Akhir Tahun, Saatnya Belanja?

Desember 16, 2013 § 11 Komentar

SALE!

Keramaian di Myeongdong, kawasan Hyper-Shopping di Seoul, Korea Selatan. Foto diambil pada 15 Des 2013 malam hari.

Keramaian di Myeongdong, kawasan Hyper-Shopping di Seoul, Korea Selatan. Foto diambil pada 15 Des 2013 malam hari.

Begitu tulisan di berbagai tempat yang saya temui belakangan ini. Sale alias jual barang dengan potongan harga atau bisa juga disebut dengan obral, sepertinya lazim ditemui di berbagai toko. Apalagi akhir tahun begini – sepertinya karena mau ganti stok barang baru atau apalah alasan pastinya saya kurang tahu.

Anyway, walau riilnya ada sale bukan berarti semua barang bakal dijual dengan potongan harga. Ada juga kok yang tetap dijual tanpa potongan harga. On budget atau engga, itu yang tergantung si pembeli. Yang harus dipastiin adalah, kita membeli yang kita perlu – atau, kelak kita perlukan. Iya, saya masukin kata “kelak” karena bisa jadi saat ini “kita beli yang kita inginkan” yang suatu waktu nanti jadi “kita butuhkan”.

Bingung? Ya.. intinya sih kalo mau belanja ya tinggal belanja aja. Apalagi akhir tahun begini. Kenapa? Begini…

  1. Seperti yang udah saya bilang sebelomnya tadi, saat akhir tahun itu kebanyakan toko/penjual bakal ngasih sale ke barang-barang dagangannya. Nah, kalo beberapa waktu sebelumnya udah bikin daftar incaran barang yang mau dibeli, sekaranglah saatnya buat beli siapa tau dapet potongan harga kan?
  2. Toko/penjual mau ngapdet stok barangnya buat tahun mendatang, jadi stok barang yang sekarang diabisin dulu. Engga, belom tentu stok barang yang sekarang bakal ketinggalan mode/jaman di taun depan, bisa jadi malah barang yang ada sekarang lebih ngehits atau ngetren ketimbang yang taun depan. Ini lebih ke soal pertimbangan toko/penjual yang pengen selalu ngapdet stoknya, supaya ga berlama-lama di gudang/penyimpanan. Soalnya, semakin lama berada di penyimpanan, semakin bertambah juga biayanya atau peluang kerusakannya. – Yang pernah belajar production planning pasti ngerti perihal ini. *lirik kartu mahasiswa Teknik Industri*
  3. Nah, di nomer 2 kan saya udah bilang kalo bakal ada stok baru ya. Biasanya juga di periode akhir tahun gini, stok baru itu ada yang muncul duluan dengan harga promo. Nah, ini kesempatan juga buat beli barang baru dengan harga yang masih “bersahabat” sebelom orang lain. Apalagi, kalo lagi di luar negeri (kaya’ saya beberapa hari terakhir).:mrgreen:

Trus, kalo udah dapet alesan sebenernya buat belanja – apapun itu, ya.. rencanain dengan matang. Jangan sampe out of budget yang bikin kepala pusing di bulan depan.:mrgreen: Apalagi, kalo harus belinya di toko yang letaknya jauh dari rumah, sementara ada juga toko online macam Zalora yang barangnya bisa diantar dan bayar di rumah. Emang sih experience-nya beda, tapi ga ada salahnya kan?🙂

Jadi, udah siap belanja akhir tahun?

Tagged: , , ,

§ 11 Responses to Akhir Tahun, Saatnya Belanja?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Akhir Tahun, Saatnya Belanja? at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: