Akun Digital

Maret 24, 2015 § Tinggalkan komentar

Digital presence (kehadiran digital) saya bisa dirunut sejak taun 2000an awal — kalo ga dibilang 1990an akhir. Kalo ga salah, jejaknya bisa diliat dari salah satu akun email yang masih aktif saya gunakan hingga saat ini. Yakni email yahoo saya: naga_tasik. Kalo ga salah ingat, saya buatnya pas masih jaman SMP. Dulu tujuannya sebagai akun alternatif dari email utama saya — yang sekarang sudah nonaktif karena yahoo pernah bersih-bersih akun itu.

Beberapa peristiwa mulai dari jadi bancet (korban ceting) di mIRC, join milis ini-itu — hingga sempat dikucilkan karena mengepos email yang menyinggung member milis (yang tak sedikit), sampai dengan social network dan juga domain personal sudah saya alami. Hingga kemudian adaptasi saat ini, seperti ngegame di perangkat bergerak (mobile) dan juga yang-kerennya-disebut personal branding dengan akun digital.

Sedikit napak tilas, akun digital saya sejak pertama kali mengenal ranah internet hingga saat ini utamanya berkisar di beberapa kata kunci, antara lain:
– nama saya
– nama panggilan/alias
– taun lahir

Sepertinya tak perlu saya sebutkan satu-persatu — karena variasinya cukup banyak. Tujuan lain dari banyaknya variasi akun digital tersebut, di antaranya akuisisi username, alias untuk anonim, dan beberapa hal lainnya. Tapi saat ini, bisa dibilang saya mengalihkan fokus ke beberapa akun saja. Iya, beberapa. Tentunya fokus utama ada di akun utama — yang kurang lebih mengandung nama saya.

Kenapa sih akunnya ga disebut atau dikasih link buat dicek?

Jawabannya sederhana: kehadiran digital saya sudah cukup banyak. Kalo di-gugling saja “billy koesoemadinata” tentu akan menemukan sendiri jawaban akun-akun digital tersebut. Tentunya, akun atau properti digital yang open for public dan bisa diakses oleh google. Kalo masih bingung juga, mungkin bisa akses ke about.me/bil.

Bukan, postingan ini bukan promo. Saya bikin postingan ini sebagai reminder bahwa ada masanya saya bikin akun digital dengan username yang 4L4y, sulit ditebak, mengandung anonim, hingga akhirnya memutuskan untuk aktif di akun yang benar-benar mewakili diri saya — nama. Mungkin, udah masanya kali ya. Mengingat umur juga. *eh*

Kalo kamu, pernah bikin akun digital dengan username 4L4y, ga?

Tagged: ,

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Akun Digital at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

