Ciwidey, tahun lalu

Mei 27, 2013 § 2 Komentar

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Eiya, karena ngepost ini minggu lalu, trus keingetan kalo belom sempet cerita soal Ciwidey, kawah putih di Bandung itu.

Iya, tahun lalu sempat ke sana. Sama anak dan istri. Cuman kebetulan yang difoto bareng di sini ya sama istri aja, soalnya anak masih kecil banget waktu itu. Dan, ga dibawa  ke dekat kawah — dan nunggu aja di parkiran sama mertua. Soalnya, bau belerangnya amat sangat menyengat.

Beberapa catatan penting kalo mau ke Ciwidey itu sbb:

  1. Usahakan di musim kering/kemarau. Soalnya supaya bisa masuk ke dalam kawah dan ga usah takut kehujanan. Kalo sampe hujan, tanah/wilayah sekitar kawahnya ga bisa/ga enak buat dikunjungi.
  2. Perjalanan dari tengah kota Bandung ataupun dari jalan tol sampe ke sini, cukup sulit dan lewat jalan pelosok-pelosok/non jalan besar. Kategori jalannya: jalan provinsi, dipadu jalan kabupaten, dan jalan desa. Jadi ya, siap-siap agak mabok darat kalo ga biasa.
  3. Siapin hape dengan sinyal kuat dan ada aplikasi google maps buat dukungan petunjuk arah. Soalnya petunjuk jalan dari tengah kota menuju ke sana agak minim. Tapi, akan lebih afdol kalo selalu siaga buat tanya arah sama penduduk/orang di warung/pinggir jalan menuju ke sana. Mereka cenderung tahu arahnya, dan helpful.
  4. Kalo naik mobil pribadi, ada baiknya ajak orang Bandung atau driver yang tahu daerah Bandung. Jadi, kalo lebih hapal sama kondisi jalanan.
  5. Bawa jaket tebal — di Ciwidey itu walaupun dia kawah dan sampe sana siang dengan sinar matahari terik, tapi anginnya DINGIN! bukan adem lagi ya, melainkan DINGIN! itu saya di foto kebetulan cuacanya agak hangat aja, tapi anginnya tetep DINGIN dan kencang pula.
  6. Jangan berlama-lama di dalam kawah — walau sekadar berfoto-foto. Di sekitar kawah itu masih ada beberapa sumber belerang yang aktif. Kalo kelamaan, bisa keracunan yang diawali dengan perasaan pusing dan lemas. Kategori 20 menit sekalipun, hitungannya udah lama lho.
  7. Ikuti seluruh peraturan keamanan dan petunjuk yang tertera yang disediakan oleh pengelola Ciwidey.

Soal harga tiket sendiri, lupa. Soalnya udah tahun lalu.

Trus, kalo ada kesempatan lagi, ya jelas mau ke sana lagi lah..:mrgreen:

Tagged: , , , , ,

§ 2 Responses to Ciwidey, tahun lalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Ciwidey, tahun lalu at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: