#InKorea, the beginning

Desember 5, 2013 § 16 Komentar

Tae Kwon Do, seni bela diri itu yang pertama kali mengenalkan saya terhadap negara Korea Selatan. Begini-begini, saya sempat menyandang ban (sabuk) biru Tae Kwon Do, setara dengan level 4 di seni bela diri yang lain. Saya sebut sempat, karena sudah lama saya tak berlatih, dan gerakan-gerakannya pun banyak yang lupa. Anyway, balik lagi ke negeri Korea Selatan itu sendiri, akhirnya saat ini saya punya kesempatan buat mengunjunginya. Tak hanya mengunjungi, bahkan stay beberapa minggu untuk urusan pekerjaan.

Kunjungan ke Korea Selatan kali ini, adalah kunjungan pertama saya. Tapi, kalo dibilang kunjungan ke negeri Asia Timur, atau kunjungan ke negeri dengan tulisan simbol (bukan tulisan latin) adalah kunjungan kedua saya – sebelumnya, saya kunjungan ke China. Trus, kalo kunjungan ke negeri saat winter, ini berarti ketiga kalinya – kedua kalinya dalam setahun terakhir #penting.

Bintang Korea, musik Korea (K-Pop), hingga serial drama Korea belakangan ini memang booming. Artis-artis Korea pun sudah cukup sering yang kunjungan atau menggelar konser di Indonesia. Bagi yang tidak terlalu memperhatikan, mungkin mengira artis-artis Korea itu sama saja dengan artis Mandarin. Padahal beda. Tapi ya, blogpost saya ga bakal ngebahas itu sih. :mrgreen: Melainkan, ngebahas perjalanan saya.

Sejak mid-November saya sudah tahu bakal ke Korea untuk beberapa minggu. Sejak itu pula saya mulai bikin list apa aja yang harus disiapin, karena di periode kunjungan saya kali ini bertepatan dengan winter. Iya, winter alias musim dingin. Lagi-lagi dalam setaun ini saya bakal ke negara yang lagi winter. Pakaian dalam yang bisa menahan tetap hangat, jaket winter, dan lain-lain sudah saya siapin dalam list. Trus, berkat info & juga meminjam sana-sini, akhirnya didapatlah semuanya. Alhamdulillah, senangnya punya banyak teman yang membantu.

Selain list, juga nyiapin uang buat selama di sini. Setelah nyari ke beberapa money changer & liat kurs sana-sini, ternyata susah juga nyari Won di Indonesia. Setelah cari-cari tahu dan juga berkat informasi rekan setim yang berangkat bersama, akhirnya dapatlah Won dengan kurs yang acceptable di Ayu Masagung, lokasinya di Toko Gunung Agung Kwitang.

Setelahnya nyiapin obat-obatan pribadi, keperluan pribadi, dan beberapa hal kecil seperti dokumen perjalanan dll. All set, all packed, and here I go!

Berangkaaaaaatttt!

Night Flight to Korea

Night Flight to Korea

Berangkat dari Soekarno-Hatta International Airport itu malam hari Selasa kemarin. Maskapai Korean Air jadi pilihan buat terbang dari Soekarno-Hatta menuju Incheon. Kenapa Korean Air & penerbangan malam? Karena Korean Air tarif totalnya saat dibandingkan dengan maskapai lain lebih murah, dan penerbangan malam karena itu direct flight – ga ada transit. Penerbangan malam untuk jarak jauh itu ada untung dan risikonya buat saya, untungnya ga perlu capek-capek turun-naik pesawat, risikonya bisa bosen kalo ga bisa tidur sementara film-film yang disediain di pesawatnya lagi ga menarik perhatian. Dan, risiko itu terjadi kemarin! *doh*

Oiya, sebelum-sebelumnya saya sempet mikir kalo naik maskapai penerbangan asing dari Jakarta-Indonesia menuju tujuan, pasti semua pramugarinya ga ada yang bisa ngomong bahasa Indonesia. Paling banter, ngomongnya ya bahasa Inggris. Tapi ternyata, di Korean Air kemaren ada seenggaknya 2 orang pramugari yang bisa ngomong bahasa Indonesia. Kaya’nya, ada aturan internal gitu kali ya buat menarik penumpang Indonesia ga takut naik maskapainya. Kalo maskapai lain ke tempat tujuan lain macam Belanda/Jerman gitu, gimana ya? *siap-siap bikin itinerary project ke sana* *eh*

Trus… trus… trus… nanti aja ya diapdet lagi. :mrgreen:

Kamu pernah ke Korea ga? Pengen ke Korea juga?

Tagged: , , ,

§ 16 Responses to #InKorea, the beginning

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading #InKorea, the beginning at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

