Penghargaan Film

Januari 14, 2015 § 4 Komentar

The Oscar — from Shutterstock

Ngikutin atau engga, awal taun biasanya selalu rame dengan yang namanya penghargaan film — khususnya dari Hollywood. Ga lain ga bukan, ya Golden Globe dan Academy Awards (Oscar). Personally, saya ga gitu ngikutin sampe detail, karena saya cukup ngikutin di permukaan aja — Oh, ada awardingnya, trus penasaran aja yang menang siapa aja.

Mulanya, saya berpendapat film (serial, TV, atau layar lebar) yang menang di penghargaan itu pasti yang bagus dari sisi produksi dan juga komersil. Turns out, ga semuanya begitu. Ada kalanya filmnya sukses secara komersil, tapi ga menang penghargaan. Ada juga yang menang banyak penghargaan, tapi ga begitu sukses secara komersil — tapi minimal bisa balik modal dan tutup produksi. Contohnya apa ya? Banyak deh kayanya — sayangnya saya ga hapal karena saya ga gitu merhatiin detail soal film (keseluruhan). *ga bakat jadi pemerhati film nih*😆

Walau begitu, ada juga kok film-film yang sukses secara komersil dan masih masuk nominasi penghargaan di posisi terhormat. Contohlah Inception dan juga Crouching Tiger Hidden Dragon. — Yes, kalo yang ini saya inget.😛

Oiya, sedikit lompat-lompat, saking ga bakatnya saya jadi pemerhati film, saya ga hapal lho yang menang Golden Globe kemarin siapa/apa aja. Bahkan, aktor-aktris yang film-filmnya jadi favorit saya sekalipun, saya ga hapal apa udah pernah menang penghargaan tersebut atau engga. Palingan cuma Russell Crowe yang saya tau pernah menang Academy Award (Oscar) karena film Gladiator dan A Beautiful Mind. *yep, keduanya film favorit saya dari banyak lainnya*

Anyway, back to topic soal penghargaan film, saya kadang penasaran (banget) kenapa kok film produksi Indonesia (atau menceritakan soal Indonesia) belom pernah menang di penghargaan film tersebut? CMIIW yaaa..

Apa mungkin karena kualitasnya beda? Beda objektif? Beda juri? Atau kenapa? Pertanyaan ini karena saya awam aja sih, bukan berarti saya nuduh atau mau memancing kontroversi. *halah*

Menurut kamu kenapa film Indonesia (produksi ataupun cerita Indonesia) belom pernah menang di Golden Globe/Academy Award?

NB: foto dari shutterstock, saya comot buat tampil aja dengan kredit (watermark) yang masih jelas terlihat.

Tagged: , , , , , ,

§ 4 Responses to Penghargaan Film

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Penghargaan Film at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

