Review: Pioneer X-CM51V-K

Januari 29, 2014 § 13 Komentar

Masih inget postingan saya sebelumnya soal penghuni baru di rumah saya? Yep, itulah Pioneer X-CM51V-K, perangkat audio yang bisa digunakan untuk beragam keperluan – yang berkaitan sama audio tentunya.:mrgreen:

Nah.. kalo kemaren saya cuman sempet nulis sekilas aja, kali ini Pioneer X-CM51V-K bakal saya review. Ya, mulai dari bentuk fisik, cara menggunakan, kualitas audio, dan lain-lainnya. Oiya, review ini berdasarkan hasil penggunaan dan pengamatan oleh saya pribadi sejak barang diterima di bulan Desember 2013 lalu, hingga mid-Januari 2014 – beberapa saat sebelum saya melakukan perjalanan ke luar negeri (lagi).

Bentuk fisik:

Pioneer X-CM51V-K

Pioneer X-CM51V-K

Pioneer X-CM51V-K keliatan mengedepankan desain minimalis. Bentuk menyerupai kotak mendominasi namun diperhalus dengan sudut-sudut yang tidak kaku. Warnanya juga dominan hitam, hampir di seluruh bagiannya. Kalo lagi ga nyala dan lampu ruangan mati, keliatannya jadi kaya’ box gitu aja.😛

Anyway, masih dengan konsep minimalisnya pula, tombol-tombol operasional utama di Pioneer X-CM51V-K ini dipusatkan di bagian atas. Di bagian depan cukup display aja dan juga tuning buat volume. Kalo udah begitu, menurut saya sih jadinya perangkatnya ga bisa diletakkan terlalu atas. Soalnya nanti kalo batre remote control abis, rada repot ya kalo mau operasional. Ada baiknya, disimpen maksimal sejangkauan tangan paling nyaman, mungkin di ketinggian sekitar pinggang orang dewasa.

Bagian atas Pioneer X-CM51V-K

Bagian atas Pioneer X-CM51V-K

Masih soal bagian atas, ada alasan lain kenapa Pioneer X-CM51V-K ini ga disimpen terlalu atas. Yaitu, di bagian atas dari perangkatnya ada deck buat nyimpen ipod/ipad dengan nyaman. Jadi, kalo punya koleksi lagu banyak di ipod/ipad, bisa lho disetel di perangkat ini tanpa harus cari-cari kabel data, atau USB. Tapi, ipod yang bisa dipake adalah ipod touch yang sampe generasi keempat, sementara ipad masih bisa sampe ipad terbaru – atau semua perangkat apple yang ada output berupa 30 pin dock.

Cara menggunakan:
Sebagai perangkat audio yang ada di generasi digital sekarang, Pioneer X-CM51V-K ini cukup apdet dengan gaya hidup/kebiasaan saat ini. Keliatan dari beragam input yang bisa dipilih buat menikmati audio-nya, mulai dari radio, CD, DVD, USB flash disk, sampai dengan ipod/ipad. Selain itu, ada jack buat konektor kabel HDMI, audio in, kabel video – kalo setel DVD dan sambungin ke TV. Lengkap kan opsinya?

Oiya, desain minimalis juga ngebuat perangkat ini cukup nyaman digunakan karena tombol-tombolnya terpusat di bagian atas, dan tuning di bagian depan. Remote control yang jadi sepaket juga responsif – kalo batrenya full ya, ga lowbat.:mrgreen:

Layar display di bagian depan juga cukup jelas dan terang buat ngasitau info input apa yang lagi dipake, stasiun radio apa yang lagi nyala, sampai dengan frekuensi radio yang lagi jalan. Komplit. Kalo kebetulan dipake di ruangan yang gelap atau lampu redup, masih keliatan kok sama mata.

Pioneer X-CM51V-K

Pioneer X-CM51V-K

Kualitas audio:
Nah… sekarang yang paling penting yaitu kualitas audionya.🙂 Sebagai perangkat audio yang “multifungsi”, Pioneex X-CM51V-K tetaplah sebuah perangkat audio. Iya, perangkat yang taji sebenernya adalah di kualitas suara yang bisa dihasilkan dari speakernya – itu menurut saya ya.  Dan, sebenernya beberapa orang yang tau, Pioneer cukup dikenal sebagai perangkat audio yang mumpuni buat di mobil. Lalu gimana dengan perangkat audio yang dipake di rumah seperti Pioneer X-CM51V-K ini?

Singkat kata, audio/suara yang dihasilkan oke. Secara nilai dalam skala 10, saya kasih nilai 8.5 sampai dengan 9 (10 adalah nilai terbaik).

Pioneer X-CM51V-K ini menurut saya cukup berhasil dalam menghasilkan suara yang oke punya buat dinikmati di rumah. Ketika digunakan untuk menikmati musik, oke. Buat menikmati radio juga oke. Yang paling penting buat saya adalah – ga ada bunyi “kresek-kresek” seperti yang biasa dihasilkan perangkat audio yang lain, terutama jika salah menyambungkan speaker. Dalam kata lain, hardware untuk audio dari Pioneer X-CM51V-K ini sudah dirancang agar memanjakan telinga pendengarnya.

Yang masih kurang dapat dinikmati oleh saya adalah, jangkauan suaranya. Sebagai perangkat audio yang disimpan di rumah dan bersifat compact, Pioneer X-CM51V-K ini menurut saya sih jangkauan suaranya kurang jauh. Saya sempat menguji dengan meningkatkan volume dan coba mendengarkan dari jarak 10 meter, suaranya kurang asik dibandingkan dengan mendengarkan dari jarak yang lebih dekat. Tapi ya, mungkin itu cuman saya sih. Faktor lainnya bisa jadi karena rumah saya tidak memiliki ruangan dengan ukuran yang masif – layaknya aula atau semacamnya. Jadi, jangkauan suaranya terpantul atau terhalang beberapa dinding/sekat.

Kelengkapan
Lazimnya perangkat elektronik audio yang diperjualbelikan dengan bebas di jaman sekarang, Pioneer X-CM51V-K ini dalam 1 set box-nya terdiri dari 1 bagian utama dan 2 speaker. Selain itu juga dilengkapi dengan aksesoris seperti remote control, kabel antenna, kabel video, kabel power, buku petunjuk, kartu garansi, hingga batre dan juga stiker alas buat speaker. Oiya, semuanya juga mudah digunakan dan mudah dipasang.

Kelengkapan Pioneer X-CM51V-K

Kelengkapan Pioneer X-CM51V-K

Overall, Pioneer X-CM51V-K ini nilainya 9 dari skala 10. Selain hasil review di atas, perangkat ini juga beratnya cukup ringan serta ada garansi dan kantor perwakilan resmi di Indonesia. Kalo mau tau lebih lanjut soal produknya, bisa langsung klik di sini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kalo ada Pioneer X-CM51V-K di rumah kamu, mau dipake buat apa aja?

Tagged: , , ,

§ 13 Responses to Review: Pioneer X-CM51V-K

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Review: Pioneer X-CM51V-K at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: