#menujugelarST

Agustus 26, 2015 § 8 Komentar

Buat yang berteman dengan saya di Path, facebook, atau juga mengikuti twit saya, mungkin pernah melihat sebuah apdet dengan tagar #menujugelarST. Oiya, di profil twitter saya juga bisa diliat sih. Kenapa saya ngapdet dengan tagar tersebut? Karena kurang lebih sejak 2013 lalu, saya sedang melanjutkan kuliah lagi untuk mencapai gelar ST — Sarjana Teknik.

Dasarnya, saya sudah memiliki ijazah Diploma 3. Ga perlu saya jelasin panjang lebar ya, ijazahnya di program studi apa. Yang pasti, ijazah tersebut jadi bekal saya untuk melanjutkan ekstensi S1 Teknik di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Kalo dibandingkan teman-teman kuliah D3 saya, agak telat memang pemilihan waktunya. Udah lebih dari 5 taun sejak saya lulus. Tapi ya… ga pernah ada yang namanya terlambat untuk menuntut ilmu dan belajar.

Singkat cerita, saya lolos tes masuk, dan mulai kuliah sejak 2013 lalu dengan teman-teman seangkatan yang juga kebanyakan lulusan D3 pada taun yang masih terhitung baru/dekat dibandingkan saya. PR terbesar untuk kuliah lagi adalah pembagian waktu, dan juga pembagian konsentrasi. Tak perlu dijelaskan detail, saya cukup kewalahan dengan materi, tugas, dan ujian kuliah. Tapi karena sudah niat, jadi ya… harus serius dong.๐Ÿ™‚

Jadi, setelah berjibaku selama 2 semester awal dengan mata kuliah yang baru, mata kuliah yang jadi “pencuci” mata kuliah D3, dan lain-lain, start semester ketiga saya mulai mengajukan skripsi dan dikerjakan. Sayangnya, karena satu dan lain hal, semester 3 yang jadi target saya untuk lulus kuliah dan juga skripsi, harus diperpanjang. Iya, saya perpanjang 1 semester ke semester 4 dengan fokus hanya untuk skripsi — mata kuliah sudah selesai semua.

Beberapa rekan kuliah sudah mengingatkan, bahwa jika perpanjang skripsi pasti lebih malas ketimbang saat pertama kali mengajukan skripsi. Benar memang adanya. Saya sempat kewalahan untuk mengatur tempo yang seimbang antara mengerjakan skripsi yang membutuhkan pengetikan dan penelitian yang mendetail, pekerjaan, dan juga berkeluarga. Tapi pada akhirnya, didukung oleh keluarga, teman sekelas kuliah, dan juga dosen-dosen yang aspiratif, akhirnya tahapan saya untuk menjadi Sarjana Teknik sudah sampai ke babak final. Iya, sampai ke tahapan sidang skripsi.

Hari ini, Rabu, 26 Agustus 2015 menjadi waktu yang ditentukan oleh panitia tugas akhir untuk pengujian skripsi yang saya susun. Giliran saya adalah siang ke sore. Bersama-sama dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang juga dibagi 2 kloter: pagi ke siang, dan siang ke sore. Harapan dan impian saya terkait sidang skripsi ini sederhana saja: LULUS. Sehingga saya berhak untuk menyandang gelar S.T. atau Insinyur, yang mungkin kelak ada rezekinya, bisa jadi landasan saya untuk melanjutkan ke tingkatan Strata 2 (S2) menjadi Master, atau bahkan S3 menjadi Doktor/Ph.D.

Bismillah.ย Mohon bantuan doanya agar saya dapat menjawab seluruh pertanyaan penguji yang akhirnya akan menyimpulkan bahwa saya lulus.

Amin. Terima kasih.

*ditulis di sela-sela menunggu giliran ujian sidang skripsi*

—update jam 18:00—

Alhamdulillah, sidang selesai. Masih ada revisi, tapi yang pasti pertanyaan-pertanyaan dosen penguji bisa dijawab dengan baik. Semoga nilai akhirnya sesuai dengan usaha dan harapan. Dan yang paling penting, semoga statusnya LULUS.

Tagged: , , , , , ,

§ 8 Responses to #menujugelarST

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading #menujugelarST at i don't drink coffee but cappuccino.

meta

