Belajar Puasa

Juni 18, 2015 § 5 Komentar

Stay Hungry. Stay Foolish.

Kalo diartikan secara langsung, frasa pertama cocok dengan kondisi saat ini, yakni menjalani ibadah puasa Ramadan. Untuk frasa yang kedua, juga cocok dengan kondisi bahwa manusia lebih baik untuk terus belajar jadi lebih baik setiap harinya.

Iya, paragraf pertama itu berat bener. *ngaku*

Anyway, yang saya maksud dengan belajar dan puasa — seperti judul di postingan ini sebenernya dari taun ke taun saya baru nyadar bahwa sebenernya saya masih harus belajar banyak tentang puasa — selain hal-hal terkait pekerjaan atau juga akademis. Iya, belajar puasa artinya belajar supaya puasanya berkah, ga cuma dapet lapar dan dahaga, tapi juga dapet pahala yang benar-benar hanya bisa didapatkan di saat bulan Ramadan.

Salah satu hal baru yang saya pelajari antara lain baru saya tau tadi pagi, dengar dari radio Jak FM sepanjang perjalanan mengantar istri saya ke kantor, bahwa pahala puasa Ramadan hanya diketahui oleh ALLAH SWT. Iya, seperti itu yang saya dengar dari kultum di radio Jak FM. Selama ini saya mengiranya pahala puasa Ramadan juga dicatat dan diketahui oleh malaikat, tapi ternyata persisnya ga seperti itu.

Anyway, kalo bahas soal belajar puasa saya jadi keingetan waktu masih kecil dulu. Persisnya umur berapa saya ga inget, mungkin kisaran TK kecil atau SD kelas 1-2. Jadi saya masih awal-awal belajar puasa full seharian. Namanya anak kecil, biar puasa tetep aja suka main lari-lari sehingga kecapean dan haus. Jadinya, datang ke rumah lelah dan kehausan. Di tengah hari atau sekitar jam 1-2an siang, pas lagi panas-panasnya rasa haus tersebut dimengerti oleh Mama saya dengan cara memperbolehkan saya untuk minum segelas air. Tidak makan, hanya minum saja mengobati haus. Lalu setelah itu puasa lagi sampai Maghrib menyapa. Secara urutan puasa, sudah batal sih ya harusnya. Tapi secara personal saya jadi belajar bahwa puasa yang baik harusnya ga pake time-out seperti itu, melainkan menjaga diri supaya bisa terus berpuasa sampai penuh seharian.

Kalo kamu, ada cerita seru apa terkait belajar puasa?

Tagged: , , ,

§ 5 Responses to Belajar Puasa

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Belajar Puasa at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

