Menanggulangi Erosi Sungai dengan Geocell

November 11, 2013 § 3 Komentar

Indonesia adalah sebuah negara yang akrab dengan air. Laut, danau, dan sungai, adalah berbagai bentukan air yang berada di wilayah Indonesia. Keberadaan bentukan air tersebut berkaitan dengan kehidupan manusia, karena air adalah salah satu kebutuhan pokok manusia sehari-hari.

Banyaknya bentukan air yang ada tersebut tak lepas dari potensi-potensi yang dapat merugikan manusia. Abrasi ataupun erosi dapat terjadi akibat kehendak alam, maupun juga akibat dari perilaku manusia yang tak bertanggungjawab. Saya pribadi merasa sebal sekaligus prihatin, ketika tahu bahwa tanah di sekitar sungai di Indonesia mengalami erosi yang dapat menimbulkan bahaya bagi penduduk sekitar.

Sebagai makhluk yang memiliki akal dan budi, manusia kemudian mencari cara untuk menanggulangi potensi kerugian tersebut sambil tetap menghargai alam sebagai ciptaan Tuhan. Ilmu pengetahuan pun diberdayakan melalui penelitian, serta metode trial-error untuk menghasilkan sebuah produk dan cara penanggulangan terbaik. Salah satunya adalah dengan menggunakan Geocell, solusi bagi erosi sungai.

Berdasarkan artikel yang saya baca di webnya Balitbang PU di sini,

Geocell merupakan salah satu jenis bahan geosintetis yang terbuat dari HDPE (High Density PolyEthylene) atau salah satu senyawa plastik. Secara fisik, Geocell memiliki bentuk seperti sarang tawon – hexagon (segi enam) yang saling bertumpuk. Penampang tersebut diperkirakan cukup efektif untuk bangunan pelindung tebing terhadap adanya erosi.

 

Contoh Penerapan Geocell

Contoh Penerapan Geocell. Klik pada gambar untuk mengetahui sumber.

Ketika kemudian saya iseng googling untuk Geocell, saya pun menemukan berbagai informasi bahwa di luar negeri teknologi tersebut sudah cukup banyak diterapkan. Salah satunya diterapkan oleh Terram dengan produk Geocell-nya, yang berfungsi untuk meng-stabil-kan tanah dan pengendalian erosi. Selidik punya selidik di artikel awal yang saya baca tadi, ternyata sudah disebutkan pula beberapa produsen Geocell, yakni Presto Products Company, serta US Products Inc.

Beberapa keunggulan Geocell sebagai solusi bagi erosi antara lain,

  • Usia pakai yang lama di lereng yang stabil
  • Mudah dibawa dan dipasang di lokasi
  • Pemasangan cepat dan sederhana
  • Mudah dibongkar dan dapat digunakan kembali
  • Tahan terhadap unsur biologis dan kimiawi dari tanah

Keunggulan-keunggulan tersebut tentunya sesuai dengan kebutuhan untuk menanggulangi erosi, serta menahan laju hilangnya lahan/tanah akibat gerusan air. Selain itu, juga sesuai dengan concern akan produk yang awet dan ramah lingkungan. Walau begitu, Geocell masih harus diimpor dari luar negeri karena belum ada pabrik yang memproduksi di Indonesia. Sehingga sudah hampir pasti harganya ya mahal.

Oiya, sebagai pembuktian Geocell sebagai solusi bagi erosi, Balitbang PU (sesuai artikel yang saya baca tadi), udah ngelakuin pemasangan Geocell  di K. Mungkung yaitu di Desa Patihan Kelurahan Karang Tengah Kabupaten Sragen. Penelitian ini adalah penerapan pertama geocell sebagai pelindung tebing terhadap erosi, karena sebelumnya geocell lebih sering digunakan sebagai lapisan jalan raya.

Dari penelitian Balitbang PU yang kemudian dipublikasi ini, saya jadi belajar kalo ilmu pengetahuan yang ditelaah oleh manusia bisa memberikan solusi bagi berbagai permasalahan masyarakat – atau pekerjaan umum. Mudah-mudahan sih, hasil penelitian ini kelak diterapkan juga secara menyeluruh. Amin!

Menurut kamu gimana?

NB: Blogpost ini tengah saya ikutsertakan pada Sayembara Penulisan Blog Balitbang PU, Kementerian Pekerjaan Umum, Republik Indonesia.

Tagged: , , , ,

§ 3 Responses to Menanggulangi Erosi Sungai dengan Geocell

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Menanggulangi Erosi Sungai dengan Geocell at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: