Bukan (Sekadar) Cerita yang Diceritakan

April 29, 2013 § 6 Komentar

Saya suka cerita. Sebut aja: dongeng, fabel, legenda, mitos, sage, dan masih banyak lagi jenisnya. Saya suka. Beneran suka. Minimal, saya suka denger orang nyerita soal itu. Kenapa? Mereka bukan (sekadar) cerita yang diceritakan, karena cerita tersebut memiliki bermacam-macam hal terkait – dalam maksud positif. Salah satunya adalah, cerita-cerita itu membangun daya imajinasi saya. Senang rasanya membayangkan ada sebuah dunia yang dibangun/terbangun di dalam cerita tersebut.

Mungkin, itu sebabnya saya juga suka bercerita. Buktinya? Seperti cerita-cerita pendek saya di sini. Bukti lain juga bisa dilihat dari karya saya selama sempat berkarir sebagai jurnalis/editor. Selain itu, saya juga suka bercerita kepada anak saya. Tentunya, tidak semua hal saya ceritakan – tapi saya menceritakan apa yang saya tahu.

Cerita rakyat seperti Sangkurang (Legenda Tangkuban Parahu), Loro Jonggrang (Prambanan), hingga Pasir Kujang. Itu adalah beberapa cerita yang saya ingat sebagian besar detailnya, sesuai dengan cerita yang pernah saya dapatkan. Selain itu? Ada Jaka Tarub (dan 7 bidadari) – CMIIW, Banyuwangi, Danau Telaga Warna, dan beberapa lainnya.

Dari mana saya dapat cerita-cerita rakyat tersebut? Banyak sumbernya. Selain dari cerita-cerita masa kecil yang disampaikan oleh kedua orangtua dan juga kakek-nenek saya, juga didapatkan dari cerita-cerita di buku pelajaran sekolah, buku cerita rakyat, sandiwara radio – iya, dulu saya dengerin radio, hingga serial televisi tentang cerita rakyat.

Saya pun kini sedang berusaha kembali mengingat-ingat setiap cerita rakyat yang pernah saya dapatkan tersebut. Kalo misalnya samar-samar teringatnya, untung aja ada internet. Jadinya saya bisa googling sana-sini buat cari cerita-cerita tersebut. Kenapa saya berusaha buat mengingat-ingat? Karena saya hendak menceritakannya kembali untuk anak saya.

Iya, selain suka mendapatkan cerita, saya juga suka bercerita.

Nah, salah satu hal yang belum kesampaian perihal cerita ini adalah… punya buku cerita rakyat nusantara yang ada di sini. Kan keren tuh, setiap hari bisa kasih cerita baru yang asalnya dari seluruh Indonesia. Belum lagi kalo ditambah cerita dongeng dari barat seperti Cinderella, Gadis Penjual Korek Api, dan masih banyak lagi.

Kalo misal ada yang mau nyebut saya tukang dongeng? Silakan.. yang pasti, saya suka cerita dan bercerita.

Kalo kamu, paling inget sama cerita dongeng apa?

Tagged: , , , , ,

§ 6 Responses to Bukan (Sekadar) Cerita yang Diceritakan

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Bukan (Sekadar) Cerita yang Diceritakan at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

