Jadi Barista itu Gampang!

Juni 20, 2013 § 30 Komentar

Dulu saya cuman suka minum satu jenis minuman kopi: cappuccino. Itupun ga murni kopi, karena udah dicampur ini-itu, ‘kan?😛 Panas-dingin, sepanjang itu cappuccino saya suka. Tapi semua berubah ketika negara api menyerang sekitar 2 tahun belakangan ini. Kopi hitam racikan sendiri – satu sendok teh kopi + 2 atau 3 sendok teh gula, espresso, double espresso, café latte, moccaccino, sampai dengan white coffee saya minum. Mau itu bikin sendiri, beli sachet, ataupun beli di kedai kopi *gaya dikit*.

Sejak minum banyak jenis minuman kopi itulah, saya kemudian gemar mencaritahu informasi mengenai meracik atau meramu minuman kopi. Sambil kadang-kadang ngeliat gimana cara barista ngebuat kopi di kedai kopi. Engga, saya ga ekstrem yang sampe nyari ilmu mendetail, atau beli alat-alat khusus buat bikin kopi – walau di kemudian hari saya punya juga *eh*, melainkan lebih ke gimana caranya bisa ngedapetin minuman kopi yang paling pas buat saya.

Nah, sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju – bahasa pers banget ya?😛 – ternyata bertambah juga cara-cara ngedapetin minuman kopi yang pas, dengan jenis yang beragam macam cappuccino, tapi tetep praktis. Yaitu Nescafé Dolce Gusto. Tinggal siapin, nyalain, pencet tombol, dan minuman kopi udah siap. Simple. Instan.

Nescafe Dolce GustoCara-cara simple buat dapetin minuman kopi favorit itu penting buat saya. Kebayang aja kalo saya lagi pengen (banget) minum cappuccino di pagi hari yang keburu-buru, tapi saya ga sempet buat buka sachet, nyeduh, dan ngaduk. Boro-boro juga saya sempetin ke kedai kopi, yang ada malah sebel karena saya lagi keburu-buru. Atau mungkin pas lagi malem, pengen minum cappuccino sebelum tidur padahal udah ngantuk. Nah, Nescafé Dolce Gusto ini dengan “simplicity”-nya ngebantu saya buat bisa nikmatin minuman kopi favorit dengan mudah dan cepat. eh, ga minuman kopi favorit doang ding, tapi SEMUA JENIS MINUMAN KOPI.* (*asalkan tersedia kapsulnya)

kapsulnya Nescafe Dolce Gusto

kapsulnya Nescafe Dolce Gusto

Mau tahu gimana caranya bisa dapetin minuman kopi pake Nescafé Dolce Gusto? Yang paling penting sih punya mesinnya..:mrgreen: dan, siap sedia sama kapsulnya. Eits, don’t get it wrong, walau disebut kapsul tapi bener-bener bisa nyajiin minuman kopi instan yang enak. Udah gitu, siapin air di penampungnya, sambungin ke listrik, dan prosesnya siap dimulai.

Proses bikin minuman kopinya sendiri gampang kok,

  1. Siapin kapsulnya. Biasanya ada sepasang.
  2. Isi penampung air dengan air minum yang matang.
  3. Nyalain mesin Nescafé Dolce Gusto-nya, tapi tunggu lampu merah jadi ijo.
  4. Puter ban penunjuk air yang diperlukan, sampai dengan jumlah baris hijau sesuai dengan petunjuk di kapsul yang akan digunakan.
  5. Naikkan pengunci laci.
  6. Masukin kapsulnya ke dalam laci Nescafé Dolce Gusto sampai dengan terkunci baik.
  7. Siapin gelas di atas penyaji.
  8. Pencet hot atau cold, tergantung kesukaan minuman kopinya mau panas atau dingin. Saya sih lebih suka panas ya, biar kopinya lebih berasa blended (baca: larut).
  9. Begitu udah nyala, tungguin aja sampe mesinnya berhenti sendiri dan bagian kopi yang diseduh masuk ke dalam gelas.
  10. Kalo udah selesai, buka kunci laci, buang kapsulnya dan ganti sama pasangan kapsulnya.
Cara pake Nescafe Dolce Gusto

Cara pake Nescafe Dolce Gusto

Simple, ‘kan? Lebih berasa simple lagi kalo udah punya mesinnya sendiri. Jadi bisa langsung praktekin. Believe me, mesinnya itu berharga banget deh. Udah gitu bentuknya lucu kaya’ penguin! Pastinya selain useful, juga collectible, dan estetik buat pemanis rumah.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Anyway, Nescafé Dolce Gusto ini menurut saya pribadi jadi terobosan dari Nescafé yang emang udah cukup piawai dalam produk kopi instan. Dan Dolce Gusto ini juga tentunya ngebantu penikmat kopi supaya lebih mudah lagi buat menikmati kopi dengan cepat dan mudah, serta bisa di mana aja – salah satunya di rumah. Jadi, kalo kebetulan ada kerabat yang berkunjung, bisa dengan mudahnya nyajiin minuman kopi yang nikmat-nikmat ala barista sambil nyeletuk “Jadi barista itu gampang!”:mrgreen:

Eiya, Nescafé Dolce Gusto ini ada 2 jenis lho. Genio dan Circolo. Harganya di pasaran sbb: Genio Rp 1.980.000; sementara Circolo Rp 2.580.000. Oiya, kapsul-kapsulnya sendiri sebox isinya 16, dan harganya cuman Rp 100.000! Terjangkau lah. Kapsul-kapsulnya sendiri ada pilihan kopi Espresso Intenso, Grande Intenso, Cappuccino, Mocha, dan Nestea Peach.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Mau tahu lebih lanjut? Bisa kok download aja dulu brosurnya di sini.

*langsung nyobain Dolce Gusto* *siap-siap rekam buat ngapdet dan nambahin video di postingan ini*

— update per 26 Juni 2013, ada tambahan video nih bikin “home-made” Cappuccino pake Dolce Gusto.:mrgreen:

Tagged: , , , ,

§ 30 Responses to Jadi Barista itu Gampang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Jadi Barista itu Gampang! at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: