, sambil bingung kapan mau ngerjain semuanya, dan gimana bagi-baginya dengan pasangan kita, sementara kita dan pasangan sama-sama bekerja yang otomatis waktu dan energinya sama-sama terbagi antara rutinitas tempat bekerja dan rumah.

Jawabannya? Pengelolaan waktu. Soal sudah baik apa belum, yang penting pengelolaan waktu. Dan salah satu pengelolaan waktu yang saya lakukan adalah, mengerjakan semua pekerjaan rumah saat anak sedang tidur. Iya, begitu anak tidur langsung mengerjakan cucian, cuci botol, dan masih banyak lagi. Walau memang, tidak serta merta semuanya selesai, karena durasi tidur anak berbeda-beda setiap waktunya, tapi setidaknya waktu kita untuk bercengkrama dengan anak tidak akan berkurang. Dan, itulah yang paling penting dalam proses tumbuh-kembang anak.

Itu yang saya bilang cukup mengerti apa kata Mama saya dulu. Mudah-mudahan sih, ga salah tafsir.:mrgreen:

Kalo kamu, punya pengelolaan waktu yang kaya’ gimana?

Tagged: , , ,

§ 4 Responses to Belajar (Lagi) Mengelola Waktu

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Belajar (Lagi) Mengelola Waktu at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

