Sadar (Diri) Menghargai Bumi

April 22, 2013 § 3 Komentar

Hari Bumi – lagi-lagi – diperingati seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni pada 22 April 2013. Kalo dulu pada saat jaman kuliah saya termasuk yang cukup rewel tentang pentingnya peringatan Hari Bumi di kampus saya – terutama karena sering ikut kegiatan terkait, belakangan ini saya ga gitu rewel. Kenapa? Apa ga peduli lagi sama bumi? Bukan.. bukan gitu.. tapi lebih karena saya tahu (diri) gimana seharusnya saya pribadi menghargai bumi.

Ga usah yang ekstrim atau repot-repot bin rewel seperti kurangi penggunaan kertas, hemat air, hemat listrik sambil berkoar-koar. Cukup lakukan oleh diri sendiri, tanpa harus bersuara kalo perlu, dan lakukan secara rutin dan dijadikan sebuah kebiasaan. Iya, kalo dulu saya rewel untuk ngingetin orang lain, belakangan ini saya jadi lebih sering ngingetin diri sendiri dan tetap melakukan untuk diri sendiri. Egois? Engga. Lebih karena saya sadar (diri).

Saya juga masih pake kertas. Saya juga masih pake listrik. Saya juga masih pake air (tanah). Saya juga masih pake angkutan pribadi. Tapi saya juga sadar (diri) untuk mematikan lampu dan alat elektronik yang tersambung ke listrik apabila tidak digunakan. Saya juga sadar (diri) untuk tidak begitu sering membuang sampah sembarangan. Saya juga sadar (diri) untuk sebisa mungkin menutup keran air jika tidak begitu diperlukan. Iya, saya sadar (diri).

Kenapa saya mulai mengurangi berkoar-koar untuk mengingatkan orang lain? Kenapa saya mulai mengurangi rewel terhadap orang lain akan pentingnya menghargai bumi? Karena saya tahu, lebih mudah untuk memberi contoh perilaku yang baik, daripada saya menghabiskan energy lebih banyak untuk terus-menerus memberikan wejangan atau memberitahu orang lain (dengan suara). Lebih mudah mengawali dan melakukan semuanya dari diri sendiri, dengan harapan orang lain akan meniru (yang baik-baiknya) lalu bisa mereka sesuaikan dengan kebiasaan masing-masing.

Selamat Hari Bumi 2013.

Tagged: , ,

§ 3 Responses to Sadar (Diri) Menghargai Bumi

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Sadar (Diri) Menghargai Bumi at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

