Kangen Hujan

Oktober 22, 2014 § 6 Komentar

Kapan terakhir kali hujan?

Saya lupa persis kapan terakhir kali hujan. Mungkin beberapa hari yang lalu. Mungkin beberapa minggu yang lalu. Tapi yang pasti tidak sampai berbulan-bulan yang lalu. Oiya, ini kejadian di Jakarta. Kota tempat tinggal saya saat ini.

Saya kangen sama hujan, dalam artian sebenarnya. Saya kangen melihat awan-awan gelap berkumpul dan menumpahkan air ke permukaan bumi. Ringan. Sedang. Deras. Manapun kuantitas air hujan yang diturunkan, saya tak pilih-pilih. Karena saya kangen.

Saya kangen menikmati suasana ketika hujan. Ketika harus menunggu hujan sedikit mereda karena harus segera pulang ke rumah. Ketika justru memilih menerobos hujan agar segera sampai di rumah. Ketika memilih untuk tetap berada di tempat yang teduh agar tidak terkena hujan sama sekali karena saya tak ingin basah, ataupun sepatu saya jebol karena terendam air hujan.

Saya kangen hujan karena saya kangen berencana banyak hal yang harus saya lakukan andaikata hujan.

Saya kangen hujan karena air tanah di sumur jetpump rumah saya mulai berkurang. Karena air tanah yang disedot dari sumur tersebut mulai banyak bercampur dengan tanah sehingga saya sulit mandi dan mencuci pakaian. Karena air tanah yang harusnya bisa saya langsung gunakan, justru harus saya biarkan mengendap dulu beberapa waktu agar bisa saya singkirkan tanah-tanahnya. Karena jaringan air ledeng ke rumah saya amatlah sulit prosesnya.

Saya kangen hujan, karena saya mulai bosan dengan cuaca dan udara panas di Jakarta. Saya kangen dengan kesejukan yang hadir saat hujan sehingga saya kemudian meringkuk di dalam selimut dan tertidur lelap. Saya kangen hujan karena saya bisa bercengkrama dengan anak saya dan bercerita mengenai proses hujan, bercakap-cakap mengenai awan gelap dan kilat, dan terkadang mengajari lagu anak-anak tentang hujan.

Saya kangen hujan. Sungguh.

Kamu kangen hujan, ga?

Tagged: , ,

§ 6 Responses to Kangen Hujan

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Kangen Hujan at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

