Nyeduh Kopi: Air dulu atau Kopi dulu?

April 22, 2015 § 2 Komentar

Tergantung.

Iya, saya kalo nyeduh kopi ya tergantung pengennya saat itu air dulu atau kopi dulu. Kadang saya siapin dulu kopinya ke gelas, baru dituang air panas. Bisa juga sebaliknya, air panasnya dulu baru kemudian masukin kopinya lalu gula.

Saya pernah ngobrol sama salah satu kenalan yang cinta banget sama ngopi/nyeduh kopi, buat dia air dulu baru kemudian kopi dan gula itu penting. Katanya, nyeduh kopi itu ibarat memasak. Jadi penting harus siapin dulu air panas (atau mendidih) baru kemudian masukin kopinya, tunggu sampai beraroma, baru kemudian masukan tambahan berupa gula. Bener ‘kan, seperti memasak?

Di lain waktu, saya juga pernah ngobrol sama penikmat kopi. Buat dia lebih penting kopi dulu siap ke dalam gelas. Mau itu kopinya aja, atau sekalian campur sama gula atau bubuk krim/susu, baru kemudian air panas (atau mendidih). Buat dia, kenapa kopi dan semuanya duluan baru kemudian air, karena supaya seluruh bahan dasarnya udah siap dan air panas (atau mendidih) sebagai penyempurna.

Sempet gugling juga apa kata orang lain di internet, trus nemu link ini. Kurleb (kurang lebih) dari link itu cara nyeduh kopi yang paling dipilih sbb:

1. Sediakan dahulu kopi hitamnya.
2. Gunakan cangkir atau mug dari keramik, bukan dari kaca. Alasannya lebih bisa menyimpan panas lebih lama. Jangan lupa tutupnya sekalian.
3. Gunakan air yang mendidih ya…Sebelum cangkir di beri kopi, tuang sedikit air panas ke dalam cangkir, lalu buang air panasnya. Tujuannya agar cangkirnya panas terlebih dahulu sehingga panas air untuk menyeduh kopi tidak terbagi juga untuk memanaskan cangkir.
4. Tuang kopi bubuk item ke dalam cangkir yang telah panas tadi sesuai selera. Kalau aku 2 sendok teh dah pas bagi lidahku.
5. Tuangkan air panas agak jauh dari atas cangkir, kira-kira sejengkal dari atas cangkir. Tujuannya agar kopi tidak usah diaduk lagi sudah tercampur dengan air. Jangan sampai kepenuhan ya…
6. Jangan diaduk, dan segera tutup rapat.
7. Biarkan sekira 5 menitan agar kopi jadi dahulu, sampai bagian yang mengambang sudah tenggelam sendiri.
8. Nikmati kopi anda sesuai selera, mau tambah gula juga boleh, gula plus susu juga tidak ada yang ngelarang.
Kalau aku, kopi paling nikmat dinikmati tanpa tambahan apapun…khasiatnya dapat dan juga katanya mencegah diabetes serta memperkuat jantung.

Jadi, yang paling bener airnya dulu baru kopinya?

Omong-omong, pertanyaan ini sebenernya — menurut saya, bergantung sama persepsi dan selera masing-masing sih. Sama seperti pertanyaan makan bubur: diaduk atau ga diaduk?

Kalo kata kamu gimana?

Tagged: , ,

§ 2 Responses to Nyeduh Kopi: Air dulu atau Kopi dulu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Nyeduh Kopi: Air dulu atau Kopi dulu? at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

%d blogger menyukai ini: